Ular Pohon Boomslang Paling Beracun di Afrika

Ular Pohon Boomslang Paling Beracun di Afrika

Boomslang atau Dispholidus Typus adalah ular pohon berukuran besar yang sangat berbisa dalam keluarga Colubridae, ditemukan di seluruh Zimbabwe dan merupakan satu-satunya ular hijau besar yang ditemukan di luar Lembah Honde dan beberapa daerah lain di sepanjang perbatasan timur.

Ular hijau besar yang ditemukan di Lembah Honde dikenal sebagai mamba hijau. Hanya Boomslang jantan yang berwarna hijau, betina berwarna coklat, hijau zaitun atau abu-abu dengan putih pudar di bawah perut. Mereka adalah satu-satunya ular di Zimbabwe yang jantan dan betinanya memiliki warna berbeda.

Jantan berwarna hijau mencolok dan terkadang sisiknya bermata hitam. Rona hijau dapat bervariasi, bahkan berubah menjadi biru bubuk di beberapa spesimen.

Yang muda berwarna abu-abu gelap atau coklat berbintik-bintik di atas, seringkali dengan tanda yang sangat mirip dengan ular pohon anggur atau ranting.

 

Ciri paling khas dari boomslang, baik jantan maupun betina, adalah matanya yang sangat besar. Mereka adalah ular yang relatif besar yang terkadang mencapai panjang 2m atau lebih.

Boomslang Jantan Berwarna Hijau

Boomslang jantan muda akan berwarna hijau saat mencapai panjang 750 mm atau lebih. Ini berarti bahwa setiap ular hijau yang sobat Exotic temui, yang panjangnya kurang dari 750 mm – 1000 mm dan tidak terletak di Hondadalen atau daerah lain di sepanjang perbatasan timur, Bisa dipastikan tidak beracun.

Boomslang, seperti namanya, sebagian besar adalah ular yang tinggal di pohon, tetapi mereka cukup sering ditemukan di tanah mencari mangsa atau berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Mereka sering memangsa katak dan kadang-kadang tikus kecil, Namun, bunglon, telur burung, anak ayam dan burung kecil merupakan makanan utama mereka. Di penangkaran, mereka dapat dengan diberi pakan berupa katak.

Sebagai tindakan defensif, Boomslang awalnya akan menggembungkan tenggorokan mereka dan kemudian sebagian besar tubuh jika mereka tidak dibiarkan sendiri. Menggigit adalah pilihan terakhir, seperti halnya pada semua ular. Ular boomslang cukup pemalu dan kurang rentan terhadap gigitan daripada kebanyakan ular lainnya.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kura-kura Darat yang Lucu

Biasanya hanya pawang dan penangkap ular yang kerap digigit ular ini, tetapi sangat jarang.

Taringnya setengah ke belakang, tidak persis di belakang dan ular dapat membuka mulutnya hingga 180 derajat, yang berarti, secara teori, ular ini bisa menancapkan taringnya di permukaan yang datar!

Bahaya Racun Ular Pohon Boomslang

 

Jika menggigit, ular boomslang dapat menyuntikkan racun dalam jumlah yang sangat kecil, namun ini adalah racun hemotoksik yang sangat kuat, yang mencegah darah membeku.

Tanpa pengobatan, korban akan mati kehabisan darah. Penangkal khusus hanya tersedia di Laboratorium SAIMR di Pretoria, Afrika Selatan.

Identifikasi positif ular sangat penting bagi dokter untuk dapat memberikan penawarnya. Gejalanya relatif lambat dan korban terkadang tampak baik-baik saja pada awalnya, tetapi memburuk setelah beberapa hari kemudian.

Pengamatan medis harus dilanjutkan setidaknya selama tiga sampai empat hari. Perlu diingat bahwa meskipun taring telah menembus kulit, bukan berarti telah terjadi injeksi bisa.

Penangkal atau serumnya sangat mahal, jadi pastikan sobat Exotic telah digigit!

Perawatan Ular  Peliharaan

Sebelum membeli ular ditoko hewan peliharaan, tanyakan pada diri sendiri, “Mengapa sobat Exotic menginginkan ular?”

Apakah karena hendak mencoba membuat teman-teman terkesan?

Apakah karena sobat  melihat anaconda pembunuh dalam film populer bollywood dan ingin memiliki peliharaan seperti itu untuk ditunjukkan kepada orang-orang ketika mereka datang?

Apakah sobat ingin mengejutkan atau menakut-nakuti orang tua  dan kerabat lainnya selama liburan keluarga?

Berkat peran kuno dalam mitologi, cerita rakyat, agama dan, baru-baru ini, film horor dan video musik, ular sangat diminati sebagai hewan peliharaan.

