Tips Perawatan dan Budidaya Ikan Neon Tetra

Neon tetra atau Paracheirodon innesi adalah anggota keluarga Characidae. Characidae umumnya disebut sebagai Characins. Spesies ini berasal dari Columbia bagian tenggara, Peru bagian timur, dan Brasil bagian barat, termasuk anak sungai Solimoes. Mereka dapat ditemukan di air hitam atau aliran air jernih.

Neon tetra dan cardinal tetra terlihat sangat mirip. Letakkan mereka di akuarium yang sama dan kebanyakan orang tidak akan menyadari bahwa mereka adalah dua spesies yang berbeda. Keduanya memiliki tubuh bagian atas biru neon metalik dan garis merah cemerlang di tengah tubuh mereka. Garis ini ditemukan di tengah tubuh hingga ke belakang ekor di neon. Garis itu membentang di sepanjang tubuh cardinal.

Baik neon dan cardinal adalah favorit di antara aquarist air tawar yang lebih menyukai pengaturan akuarium yang lebih kecil karena palet warna yang intens. Mereka benar-benar mencerahkan isi akuarium.

Mereka Adalah Ikan Sosial

Tetra menjadi ikan komunitas yang baik selama anggota komunitas lainnya semuanya adalah varietas yang lebih kecil. Ikan ini adalah ikan bertubuh ramping yang hanya mencapai 6Cm saat dewasa penuh. Seekor ikan dewasa besar bisa menelan satu ikan lain secara utuh sebagai camilan. Mereka cenderung menjadi spesies yang pemalu jadi beri mereka banyak tanaman dan dekorasi akuarium untuk bersembunyi. Ini juga akan memberikan perlindungan dari ikan yang lebih agresif.

Air di Amerika Selatan sedikit asam, sekitar pH 6,8. Suhu air berkisar antara 26┬░C. Ikan Sobat Exotic akan berkembang dalam kondisi yang sama.

Mereka adalah perenang tengah akuarium. Ikan Neon tetra tidak bisa bertahan dengan baik saat diisolasi dari anggota lain dari spesiesnya sendiri. Banyak yang tidak akan bertahan dalam kesendirian. Dianjurkan untuk memiliki setidaknya empat ekor neon di akuarium Sobat Exotic.

Spesies ini omnivora. Mereka sangat cocok untuk bertahan hidup dengan pakan ikan tropis biasa.

Jantan dan betina terlihat hampir sama. Tubuh betina cenderung sedikit lebih berisi. Ini lebih terlihat saat dia membawa telur.

Harga Ikan Neon

Harga ikan Neon Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk ikan Neon Tetra berkisar antara Rp.5000 – Rp.10.000 per ekor. Beberapa jenis ikan Neon Tetra yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Neon Tetra adalah ikan yang sangat populer di kalangan hobbyis akuarium. Ikan ini terkenal karena warna-warnanya yang menarik dan karakternya yang ramah. Ikan Neon Tetra cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memilih Antara Ikan Cardinal Tetra VS Neon Tetra

Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli ikan Neon Tetra. Jangan lupa memastikan kondisi ikan serta perawatan yang dibutuhkan, agar ikan dapat hidup dengan baik dalam akuarium.

Budidaya Ikan Neon Tetra

Semua ikan tetra mudah berkembang-biak. Mereka akan bertelur di peternakan. Beri mereka makanan tinggi protein yang akan membantu memulai siklus pemijahan. Udang air asin, tubifex, atau cacing darah akan membantu mencapai hasil yang diinginkan. Mereka tidak akan berkembang biak di air alkali yang keras. Air yang sedikit asam antara pH 6.0-6.2 cukup kondusif untuk pemijahan.

ikan neon tetra

Jika Sobat Exotic tidak dapat menentukan jenis kelamin ikan neon, tempatkan seluruh kelompok dalam akuarium pengembangbiakan yang disiapkan dengan benar. Air yang disaring menggunakan gambut atau lapisan kecil yang ditambahkan ke substrat akan mensimulasikan kondisi perkembangbiakan yang optimal. Pastikan tidak ada bahan tambahan kimia atau pupuk pada gambut.

Akuarium peternakan harus memiliki banyak tanaman terapung. Letakkan akuarium peternakan di ruangan yang remang-remang.

Neon tetra akan menyebarkan telurnya. Setelah pemijahan selesai, semua ikan dewasa harus segera dikeluarkan dari akuarium.

