Ikan Koi Jepang

Tips Memilih Ikan Koi Jepang Untuk Dibeli

Ikan koi Jepang telah dianggap sebagai salah satu ikan peliharaan paling cantik, pintar dan jinak di dunia. Sebagian besar pemilik kolam lebih menyukai jenis ikan ini karena mudah beradaptasi dengan kondisi cuaca yang berbeda. Ketahanannya terhadap kondisi air yang buruk juga menjadi pertimbangan sebagian besar pecinta ikan karena mudah dipelihara dengan menggunakan alat dan bahan seadanya.

Jenis ikan ini dikategorikan ke dalam berbagai jenis tetapi jenis apa pun yang Sobat Exotic pilih, koi tetap populer karena dikenal dengan warna, sisik dan polanya yang cerah.

Untuk memberi gambaran tentang jenis ikan koi apa yang ingin Sobat Exotic beli, berikut adalah daftar ikan koi Jepang yang dijual bebas di pasaran.

Asagi koi

Dikenal sebagai jenis ikan koi yang memiliki punggung dan perut berwarna biru. Warna sirip dan insangnya mungkin juga memiliki warna yang sama. Sisiknya yang paling terkenal memiliki tepi putih yang melihat pola seperti jaring yang banyak dicari oleh penggemar koi.

Koi hitam

Ini mungkin yang paling unik di antara semua jenis koi karena tidak seperti ikan koi lainnya yang berwarna-warni dan berwarna cerah. Jenis koi ini juga memiliki jenis yang berbeda yaitu: Karasu yaitu jenis dimana tubuh ikan memiliki perut berwarna putih atau jingga. Magoi, jika dilihat dari berbagai sudut kecuali dari atas, mungkin terlihat seperti ikan perunggu. Terakhir, Kumonryu, juga dikenal sebagai “koi ikan naga” karena menyerupai naga dalam lukisan Jepang.

Tancho koi

Ini adalah warna koi dengan bintik merah soliter di kepalanya.

Ogon

Koi jenis ini dianggap sebagai jenis yang paling keren karena warna metaliknya.

Ochiba

Mereka adalah koi biru muda atau abu-abu dengan pola perunggu, tembaga atau kuning seperti daun musim gugur.

Kohaku

Koi jenis ini adalah representasi dari bendera Jepang karena merupakan ikan berwarna putih dengan tanda merah di atasnya. Kohaku berarti merah dan putih dalam bahasa Jepang.

Ini hanyalah beberapa jenis ikan koi Jepang yang dijual bebas di pasaran. Sobat Exotic dapat memilih jenis apa pun yang di inginkan selama kolam Sobat Exotic dapat menampungnya. Pastikan mereka tidak terlalu ramai karena mereka benar-benar dapat tumbuh sepanjang 1 meter.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Dan Budidaya Ikan Splashing Tetra

Jenis Makanan Apa Untuk Koi Sobat Exotic?

Sobat Exotic telah membuat kolam koi yang indah penuh dengan ikan yang sehat dan berwarna cerah. Pertanyaan selanjutnya adalah “Bagaimana cara menjaga kesehatan ikan koi Sobat Exotic?” Kualitas air dan makanan berkualitas tinggi dengan jenis yang tepat dan dalam jumlah yang tepat adalah dua bahan penting untuk menjaga kesehatan ikan koi Sobat Exotic.

Kualitas air berbicara sendiri. Tapi apa yang Sobat Exotic beri sebagai makanan koi Sobat Exotic? Makanan koi adalah jawaban singkat yang bagus. Dan ada banyak jenis pelet ikan komersial yang tersedia. Tetapi jika Sobat Exotic ingin mengetahui jenis pelet komersial apa yang terbaik untuk mereka, Sobat Exotic perlu mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan nutrisi ikan koi.

Ikan koi seperti setiap makhluk hidup lainnya, memiliki kebutuhan makanan yang unik. Namun meskipun kebutuhannya mungkin unik, tidak ada misteri untuk mengetahui apa kebutuhan tersebut. Seekor ikan membutuhkan nutrisi yang sama dengan yang dibutuhkan manusia untuk tetap hidup sehat, yaitu protein dan lemak.

Protein:

Protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat dan menangkal penyakit. Sama seperti manusia, semakin muda koi, semakin banyak protein yang dibutuhkannya. Ada aturan praktis yang sangat baik untuk diikuti. Burayak (sebutan bayi ikan) membutuhkan makanan yang mengandung 50 hingga 70 persen protein.

Bandingkan dengan koi dewasa yang kebutuhan proteinnya hanya 40 sampai 50 persen dari makanannya. Jumlah protein bukan satu-satunya faktor penting. Banyak sekali ahli koi yang percaya ada saat-saat tertentu dalam setahun ketika lebih baik memberi makan protein daripada waktu lainnya.

Teori di balik kepercayaan ini adalah bahwa protein sulit dipecah oleh ikan dibandingkan dengan semua nutrisi lain yang mereka makan. Beberapa ahli merekomendasikan agar koi makan lebih sedikit protein selama bulan-bulan yang lebih dingin dalam setahun dan lebih banyak makan ketika cuaca dan air lebih hangat.

