Tips Merawat Ular Untuk Pemula

Tips Merawat Ular Untuk Pemula

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu merawat ular.

Pertama, perhatikan seberapa besar ular Sobat Exotic bisa tumbuh. Kebanyakan varietas  hanya tumbuh sekitar 2 meter panjangnya, yang merupakan ukuran yang masuk akal.

Jangan biarkan karyawan toko hewan membujuk Sobat Exotic untuk membeli python Burma, karena makhluk ini dapat tumbuh hingga lebih dari 10 meter panjangnya dan akan membutuhkan kandang besar dan makanan dalam jumlah besar.

Jangan berhemat pada ukuran, kandang yang terlalu kecil bisa sangat membuat stres dan tidak sehat bagi hewan peliharaan Sobat Exotic.

Pegawai toko hewan terkadang akan mencoba menjual kandang yang ukurannya tidak memadai, jadi jangan jatuh ke dalam perangkap ini.

Untuk kenyamanan yang memadai, kombinasi panjang dan lebar kandang setidaknya harus sesuai dengan panjang ular.

Ular bisa tumbuh cukup cepat, jadi jangan lupa untuk memperhitungkannya juga!

Cari tahu seberapa jinak spesimen itu, jika Sobat Exotic baru pertama kali memeliharanya, Sobat Exotic mungkin harus memastikan bahwa calon hewan peliharaan Sobat Exotic dapat ditangani dengan mudah.

Pastikan Sobat Exotic memilih hewan peliharaan dengan nafsu makan yang tinggi. Ular  ball python misalnya, merupakan hewan peliharaan yang hebat, tetapi mereka terkenal pemakan yang rewel.

Ular jagung menjadi hewan peliharaan pemula yang hebat karena mereka sangat jinak dan tidak pilih-pilih tentang apa yang mereka makan.

Ular – memang, reptil apa pun – berpotensi menyebarkan salmonella. Risiko yang terlibat sangat kecil, tetapi orang harus tetap bermain aman. Ini terutama benar ketika anak-anak kecil atau orang-orang dengan sistem kekebalan yang terganggu terlibat.

Bacalah tentang kebersihan reptil dan salmonella sebelum membeli hewan peliharaan Sobat Exotic.

Jelas, tips ini hanya merupakan beberapa saran dasar. Saya merekomendasikan bahwa semua calon pemilik harus membaca tentang perawatan ular secara umum, serta kebutuhan spesifik dari spesies yang mereka rencanakan untuk dibeli.

Info Pets Selanjutnya  Red Leopard Gecko, Idaman Para Kolektor

Sedikit riset dasar dapat mencegah banyak kejengkelan di masa depan.

Mempelajari Cara Merawat Ular Peliharaan

Seekor ular membutuhkan perawatan yang tepat seperti hewan peliharaan lainnya.

Tapi karena mereka tidak seperti hewan peliharaan biasa, kita sudah tahu banyak tentang perawatan mereka, dalam hal ini Sobat Exotic harus belajar cara merawat ular peliharaan sebelum Sobat Exotic membelinya.

Ular membutuhkan semua persediaan perawatan hewan peliharaan biasa, tempat berlindung yang aman dan nyaman, makanan dan air.

Berikut sedikit pengenalan beberapa kebutuhan khusus yang dibutuhkan ular agar tetap sehat dan aman.

Apa Yang Dimakan Ular?

Ketika ular hidup di alam liar, mereka berburu dan memakan hewan pengerat dan reptil kecil.

Jadi, Sobat Exotic mungkin berpikir bahwa Sobat Exotic harus memberi makan ular Sobat Exotic hewan pengerat hidup seperti tikus.

Namun, ular itu sebenarnya bisa terluka oleh makanan saat mencoba melindungi dirinya dari dimakan, jadi pemilik hewan peliharaan yang baik akan memberi makan mangsa ular mereka yang telah dibunuh secara manusiawi dan kemudian dibekukan untuk kenyamanan Sobat Exotic.

Ini berarti Sobat Exotic hanya mendapatkan persediaan makanan yang telah mati dan menyimpannya di dalam freezer, lalu menghangatkannya sebelum Sobat Exotic memberi makan ular.

Seberapa Sering Memberi Makan Ular?

Seperti banyak spesies berusia remaja, ular muda makan lebih banyak daripada ular dewasa karena mereka tumbuh begitu cepat.

Jadi mereka perlu diberi makan sedikit lebih sering daripada ketika mereka menjadi dewasa, misalnya ular muda diberi makan setiap 5 hari sekali sampai mereka berusia 9-12 bulan.

