Tips Sebelum Membeli Kadal Peliharaan

Tips Sebelum Membeli Kadal Peliharaan

Jika sobat Exotic ingin membeli kadal peliharaan pertama , selamat! Kadal, menurut pendapat kami adalah makhluk paling indah, mempesona di Bumi. Bagian dari daya tariknya adalah keragamannya yang luar biasa.

Ada lebih banyak spesies kadal daripada semua mamalia atau amfibi dan mereka bervariasi mulai dari penggali tanah tanpa kaki sepanjang 7 cm hingga Komodo dragon seberat 200 Kg.

Beberapa jenis kadal memiliki warnai  nada muram, oker, dan yang lain menyaingi kupu-kupu yang lebih mencolok dengan bintik-bintik hijau, merah dan kuning mencolok.

Beberapa bahkan memiliki sayap tipis seperti Sumatran Flying Dragon, beberapa jenis kadal mampu berlari melalui air, dan beberapa dapat menempel di langit-langit rumah.

Berikut adalah sepuluh panduan berharga untuk membantu sobat Exotic memulai awal yang baik dan tetap berada di jalur yang aman.

Kami berbicara dari beberapa pengalaman, memelihara kadal sejak 2000 dan menghabiskan lebih dari 5 tahun bekerjasama dengan herpetologis profesional. Kiat-kiat ini hanyalah titik awal tetapi mencakup sepuluh poin yang sangat penting!

Sepuluh Tips Sebelum Membeli Kadal Peliharaan

1.Mulailah dengan memelihara gecko yang mudah dirawat! Banyak kadal sangat menuntut perawatan khusus di penangkaran dan ini harus diserahkan kepada pemelihara berpengalaman. Di antara kadal untuk pemula terbaik adalah bearded dragon Australia dan kadal berlidah biru atau panana yang tumbuh dengan panjang total sekitar 20 cm.

kadal tegu

Mereka tidak mudah stres jika ditangani dengan benar, umumnya jinak dan akan memakan berbagai macam makanan, mulai dari buah-buahan, sayuran dan bunga hingga serangga, makanan anjing basah, dan tikus kecil.

Savannah monitor juga bagus untuk pemula, tetapi ambil spesimen muda dan pelihara hingga ke ukuran dewasa. Kadal  dewasa yang baru diimpor bisa menjadi agresif, tetapi spesimen yang dibesarkan atau dikembangbiakkan dalam penangkaran adalah hewan yang sangat baik untuk pemelihara pemula.

  1. Hindari membeli spesies yang dianggap orang sebagai reptil peliharaan tetapi sebenarnya sangat sulit untuk dipelihara dengan baik. Di antara spesies yang harus dihindari: iguana, biawak monitor Nil, bunglon dan spesies kecil yang hanya tumbuh 7 hingga 20 cm panjangnya.
  2. Baca informasi tentang kadal yang sobat Exotic pelihara di website kesayangan kita exoticmarketindonesia.com, karena tidak ada alasan untuk melakukan pemeliharaan reptile yang buruk.
  3. Ingatlah bahwa kadal dan ular adalah kelompok hewan yang sangat dekat, tetapi kadal membutuhkan perawatan yang sangat berbeda. Tidak seperti ular yang mungkin hanya membutuhkan makanan sekali dalam seminggu atau sebulan, kadal biasanya perlu makan setiap hari dan terkadang lebih dari sekali dalam sehari. Namun jangan tinggalkan makanan busuk atau kotor di dalam kandang karena dapat terkontaminasi kuman dan membuat kadal peliharaan sakit.
  1. Jangan mengambil atau memegang ekor kadal. Bahkan jika ekor bearded dragon, kadal lidah biru, atau biawak sabana tidak putus, ini menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kadal. Biasakan memegang kadal dengan meletakkan tangan sobat Exotic di bawah perut dan menopang berat di bawahnya.
  2. Jangan pernah menggunakan kadal peliharaan untuk menakut-nakuti siapa pun! Meski kelihatannya aneh, beberapa orang takut dengan. Jauh lebih baik bagi kadal dan sobat Exotic sebagai pemilik, jika menggunakan kadal untuk membantu mengajari orang lain betapa hebatnya mereka!
  3. Jangan pernah melepaskan reptil peliharaan yang sudah tidak diinginkan ke alam liar. Kebanyakan hewan peliharaan berasal dari benua lain dan tidak akan hidup lama di habitat liar Indonesia, juga tidak baik untuk satwa liar setempat dan benar-benar mengganggu konservasionis dan petugas BKSDA.
Info Pets Selanjutnya  Leopard Gecko Suka Menggali? Kenapa Begitu?