Itu tidak berarti Sobat Exotic tidak boleh memberi makan protein saat cuaca dingin. Sobat Exotic tidak boleh membiarkan konsumsi proteinnya turun di bawah 28 persen dari total makanan. Hal ini dapat mengakibatkan kekurangan gizi yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh mereka dan membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Akuarium Ikan Badut

Lemak:

Apa cerita di balik lemak? Beberapa ahli menyebut nutrisi ini sebagai “lipid”. Sobat Exotic mungkin tidak terlalu familiar dengan istilah lipid seperti halnya Sobat Exotic dengan sinonimnya, lemak, tetapi Sobat Exotic ingat dari kelas kesehatan Sobat Exotic, berikan tubuh Sobat Exotic energi.

Mereka melakukan hal yang sama untuk ikan dan sangat penting untuk menjaga organ dalam dan sel-sel tubuh ikan berfungsi dengan baik.

Sebagai pemilik koi, Sobat Exotic harus berhati-hati saat memberi makan lemak kepada ikan Sobat Exotic. Terlalu banyak makanan yang kaya lemak jenuh, seperti daging babi, sapi, atau bahkan unggas, dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Jika Sobat Exotic memberi makan koi Sobat Exotic lebih banyak lemak daripada yang dibutuhkannya, berat badannya akan bertambah dan timbunan lemak dapat mulai terbentuk. Terlalu sedikit lemak atau lipid juga dapat menyebabkan hasil yang tidak diinginkan pada tubuh dan ikan Sobat Exotic akan tampak kurus, kecil, dan warnanya mungkin memudar.

Kesehatan ikan koi bergantung pada pasokan lemak tak jenuh yang cukup. Sebagian besar makanan ikan koi komersial di pasaran saat ini mengandung lemak antara lima dan delapan persen yang dianggap sebagai jumlah yang tepat.

Jika Sobat Exotic memiliki ikan koi, perlu diingat bahwa ikan memiliki kebutuhan makanan seperti halnya manusia. Sobat Exotic tidak bisa membiarkannya bertahan sendiri di kolam yang mungkin tidak memiliki variasi makanan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan menjaga agar warna tersebut tidak memudar.

Jika Sobat Exotic berencana memberi makan ikan baru Sobat Exotic makanan yang disiapkan secara komersial, Baca labelnya dan pastikan Sobat Exotic membeli produk yang diproduksi khusus untuk koi dan memiliki jumlah protein dan lemak yang tepat. Kesehatan ikan Sobat Exotic tergantung padanya.

Trik Pemeliharaan Ikan Koi

Saat Sobat Exotic berencana memelihara ikan Koi di rumah, banyak pertanyaan yang mungkin muncul di benak Sobat Exotic tentang pemeliharaan dan perawatannya. Berikut adalah daftar pertanyaan umum tentang pemeliharaan ikan Koi.

Berapa Ukuran Kolam Ikan Koi Yang Ideal?

Sobat Exotic harus mempertimbangkan membangun kolam 1.000 liter untuk sepasang Koi pertama dan 500 liter untuk masing-masing ikan yang ditambahkan setelahnya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat 2 Jenis Ikan Tetra

Mengapa Ukuran Kolam Koi Harus Besar?

Koi bisa tumbuh hingga ukuran 1 meter. Jenis ikan ini gemar berenang terus-menerus dan juga membuat banyak kekacauan. Jadi dengan semua pertimbangan ini, kolam yang lebih besar selalu lebih baik.

Berapa Umur Koi?

Koi rata-rata dapat hidup hingga 90 tahun. Namun ada catatan yang menunjukkan ikan Koi mampu hidup hingga 400 tahun.

Bisakah Mememilahara Koi fdi Akuarium?

Ini bukan ide bagus. Ukurannya tumbuh sangat besar, lebih dari ikan kolam lainnya. Mereka menghasilkan banyak kotoran yang mungkin tidak dapat ditangani oleh filter Akuarium biasa.

Apakah Membutuhkan Pemanas Kolam?

Koi adalah ikan air dingin sehingga tidak diperlukan pemanas.

Saya Memelihara Koi diAkuarium. Sekarang Apa Yang Harus Dilakukan?

Ini akan memperpendek umur koi. Yang terbaik adalah mempertimbangkan untuk membuat kolam jika memungkinkan atau memberikan ikan kepada seseorang yang memiliki kolam. Opsi terakhir adalah mengembalikannya ke toko ikan tempat Sobat Exotic membeli.

Berapa Lama Waktu Penggantian Air Kolam?

Biasanya Sobat Exotic harus membersihkannya setiap minggu dengan kecepatan 50 persen per minggu. Jika kolam Sobat Exotic mendapatkan pasokan air alami secara terus menerus, maka perubahan air tersebut tidak diperlukan.

Dimana Tempat Membeli Koi?

Jika Sobat Exotic dapat mengimpornya langsung dari Jepang, ini akan menjadi hal terbaik. Namun jika Sobat Exotic dapat menemukan peternak lokal, Sobat Exotic juga dapat membeli darinya. Satu-satunya hal yang harus Sobat Exotic pastikan adalah membeli dari peternak berpengalaman.

Jika Sobat Exotic membeli dari peternak, Sobat Exotic dapat yakin dengan kondisi Koi.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ikan Koi Sakit?

Website Exotic Market Indonesia adalah tempat yang baik untuk mencari solusi. Amati gejalanya dan lakukan pencarian yang sesuai. Sobat Exotic juga dapat memposting pertanyaan untuk mendapatkan panduan. Hal pertama yang harus dilakukan saat melihat ikan Koi sakit adalah mengisolasinya. Sobat Exotic harus memberi makan ikan sampai perawatan selesai.