Tips Sebelum Membeli Hewan Di Jual Beli Dan Lelang Hewan Peliharaan

Tips Sebelum Membeli Hewan Di Jual Beli Dan Lelang Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan eksotis memang semakin disukai seperti jual beli dan lelang :  Kura-kura darat, Kura-kura air, Ular (ballpython, Retic/boa, Cornsnake, venom), Kadal ( Iguana, Gecko, Bearded Dragon, Veranus, Chameleon/Bunglon, Tegu, Panana).

Bagi masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, banyak yang suka memelihara hewan kesayangan.  Banyak yang menganggap bahwa dengan membesarkannya bisa dijadikan teman. Adanya hewan peliharaan memberikan kesenangan untuk pemiliknya dan mengatasi rasa kesepian.

Akan tetapi, untuk memiliki hewan peliharaan memang perlu biaya tersendiri. Para pemiliknya perlu menyiapkan sejumlah uang untuk membeli keperluannya. Di satu sisi, semakin tingginya minat masyarakat tersebut membuka peluang usaha bagi petshop, dokter hewan, dan lain-lain.

Pengeluaran yang harus dianggarkan untuk perawatan hewan memang berbeda-beda. Jika hewannya tidak terlalu sensitif, biasanya perawatannya cenderung lebih murah. Beda halnya jika peliharaan termasuk binatang yang peka biasanya juga butuh biaya lebih besar untuk kebutuhan sehari-hari.

Apa Persiapan Sebelum Membeli Hewan Di Tempat Jual Beli Dan Lelang

Untuk Anda yang ingin berniat memelihara hewan kesayangan di tempat jual beli dan lelang :  Kura-kura darat, Kura-kura air, Ular (ballpython, Retic/boa, Cornsnake, venom), Kadal ( Iguana, Gecko, Bearded Dragon, Veranus, Chameleon/Bunglon, Tegu, Panana), ada hal yang harus disiapkan sebelumnya yaitu sebagai berikut:

1. Biaya Makanan

Seperti halnya manusia, makanan atau minuman menjadi kebutuhan dasar untuk hewan peliharaan. Ada sebagian yang memang jenis makanannya mirip dengan manusia. Namun, ada juga yang membeli makanan khusus untuk hewan peliharaan. Sekarang ini, banyak makanan yang dijual di pasaran seperti makanan kucing atau anjing. Variasinya juga beragam mulai dari berdasarkan kelompok umur atau rasnya.

Para pemiliknya harus bisa menghitung anggaran makanan ini. Seperti halnya manusia, hewan juga perlu makanan setiap hari dan tidak selalu bisa mencarinya. Oleh karena itu, harus dipersiapkan. Untuk jangka panjang, salah satu pos anggaran terbesar yang perlu disiapkan pemilik hewan peliharaan adalah makanan.

Info Pets Selanjutnya  Ular Gopher, Kelebihan Dan Kekurangan Memelihara Mereka

2. Biaya Kandang

Banyak orang yang melepaskan begitu saja hewan peliharaan di rumah dan berkeliaran. Namun, perlu juga menyiapkan kandang sebagai tempat hewan beristirahat. Jenis kandang tersebut cukup bervariasi dan bahkan banyak juga yang memilih membuatnya sendiri karena dianggap lebih murah.

Selain memerlukan kandang, ada hewan peliharaan yang butuh tempat buang air kecil atau yang dinamakan litter box. Untuk kucing contohnya, litter box ini harus diisi dengan pasir. Biasanya ini disiapkan oleh para pemilik kucing yang memeliharanya di dalam rumah.

3. Biaya Kesehatan

Hal penting berikutnya yang harus dipersiapkan adalah biaya perawatan kesehatan. Salah satu yang cukup lazim pada kucing atau anjing misalnya yaitu untuk kebutuhan vaksin. Ini diberikan supaya hewan tidak mudah terserang penyakit.

Selain vaksin, terdapat pula biaya kesehatan tak terduga lainnya untuk hewan peliharaan. Contohnya, jika mengalami kecelakaan yang harus dirawat oleh dokter hewan. Karena itulah biaya tak terduga ini harus dipersiapkan dan dipikirkan oleh pemiliknya.

4. Biaya Makanan/aksesoris

Untuk para pemilik kucing, mainan maupun aksesoris merupakan hal yang diperlukan untuk membuatnya semakin bergembira. Aksesoris ini dapat berupa baju sampai kalung nama yang digunakan ketika acara tertentu. Kemudian misalnya untuk anjing, boneka tulang maupun piring terbang bisa menjadi sesuatu yang dipakai untuk mengajaknya bermain.