Telur akan menetas dalam waktu sekitar 24 jam. Mereka akan bebas berenang dalam beberapa hari. Setelah mereka berenang bebas, mereka dapat diberi makan infusoria atau makanan cair lainnya yang diformulasikan untuk petelur. Ketika mereka menjadi sedikit lebih besar, ganti makanan mereka dengan udang air asin yang baru menetas, makanan bubuk atau telur bubuk.

Informasi Tambahan Dalam Merawat Neon Tetra Hijau

Tetra Neon Hijau, Paracheirodon simulans, berkerabat dekat dengan Neon Tetra, Paracheirodon innesi, dan Cardinal Tetra, Paracheirodon axelrodi. Mereka tidak sepopuler dua sepupunya yang cantik meskipun juga merupakan ikan yang menakjubkan. Sejauh ini ikan tropis paling populer adalah Neon Tetra. Cardinal Tetra kurang populer meskipun merupakan salah satu ikan akuarium air tawar terindah, harganya yang lebih tinggi membuat sebagian orang kecewa.

Kami akan menyarankan bahwa hanya keberadaan dua kerabat dekatnya dalam perdagangan ikan akuarium yang menghentikan tetra Neon Hijau menjadi ikan tropis yang paling dicari.

Di mata kami, ikan ini tidak terlalu hijau. Nama umum lainnya adalah “False Neon Tetra” dan “Green Tetra”. Nama ilmiah lain yang pernah digunakan untuk ikan ini adalah “Cheirodon simulans” dan “Hyphessobrycon simulans”.

Mereka adalah salah satu ikan akuarium biasa terkecil, bahkan sedikit lebih kecil. Ukuran maksimumnya dilaporkan sekitar 4cm panjangnya meskipun kami belum pernah melihat yang lebih dari setengah ukuran ini.

Tetra Neon Hijau memiliki jangkauan terbatas meskipun bukan spesies yang terancam punah di alam liar. Mereka berasal dari The Rio Negro di Brasil dan Kolombia, dan bagian atas Orinoco di Venezuela.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat 2 Jenis Ikan Tetra

Bagian merah dari Green Neon Tetra lebih pendek dari Neon Tetra, dan jauh lebih pendek dari Cardinal Tetra.

Kondisi Air

Di alam liar, Green Neon Tetra berasal dari air yang sangat lembut dan asam pada suhu pertengahan hingga dua puluhan tinggi dalam derajat C (tujuh puluhan dalam derajat F). Ini adalah kondisi ideal untuk ikan ini. Ini akan menyesuaikan diri dengan air netral dengan sedikit kekerasan dan suhu 24 derajat C dan baik-baik saja di akuarium komunitas dengan ikan kecil yang damai.

Hindari filter dengan asupan air yang terlalu kuat karena ikan ini rentan tersedot oleh arus yang kuat.

Makanan

Green Neon Tetra adalah omnivora dan akan memakan makanan ikan biasa dengan ukuran yang sesuai. Makanan hidup kecil baik seperti cacing darah beku.

Teman Akuarium

Green Neon Tetra adalah ikan kawanan dan semakin besar jumlahnya semakin baik.

Sahabat lain yang cocok adalah ikan damai dengan ukuran yang sesuai seperti White Cloud Mountain Minnow, Cherry Barb, Penguin Tetra, PristellaTetra, Glowlight Tetra, Harlequin Rasboras, Guppies, Endler Guppies dan Corydoras catfish seperti Peppered Catfish. Jika mereka berada di akuarium berukuran wajar, mereka seharusnya baik-baik saja dengan Ikan Petarung Siam selama ikan petarung tersebut bukan salah satu dari sedikit yang telah belajar menangkap ikan kecil.

Kami akan lebih berhati-hati dalam menempatkan Green Neon Tetra dengan ikan seperti Red EyeTetra, Silvertip Tetra, Gold Barb, Rummy Nose Tetra, Scissortail Rasboras, Lemon Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Swordtail, Platies, Mollies , Zebra Danios, Black Widow Tetra, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetra, Buenos Aires Tetra dan Colombian Tetra meskipun mereka mungkin baik-baik saja dengan ikan muda dari spesies ini.

Kami tidak akan menempatkan mereka dengan ikan besar atau predator.