Setelah itu, harus diberi makan setiap 6 hari sekali.

Jika mereka berusia 3 tahun atau lebih, mereka hanya perlu diberi makan setiap 10-14 hari.

Info Pets Selanjutnya  Iguana Badak Peliharaan Yang Mudah Dikawinkan

Jadi begitu ular Sobat Exotic tumbuh, Sobat Exotic memiliki lebih sedikit pekerjaan yang harus dilakukan dan anggaran makanan yang lebih kecil karena Sobat Exotic hanya perlu memberinya makan setiap dua minggu sekali.

Berapa Banyak Makanan Yang Harus Diberikan?

Jelas, Sobat Exotic juga harus memiliki jumlah pakan yang di butuhkan untuk ukuran dan usia ular peliharaan.

Adalah normal untuk menghitung ukuran pakan dengan memeriksa lingkar ular Sobat Exotic, dan memberinya mangsa yang kira-kira 1,5 atau 1,5 kali ukuran tubuh ular.

Apakah Ada Persyaratan Khusus Untuk Air Minum?

Selalu sediakan air suam-suam kuku atau air bersuhu ruangan di dalam kandang ular, meskipun ular Sobat Exotic tampaknya tidak meminumnya.

Ular cenderung mandi, dan bahkan berendam dengan tenang di mangkuk air mereka. Sayangnya, mereka juga cenderung buang air besar di dalamnya, jadi Sobat Exotic harus  mengganti air setiap hari.

Siapkan mangkuk padat dan berat yang tidak dapat dijungkirkan ular saat naik ke dalamnya, dan mangkuk harus cukup dangkal agar ular dapat meresap tanpa terjebak dan kemungkinan tenggelam.

Jenis Ular Apa Yang Cocok Untuk Dipelihara?

Beberapa jenis ular adalah ahli melarikan diri, menggedor dan mendorong setiap pintu dan celah untuk mencoba keluar.

Terarium ular sangat populer (dan Sobat Exotic dapat membeli pilihan terarium cantik yang terjangkau secara online), atau akuarium/tangki ikan dapat digunakan selama Sobat Exotic dapat memasang tutupnya.

merawat ular

Namun, pastikan tangki memiliki ventilasi yang cukup setelah lampu dipasang, karena ular membutuhkan udara segar dan sirkulasi udara untuk mengatur suhunya.

Ular perlu merasa aman dan bersembunyi ketika mereka ingin tidur sendirian, jadi berikan mereka beberapa sarang ular yang bisa Sobat Exotic beli yang terbuat dari batu, kayu, atau plastik.

Info Pets Selanjutnya  Cara Gampang Merawat Kadal Berber Skink

Agar ular Sobat Exotic tetap bugar dan sehat, sediakan juga beberapa cabang pohon untuk dipanjat dan melilitkan tubuh ular.

Kandang ular juga membutuhkan substrat yang cocok untuk permukaan lantai, yang disebut substrat.

Pilihan yang baik adalah koran, serpihan kulit kayu pinus, dan serpihan kayu poplar.

Hindari menggunakan bahan seperti serutan kayu cedar, tongkol jagung, pasir, tanah, atau serutan pinus. Sobat Exotic juga dapat membeli karpet lembaran berumbai  yang mudah dibersihkan dan dapat didaur ulang untuk lantai.

Apakah Ular Selalu Membutuhkan Suhu Yang Hangat?

Faktanya, tidak semua ular perlu suhu hangat.

Namun, Sobat Exotic perlu menyediakan lampu penghangat yang dipasang di salah satu ujung kandang untuk memvariasikan suhu, hangat di satu ujung dan dingin di ujung lainnya.

Sobat Exotic juga dapat menyediakan bantal pemanas sebagai gantinya jika lampu di atas kepala tidak nyaman tetapi jangan berikan batu panas atau apa pun yang dapat menyebabkan ular terbakar.

Ini adalah beberapa tips dasar untuk Sobat Exotic tetapi Sobat perlu belajar sebanyak mungkin tentang perawatan yang tepat untuk ular peliharaan, jadi Sobat  mungkin ingin membaca  beberapa forum ular dan terhubung dengan pemilik ular lainnya.

Dan ada beberapa buku online yang bagus yang dapat Sobat Exotic unduh untuk mempelajari semua yang perlu Sobat  ketahui secara mendetail, termasuk topik yang berkaitan dengan kesehatan ular dan bahkan cara membiakkan ular  jika itu yang Sobat Exotic inginkan.

Top