kadal iguana

  1. Semua kadal bersifat diurnal (aktif di siang hari) membutuhkan sinar ultraviolet dalam hidupnya. Namun sinar UV tidak menembus kaca, sehingga tidak membantu dengan meletakkan kandang di dekat jendela. Selain lampu pemanas (semua kadal membutuhkan suhu setidaknya 30 derajat C, lebih banyak lagi), sobat Exotic akan membutuhkan sinar UV spektrum penuh yang baik. Ini sekarang diproduksi agar sesuai dengan soket berulir atau soket tabung neon standar.
  1. Selalu pastikan kadal peliharan sobat Exotic memiliki akses ke air bersih dan segar! Beberapa kadal hanya meminum tetesan embun dari daun, tetapi spesies ini bukan termasuk spesies pemula. Bahkan kadal gurun dan itu termasuk semua spesies pemula yang EMI sebutkan,  dapat dan akan minum dari mangkuk minum dan mereka bahkan suka berendam jika wadahnya cukup besar. Perendaman juga membuat pergantian kulit lebih mudah bagi kadal .
  1. Jangan memadati kandang kadal. Jika sobat Exotic membeli dua ekor kadal untuk memulai, belilah dari spesies yang sama, sebaiknya sepasang, dengan ukuran yang sama dan tempatkan mereka di kandang yang cukup besar. Kandang Kadal yang penuh sesak akan membuat mereka stres dan mungkin menolak untuk makan. Mereka juga lebih mungkin terkena penyakit. Jika sobat tidak dapat memberikan ruang yang cukup, jangan membeli kadal.

 

INFO BONUS MERAWAT KADAL PELIHARAAN

Kadal awal yang sangat baik adalah leopard gecko, spesies nokturnal yang lembut dan sangat populer yang telah dibiakkan dalam banyak morf warna. Berbeda dengan spesies awal lainnya yang kami sebutkan, leopard gecko lebih kecil, memiliki kulit yang lembut, halus dan ekor yang mudah patah.

kadal bunglon

Jangan khawatir, ekor mereka dapat tumbuh kembali tetapi hanya sebagai ekor kaku yang tidak pernah terlihat sebagus aslinya. Mereka juga membutuhkan penanganan yang lebih lembut daripada spesies pemula yang lebih besar.

Info Pets Selanjutnya  5 Fakta Tentang Iguana Hijau

Mereka tidak membutuhkan sinar UV, tetapi mereka masih membutuhkan kandang yang hangat 21-24 derajat pada malam hari, 27 hingga 29 derajat pada siang hari, tanah berpasir dan tempat di mana mereka dapat bersembunyi. Beri mereka makan serangga hidup, terutama jangkrik, kecoa muda dan cacing lilin.

Trik Penting Dalam Perawatan Kadal

Jangan gunakan batu pemanas untuk menghangatkan kadal di siang hari! Kadal sebenarnya rada bloon untuk mengetahui bahwa perut mereka benar-benar sedang dimasak dan mereka dapat tetap berada di atas batu sampai mereka terluka parah atau terbunuh!

Hal lain yang harus sobat Exotic ketahui termasuk mencuci tangan dengan bersih setelah memegang kadal dan pastikan untuk menjaga kebersihan kandang.

Top