Membedakan Jenis Kelamin

Tidak banyak perbedaan penampilan antara jenis kelamin spesies ini; ketika dalam kondisi kawin, betina lebih lebar dari jantan.

Pembiakan Gren Neon Tetra

Green Neon Tetra membutuhkan air yang mirip dengan air yang mereka tinggali di alam liar; air yang sangat lunak dengan pH sekitar 6 dan suhu sekitar 25 derajat C. Idealnya air harus sangat tercampur oleh tanin dari gambut, dalam cahaya redup, dinaungi oleh tanaman.

Betina menghasilkan 200 telur. Induk harus dikeluarkan setelah pemijahan. Telur akan menetas dalam 24 jam. Telurnya peka terhadap cahaya jadi hindari banyak cahaya.

Bayinya sangat kecil dan infusoria (protozoa) diperlukan sejak dini. Saat mereka tumbuh, ini semakin bagus jika dilengkapi dengan makanan kering komersial yang bagus. Induk Green Neon Tetra dapat berkembang biak lagi setelah beberapa minggu.

Ikan Hama

Meskipun kami merasa agak sulit untuk menganggap ikan ini sebagai perusak lingkungan, tindakan pencegahan normal tetap harus dilakukan untuk mencegah ikan ini masuk ke perairan yang bukan tempat asalnya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Serpae Tetra

Informasi Tambahan Untuk Merawat Ikan Neon Tetra

Neon Tetra, Paracheirodon innesi adalah salah satu ikan akuarium paling populer. Panjang maksimumnya sedikit di atas 3cm. Neon Tetra adalah ikan yang baik untuk akuarium komunitas ikan kecil. Beberapa ikan lain yang dapat mereka pelihara adalah Rasbora kecil, tetra kecil, dan platy, swordtail, dan guppy.

Kami tidak menyarankan menempatkan Ikan Neon dengan ikan besar seperti Black Sharks, Gold Gouramis dan Tin Foil Barbs. Di alam liar, ikan seukuran Neon Tetra merupakan makanan alami AngelFish.

Neon Tetra berkerabat dekat dengan Cardinal Tetra Paracheirodon axelrodiSobat Exoticn simulan Green Neon Tetra Paracheirodon. Kekerabatannya kurang dekat dengan ratusan spesies tetra lainnya. Neon (innesi) dinamai menurut nama William T.Innis.

Mereka berasal dari Sungai Amazon. Ini adalah daerah tropis dan Neon Tetra adalah ikan tropis. Neon harus memiliki air panas, kecuali dapat dipelihara dalam ruangan yang tidak pernah dingin. Kami menyarankan pemanas akuarium dengan termostat sekitar 23 atau 24 derajat C. Ikan Neon tidak menyukai air yang sangat hangat dan suhu di atas 30 derajat harus dihindari.

Neon berasal dari air yang hampir sangat lembut dan cukup asam. Namun, mereka dapat dipelihara dengan sukses dalam air dengan Ph mulai dari 5,5 hingga 7,4. Mereka dapat hidup di air yang cukup keras, tetapi jika Sobat Exotic ingin membiakkannya, diperlukan kehati-hatian yang cukup untuk menciptakan kembali kondisi air neon liar. Untuk akuarium komunitas, kami sarankan Ph netral.

Akuarium komunitas harus memiliki tanaman atau penutup lainnya. Ini terlihat bagus untuk manusia, dan memberikan keamanan bagi ikan. Dengan tumbuhan, ikan justru lebih menonjolkan diri.

Neon adalah ikan koloni, Kami merekomendasikan untuk memelihara empat atau lebih. Koloni Neon di akuarium adalah pemandangan yang sangat indah. Neon kehilangan warnanya dalam gelap, tetapi kembali dengan cepat saat mendapat cahaya lagi.

Neon Tetra akan memakan semua makanan akuarium umum termasuk serpihan. Makanan kering juga baik untuk mereka. Ini bukan hanya ukuran yang cocok. tetapi juga lebih tinggi protein dan nutrisi lainnya daripada kebanyakan makanan ikan. Makanan hidup baik untuk Neons, seperti untuk ikan lainnya. Cacing darah beku sudah tersedia dan Neon menyukainya.

Ikan Hama

Meskipun kami merasa sulit untuk menganggap ikan ini sebagai perusak ekologi, perhatian harus dilakukan untuk mencegah pelepasan hewan peliharaan apa pun ke alam liar.