Sayangnya, banyak orang menginginkan ular untuk semua alasan yang salah dan gagal mendidik diri mereka sendiri dengan benar tentang perawatan ular peliharaan.

Ular Pohon Bukanlah Aksesori Fashion

Jika sobat cocok dengan profil pemelihara ular sejati, pasti sudah belajar sedikit.

Info Pets Selanjutnya  Info Seputar Ular Susu

Jika  masih memutuskan apakah ular adalah hewan peliharaan yang sesuai untuk Anda atau tidak, pelajari lebih lanjut  informasi berikut.

Ular, seperti semua hewan peliharaan, memiliki persyaratan unik dalam hal suhu, kandang dan kebutuhan makanan.

Ukuran kandang ular tentu saja tergantung pada ukuran ular yang direncanakan untuk dimiliki. Cara yang baik untuk menilai jumlah ruang yang dibutuhkan ular adalah dengan memberikan kaki persegi ruang lantai untuk setiap kaki ular, asalkan panjang ular di bawah 6 meter.

Untuk ular dengan panjang lebih dari 6 meter, kaki persegi luas lantai sudah cukup. Ular perlu merasa aman di rumah baru mereka, karena mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk berjemur atau bersembunyi.

Solusi yang baik adalah menggunakan akuarium berukuran cukup dan mengamankan bagian atasnya dengan papan pasak untuk memungkinkan ventilasi yang baik.

Jala tidak boleh digunakan karena ular yang penasaran bisa menggosok hidungnya naik pada bahan tersebut. Perabotan di kandang ular bisa relatif sederhana. Lapisi bagian bawah kandang dengan serutan aspen, karpet reptil  atau kerikil kacang polong.

Tambahkan tempat persembunyian seperti “gua” yang sudah dibuat sebelumnya atau gua yang sobat buat sendiri dari berbagai ukuran batu ke daftar perawatan ular peliharaan bersama dengan tanaman pot kecil, baik palsu atau asli, dan sepiring air dangkal untuk perendaman

Karena ular berdarah dingin, suhu tubuh mereka bergantung langsung pada suhu di lingkungan mereka.

Ular Memerlukan Pemanas Kandang

Ssangat penting bagi sobat Exotic untuk mempertahankan suhu siang hari antara 26 dan 28 derajat dan suhu malam hari antara 20 dan 22 derajat di dalam kandang ular.

Termometer  dan lampu panas atau pemanas kandang yang berada di bawah kandang akan membantu  mencapai hal-hal ini.

Seekor ular yang mengalami penurunan suhu beberapa derajat di bawah suhu tubuh optimalnya akan sering berhenti makan.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kura-Kura Hamiltonii

Berbicara tentang makan, sobat Exotic mungkin harus mempertimbangkan kembali untuk memiliki ular kecuali  100% yakin bahwa  dapat menangani pemberian makan berupa mamalia hidup atau mati kepada hewan peliharaan.

Ular yang lebih kecil akan memakan bayi tikus mencit dan ular berukuran sedang hingga besar akan memakan kelinci atau tikus dewasa.

Ular yang lebih besar mungkin membutuhkan makanan yang lebih besar dalam bentuk anak ayam. Mencari tahu apa yang diinginkan ular mungkin perlu dilakukan.

Beberapa ular takut akan makanan hidup dan hanya akan memakan tikus setelah lehernya dipatahkan secara manusiawi (ini membunuh tikus secara instan).

Beberapa ular menikmati berburu dan tidak akan memakan makanan yang telah dibunuh dan beberapa jenis ular tidak peduli.

Meskipun kebanyakan ular dapat hidup selama berminggu-minggu tanpa makanan, yang terbaik adalah memberi makan ular dewasa seminggu sekali atau setiap sepuluh hari.

Bayi ular harus diberi makan lebih sering untuk menopang tubuhnya yang sedang tumbuh.

Periksa dengan panduan perawatan khusus untuk mengetahui berapa banyak makanan yang harus diberikan kepada hewan peliharaan sekali makan.

Beli ular hanya dari sumber yang memiliki reputasi baik

Setelah memastikan bahwa motivasi untuk memiliki ular hanya didorong oleh kecintaan  pada makhluk-makhluk ini, gunakan kesabaran sobat Exotic untuk menghabiskan waktu mencari berbagai jenis ular yang sesuai dengan anggaran.

Beli ular hanya dari peternak yang memiliki reputasi baik dan pastikan sobat memiliki buku yang bagus tentang perawatan ular peliharaan yang berguna atau kenalan ahli dalam memelihara ular yang dapat menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin sobat Exotic miliki dan membantu dalam perjalanan menuju kepemilikan ular peliharaan yang bahagia.

Top