5. Biaya Perawatan

Banyak pemilik hewan peliharaan misalnya kucing yang gemar merawat dengan berbagai layanan, misalnya grooming. Dengan perawatan ini, kucing akan dipotong kukunya, telinganya dibersihkan, bulunya dimandikan dan sebagainya. Banyak pemilik kucing lain juga merogoh kocek lebih dalam untuk membeli shampo khusus kucing, gunting kuku khusus atau sisir untuk merapikan bulu hewan kesayangannya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Menghindari Gigitan Ular Saat Pemberian Makan

Tips Mencari Tempat Membeli Hewan Peliharaan

Setelah anda mengetahui apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli hewan peliharaan, selanjutnya mungkin mulai tertarik mencari di mana tempat jual beli dan lelang :  Kura-kura darat, Kura-kura air, Ular (ballpython, Retic/boa, Cornsnake, venom), Kadal ( Iguana, Gecko, Bearded Dragon, Veranus, Chameleon/Bunglon, Tegu, Panana). Ada aspek yang perlu diperhatikan seperti berikut:

1. Pastikan Menyediakan Hewan-hewan yang Sehat

Sebuah tempat jual beli hewan peliharaan itu harus menyediakan berbagai peliharaan yang sehat. Hewan peliharaan yang sehat akan memiliki daya tahan yang lebih lama serta aman untuk dipelihara oleh anggota keluarga. Tentu saja di rumah ada anggota keluarga lain misalnya anak-anak yang mungkin sensitif terhadap kebersihan.

Jika perlu, hewan tersebut harus dipastikan bebas dari penyakit dan ada sertifikatnya. Untuk hewan peliharaan kucing maupun anjing misalnya, akan lebih baik jika sebelumnya sudah vaksin. Atau jika memang belum, Anda harus segera membawanya ke tempat perawatan kesehatan setelah membeli.

2. Cari Tempat Yang Juga Menyediakan Kebutuhan Hewan

Selain sebagai tempat jual beli hewan, Anda juga harus mencari lokasi yang sekaligus menyediakan aneka kebutuhan. Seperti yang diketahui, hewan peliharaan tidak hanya butuh sekedar makanan saja. Banyak aspek lainnya yang perlu dipikirkan itu tersedia. Contohnya, untuk anjing  memerlukan kandang, mainan, dan sebagainya.

3. Cari Tempat Yang Bisa Melayani Anda

Mungkin Anda masih pemula untuk membeli hewan peliharaan dan tidak mengetahui bagaimana cara memelihara yang baik. Oleh karenanya, carilah tempat membeli hewan peliharaan yang bisa memberikan pelayanan atau konsultasi. Misalnya Anda kebingungan mencari jenis makanan untuk kucing tertentu. Makanan untuk kucing yang terbentuk berbeda-beda sesuai dengan rasnya.

4. Cari Lokasi Yang Menjual Hewan dengan benar

Info Pets Selanjutnya  Daftar Berkala Perawatan Bearded Dragon

Membeli hewan peliharaan tidak hanya sekedar mengambilnya dan merawatnya di rumah. Lebih dari itu, hewan peliharaan akan menemani Anda dan keluarga. Ia bisa menghibur anda di saat lelah sehabis beraktivitas atau bekerja. Oleh karena itulah, cari lokasi membeli hewan di tempat yang benar-benar dan percaya dan legal.

Jangan sampai Anda membeli hewan peliharaan di lokasi yang diragukan legalitasnya. Jangan juga membeli hewan di tempat yang ternyata menjual fauna yang dilindungi dan dilarang diperjualbelikan.

5. Menyediakan Akses Yang Mudah

Tempat jual beli dan lelang :  Kura-kura darat, Kura-kura air, Ular (ballpython, Retic/boa, Cornsnake, venom), Kadal ( Iguana, Gecko, Bearded Dragon, Veranus, Chameleon/Bunglon, Tegu, Panana) juga harus mudah diakses oleh anda. Kemudahan akses ini bukan dari segi lokasinya, akan tetapi kepraktisan untuk membeli atau melihat apa saja jenis yang ditawarkan maupun kebutuhan kebutuhan hewan kesayangan.

Di Mana Tempat Mencari Hewan Eksotis Yang Bagus ?

Hewan peliharaan memang banyak jenisnya. Namun sekarang ini ada tren yang disukai untuk membeli hewan eksotis salah satunya exoticmarketindonesia.com. Memang, masyarakat juga banyak yang ingin memelihara hewan yang tidak lazim dan unik. Namun, jangan sembarangan karena hewan eksotis pada umumnya dilindungi oleh pemerintah.

Beberapa contoh hewan eksotis yang dipelihara antara lain di jual beli dan lelang :  Kura-kura darat, Kura-kura air, Ular (ballpython, Retic/boa, Cornsnake, venom), Kadal ( Iguana, Gecko, Bearded Dragon, Veranus, Chameleon/Bunglon, Tegu, Panana). Anda bisa mengunjungi dan melihatnya di exoticmarketindonesia.com. Dapatkan hewan peliharaan kesayangan terbaik disini!

Top