Tips Menjaga Kesehatan Iguana

Tips Menjaga Kesehatan Iguana

Untuk menjaga kesehatan iguana, sobat Exotic tidak perlu membawanya jalan-jalan ke taman setiap hari. Ini adalah kegiatan yang akan sobat lakukan untuk hewan peliharaan anjing atau kucing tetapi tidak untuk iguana.

Agar iguana senantiasa sehat, sobat harus memiliki pemahaman dasar tentang kebutuhan hidup mereka. Ditambah dengan banyaknya informasi tentang perawatan iguana, seharusnya tidak ada alasan mengapa reptil peliharaan sobat tidak bisa menjadi lebih besar dan kuat.

Banyak pemilik reptil tidak mengerti bahwa merawat iguana sama sulitnya dengan merawat hewan peliharaan lain. Iguana sama sensitifnya jika pemilik tidak mengerti cara merawat.

Untuk menjaga kondisi iguana tetap sehat, tidak ada perawatan rumit yang dibutuhkan seperti hewan peliharaan lain. Menggunakan kebutuhan dasar yang mungkin tampak tidak penting tapi ternyata sangat penting bagi iguana untuk tetap fit dan sehat.

Menjaga kesehatan iguana

Kebetulan, kebiasaan iguana yang mirip manusia dalam hal pola tidur dan bangun. Di pagi hari, merekaakan aktif dan membutuhkan waktu malam untuk tidur. Ini harus digunakan sebagai pertimbangan ketika memelihara iguana.

Sobat Exotic dapat menemukan kandang portable yang cocok untuk iguana di toko hewan peliharaan. Toko hewan peliharaan atau pedagang online memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk memelihara iguana. Kandang portable ada yang telat di lengkapi dengan lampu pemanas. Sumber panas sangat penting. Beberapa pemilik reptil memilih untuk mematikan lampu di malam hari agar iguana mereka bisa tidur.

Sobat yang ingin memantau suhu kandang, pengatur waktu dapat dipasang sehingga sobat yakin bahwa segala sesuatu tentang iguana mereka tetap teratur.

Perhatikan Jika Ada Perubahan Di Tubuh Iguana

Jika sobat Exotic melihat ada tanda-tanda penyakit penyakit kulit, pertolongan pertama memberikan mereka yodium. Jika iguana terinfeksi, akan ada bintik hitam atau bahkan goresan yang awalnya tidak nampak.

Info Pets Selanjutnya  Infeksi Bakteri Yang Sering Menyerang Kura-kura

Perlu dicatat bahwa jika gejala menjadi lebih buruk. Periksa kembali kondisi hewan peliharaan untuk memastikan penyakit tidak menyebar. Jika tampaknya masalah berlanjut, sobat Exotic perlu bertanya kepada peternak iguana. Mereka ini dapat memberikan saran tentang iguana peliharaan dan mungkin mau memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Sebelum memelihara iguana ini, pastikan sobat sudah memeriksa kesehatan ke dokter hewan dan dapat membeli peralatan yang mereka perlukan.

Menjaga Kesehatan Iguana

Iguana adalah hewan peliharaan yang hebat dan sangat penyayang, mereka akan membuat suasana yang menarik untuk rumah  sobat Exotic. Tapi sangat penting untuk memberi iguana  perawatan dan banyak perhatian. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan dasar-dasar apa yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang cocok untuk iguana peliharaan.

Ukuran

Seperti kebanyakan hewan peliharaan, orang yang jatuh cinta pada baby dari spesies ini dan seringkali tidak terlalu memikirkan ukuran mereka nantinya. Iguana dapat tumbuh hingga lebih dari 2 meter, mulai dari moncong hingga keujung ekor. 

Memilih iguana.

  • Iguana yang sobat Exotic inginkan harus aktif dan waspada dengan mata jernih yang cerah.
  • Carilah segala jenis lecet atau luka.
  • Perhatikan lingkungan kandang mereka, jika tidak bersih atau ada kotoran yang bertebaran, pergilah ke peternak lain. Iguana muda sangat rentan terhadap bakteri berbahaya.

Perawatan Iguana Dasar

Kandang

  • Seekor baby iguana akan baik-baik saja dalam box 50 hingga 100 liter dengan banyak cabang kecil untuk dipanjat.
  • Tapi tak lama kemudian sobat Exotic akan membutuhkan kandang yang lebih besar untuk menampung iguana yang terus tumbuh. Pertimbangan utama untuk kandang adalah tingginya karena iguana adalah arboreal (penghuni pohon) sehingga mereka membutuhkan ruangan untuk melompat-lompat.
  • Lantai kandang harus dilapisi dengan kulit anggrek, karpet atau rumput sintetis. Serutan kayu adalah ide yang buruk karena menarik serangga dan rayap. Jangan pernah menggunakan forest bark karena bisa menjadi racun.
  • Gunakan banyak cabang agar iguana arboreal dapat bergerak. Tapi ingat, cabang pohon harus bisa menopang berat hewan peliharaan.
Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Merawat Iguana Merah

Pemanasan

Iguana berdarah dingin sehingga membutuhkan suhu antara 26 derajat C. Ini akan membantu mereka mencerna makanan dengan baik dan menangkal penyakit.

Sumber panas

  1. Sedangkan di dalam kandang bisa menggunakan lampu sorot konvensional atau alternatif lain adalah heat pad dan pemanas bawah kandang
  2. Sobat Exotic juga membutuhkan termometer yang mahal.

Makanan

  1. Kebanyakan iguana adalah pemakan tumbuhan, jadi jauhi apa pun yang mengandung protein hewani atau junk food karena dapat menyebabkan gagal ginjal.
  2. Penting: Bayam adalah menu yang bagus karena ini bisa menambah nutrisi bagi mereka
  3. Makanan iguana harus kaya kalsium dan vitamin D3 dan memiliki sedikit atau tidak ada kandungan fosfor di dalamnya.
  4. Hindari memberikan pakan iguana siap pakai komersial,  lengkapi pakan dengan beberapa sayuran mentah.

 

Poedjie

Top