Cara Menjinakan Blue Tongue Skink Untuk Pemula

Cara Menjinakan Blue Tongue Skink Untuk Pemula

Sebagian besar Blue Tongue Skink (Tiliqua scincoides) yang diperdagangkan merupakan kadal Blue tongued skink (Panana) hasil tangkapan alam. Keeper reptil Indonesia berharap membeli kadal Blue tongued skink (Panana) hasil peternakan yang jinak tapi malah berakhir dengan menghadapi hewan yang mendesis, tertutup, dan defensif.

Meskipun Blue tongued skink (Panana) hasil tangkapan alam tidak akan pernah tenang seperti kadal berlidah biru hasil peternakan sobat Exotic dapat “menjinakkan” Blue tongued skink (Panana) ini ke titik di mana penanganan tidak terlalu membebani hewan.

Dengan menjinakkan, maksud Exotic Market Indonesia sebenarnya adalah membiasakan Blue tongued skink (Panana) dengan kontak manusia sehingga saat dibutuhkan penanganan, tidak membuat Blue tongued skinks (Panana) menjadi stres.

Stres menyebabkan banyak masalah pada reptil penangkaran. Mulai dari sakit, mogok makan, hingga membuat mereka stress, ingat kata bung Rhoma, “banyak reptil yang stresssss”.

Penting untuk sobat Exotic ingat agar selalu tetap tenang. Ini bisa menjadi masalah yang cukup berat untuk menangani hewan yang sangat takut pada sobat Exotic dan hanya ingin melarikan diri. Mungkin nampak menakutkan jika kadal berlidah biru membuka mulutnya, mengancam akan menggigit dan mendesis.

Jika sobat Exotic digigit, sobat harus menerimanya dengan lapang dada. Percayalah kata saya, ketika membahas tentang Blue Tongue Skinks (Panana), bayangan digigit jauh lebih menyakitkan daripada gigitan Blue-tongued skinks itu sendiri.

Bagaimanapun, 99% dari aksi mereka hanya menggertak dan segera setelah sobat Exotic mendekat, Blue-tongued skinks (Panana) akan berhenti menggertak dan mencoba melarikan diri.

Cara Menjinakan Blue Tongue Skink

Cara Menjinakan Blue Tongue Skink

Oke, Ferguso! Setelah sobat Exotic berhasil mengatasi ketakutan akan gigitan Blue tongued skink (Panana) yang nyatanya tidak terlalu mengerikan, hal berikutnya yang dibutuhkan adalah kesabaran.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kadal Dan Mitos Umum Mereka

Ini tidak mudah, Ferguso. Blue tongued skink ditangkap saat bermain di alam bebas dan dikirim ke toko hewan peliharaan. Blue tongued skink (Panana) tangkapan alam tidak mempercayai manusia. Jadi itu akan menjadi proses adaptasi yang lambat dan stabil.

Namun tetap ada cara menjinakan Blue Tongue Skink

  • Gunakan pakaian yang telah sobat Exotic pakai untuk berolah raga, kemudian ikat bukaan agar Blue tongued skinks (Panana) dapat masuk. Letakkan pakaian berisi Blue-tongued skinks dan tinggalkan didalam kandang.

Blue tongued skink (Panana) akan bersembunyi di balik baju sobat, berbaring di atasnya dan mulai mengasosiasikan aroma tubuh sobat Exotic dengan keselamatan dan keamanan.

  • Kemudian sobat Exotic beralih ke pemberian makan manual. berikan potongan kecil makanan menggunakan tangan. Jika Blue tongued skink (Panana) terlalu takut untuk mencoba, jangan paksakan.

Biarkan saja dia makan sendiri dan coba lagi pada pemberian makan berikutnya, Blue tongued skink akan mengerti pada akhirnya.

Setelah Blue tongued skink membiarkan sobat Exotic memegangnyaa hanya dengan sedikit desisan dan tanpa membuka mulut, mulai tangani dengan serius di sesi ini. Biarkan kadal Blue tongued skink (Panana) berjalan di atas tubuh sobat Exotic dan menjelajah.

Mulailah minggu pertama dengan sesi singkat, sekitar tujuh menit. Minggu kedua meningkat menjadi lima belas menit.

Minggu ketiga meningkat menjadi tiga puluh menit. Setelah kadal Blue-tongued skinks merasa nyaman dalam rentang dua puluh menit penanganan, sobat Exotic bisa melanjutkan sesi lebih lama.

Catatan

Namun perlu diingat bahwa Blue tongued skink (Panana) tetap membutuhkan panas dan pencahayaan UVB di dalam kandangnya.

Ingat, sobat Exotic akan mengalami hari baik dan hari buruk. Suatu hari sobat Exotic mungkin berpikir telah membuat kemajuan dan hari berikutnya aksi Blue tongued skink (Panana) mungkin kembali ke titik awal.

Info Pets Selanjutnya  Dua Jenis Reptil Peliharaan Terbaik

Blue tongued skink akan jinak, sobat Exotic hanya perlu meluangkan waktu untuk memulai.

Blue tongued skink Merauke

Blue Tongue Skink Merauke (T. gigas evanescens • Shea, 2000) merupakan spesies lidah biru terpanjang yang mencapai panjang lebih dari 60cm saat dewasa. Mulai dari kota Merauke yang berada di selatan Irian Jaya, hingga ke seluruh bagian selatan Papua Nugini. Blue Tongue Skink Merauke tidak terlalu sulit ditemukan dan biasanya memiliki temperamen yang cukup baik. Meskipun tidak begitu memukau secara visual, ukurannya yang tipis dan tampilan yang besar masih menjadikannya layak untuk dilihat.

Indonesia menghasilkan begitu banyak reptil dengan warna dan bentuk yang berbeda, sehingga salah satu dari mereka dapat diberi nama subspesies mereka sendiri. Di seluruh wilayah, setiap lokasi, pulau, provinsi, atau hutan dapat menghasilkan Blue tongued skink khas Indonesia, jadi para pakar  tidak yakin mengapa Blue Tongue Skink Merauke mendapat perhatian khusus. Selain beberapa perbedaan kecil dari Blue Tongue Skink Indonesia standar, mereka masih jelas keluarga gigas.

Sobat Exotic mungkin pernah mendengar bahwa Blue tongued skink Merauke adalah hibrida sederhana antara Blue Tongue Skink umum dan Blue Tongue Skink Irian Jaya. Namun persilangan antara kedua hewan ini tidak akan menghasilkan keturunan yang terdiri dari garis-garis tipis gigas standar dan ekor panjang yang tidak normal.

Ciri-ciri Blue Tongue Skink Merauke

• Panjang ekor yang besar menjadikannya yang terpanjang dari semua BTS
• Secara keseluruhan tubuh lebih bersih daripada kebanyakan BTS
• Garis-garis yang berbeda dan ekor yang lebih bersih secara keseluruhan dibandingkan dengan kebanyakan Blue Tongue Skink
• Minimal atau tidak ada flek di tenggorokan
• Sering menampilkan warna abu-abu pudar
• Kaki depan biasanya tidak berwarna hitam pekat dibandingkan dengan Blue Tongue Skink standar

Info Pets Selanjutnya  Mengenal German Giant Bearded Dragons

• Blue Tongue Skink Merauke biasanya memiliki watak yang jauh lebih tenang dibandingkan dengan Blue Tongue Skink standar

 

source http://bluetongueskinks.net/

Top