Trik Memelihara Dan Budidaya Ikan Tetra Paraguay

Tetra Paraguay, Aphyocharax paraguayensis adalah ikan kecil yang cantik. Nama alternatif mereka adalah “Panda Tetra”, “Rio Paraguay Tetra”, “Dawn Tetra” dan “Para Tetra”.

Ikan ini berasal dari Sungai di Paraguay dan Brazil. Selain hidup di sungai utama, ikan ini juga mendiami aliran sungai di lembah Sungai Paraguay. Ikan ini hanya tumbuh sekitar 4 cm tetapi agak agresif sehingga perlu kehati-hatian dalam memilih pasangannya. Di habitat aslinya, ikan ini tidak dalam status terancam punah, tetapi sedikit tidak biasa di Perdagangan Ikan Akuarium meskipun saat ini mereka semakin umum dijual.

Ikan Tetra Paraguay

Tetra Paraguay terlihat paling cocok di akuarium yang penuh tanaman. Area dengan vegetasi yang lebat akan disukai oleh ikan ini, serta beberapa area terbuka untuk berenang. Sobat Exotic juga bisa menambahkan kayu apung dan bogwood ke akuarium untuk lebih mensejahterakan Tetra peliharaan Sobat Exotic. Juga, pastikan untuk menyertakan beberapa vegetasi terapung karena mereka cenderung berenang di bagian atas akuarium. Penting juga untuk memiliki tutup yang sangat rapat untuk bagian atas akuarium karena kadang-kadang ikan ini akan melompat.

Tetra Paraguay memiliki warna tubuh keperakan, dan di bagian tengah, area lateral ke akar sirip ekor, mereka memiliki warna hijau pucat opalescent yang tercermin dari sisik di belakang lempeng insang. Selain itu, terdapat garis hitam agak penuh yang membentang di sepanjang tulang belakang dari belakang insang hingga sirip ekor dan kemudian berlanjut di sepanjang sirip ekor bagian bawah hingga ujung ikan, menjadikan ikan ini cukup unik.

Sebagian besar siripnya transparan, namun, sirip dubur memiliki pita hitam kuat yang paling dekat dengan tubuh sebelum menjadi transparan. Kira-kira sepertiga dari jalan kembali ke ekor, gagang ekor hitam memanjang ke sirip ekor. Sirip ekor memiliki bercak putih di bawah dan di atas bagian hitam ini, memanjang sekitar sepertiga dari panjangnya. Sirip ekor transparan pada sisa panjangnya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Penguin Tetra

Harga Ikan Tetra Paraguay

Exotic Market Indonesia tidak dapat menemukan informasi yang pasti tentang harga Ikan Tetra Paraguay. Ikan Tetra Paraguay atau Nannostomus eques adalah ikan hias yang langka dan jarang ditemukan di pasaran. Biasanya harga ikan hias yang langka akan lebih mahal dibandingkan dengan jenis ikan hias yang umum, namun harga bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan.

Sebagian besar harga ikan hias sangat tergantung pada tempat dan toko yang Sobat Exotic beli, sehingga harga yang kami berikan mungkin tidak sesuai dengan harga yang ditemukan di pasaran. Beberapa toko ikan hias mungkin menjual Ikan Tetra Paraguay dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan toko lainnya. Sebaiknya melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli Ikan Tetra Paraguay.

Kondisi Air Akuarium

Ini adalah spesies air tawar tropis. Meski jangkauannya meluas ke luar daerah tropis, Sungai Paraguay berasal dari Motto Grosso di Brasil dan air di Paraguay masih hangat. Kami perhatikan bahwa Black Widow Tetra yang berasal dari daerah yang sama dapat bertahan dalam kondisi yang lebih dingin daripada kebanyakan ikan tropis. Suhu yang cocok untuk Tetra Paraguay adalah 24 derajat C.

Sungai Paraguay agak asam, tetapi Tetra Paraguay dapat hidup di air dengan pH antara 6 dan 7,5. Kami menyarankan pH 7 untuk Akuarium campuran termasuk ikan ini. Ikan ini tdak terlalu rewel untuk kekerasan airnya. Kekerasan air antara 10 dan 20.

Makanan Ikan Tetra Paraguay

Di akuarium rumah, Tetra Paraguay bisa menerima sebagian besar makanan pelet kering berkualitas baik seperti butiran, serpih, dan pelet tenggelam. Produk makanan modern ini telah dikembangkan untuk memberikan semua nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi ikan Sobat Exotic.

Info Pets Selanjutnya  5 Jenis Ikan Yang Bisa Dipelihara di Akuarium Air Asin

Memberikan makanan tambahan seperti makanan hidup, beku, dan beku-kering seperti bloodworm, daphnia, dan tubifex sekali atau dua kali seminggu akan memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan dan kesejahteraan ikan Sobat Exotic tetapi bukan merupakan keharusan bagi ikan ini.

Tetra Paraguay adalah omnivora dengan preferensi makanan hewani yang kuat. Ini akan memakan makanan ikan akuarium biasa, tetapi lebih menyukai makanan hidup seperti Larva Nyamuk, cacing darah atau Daphnia. Cacing darah beku juga bagus.

Kawanan Akuarium

Paraguay Tetra adalah ikan kawanan dan kelompok yang terdiri dari minimal 8 ekor. Kawanan ini tidak akan terlalu mengganggu ikan lain. Meskipun kami ragu untuk mendeskripsikan Paraguay Tetra sebagai ikan yang damai, mereka dapat dipelihara dalam komunitas ikan pilihan kecil. Kami akan menghindari semua ikan bersirip panjang seperti Siamese Fighting Fish, Guppies dan Endlers Guppies.

Beberapa teman Akuarium yang cocok adalah Buenos Aires Tetra, Rummy Nose Tetra, Harlequin Rasboras, Lemon Tetra, Black Widow Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Zebra Danios, Glowlight Tetra dan White Cloud Mountain Minnows, serta lele Corydoras seperti Lele Merica.

Membedakan Jenis Kelamin

Relatif mudah untuk menentukan jantan dari betina. Jantan memiliki tanda yang lebih khas, lebih berani dan tanda yang lebih tegas pada sirip dubur sedangkan betina bertubuh sedikit lebih berisi daripada jantan.

Budidaya Ikan Tetra Paraguay

Paraguay Tetra adalah spesies penghambur telur. Mereka dapat dirangsang untuk berkembang biak dengan mengubah sekitar 40% air. Betina lebih besar dan lebih gemuk daripada jantan. Mereka akan bertelur di Akuarium yang cukup kecil. Induk harus dipisahkan setelah pemijahan. Tanaman berdaun halus seperti Java Moss harus ada di Akuarium pemijahan.