Tips Membuat Kolam Koi

Kolam koi yang indah bisa menjadi oasis dan membuat indah lingkungan sekitar. Membangun kolam koi sepertinya merupakan pekerjaan besar, yang bisa mengintimidasi. Berikut adalah Tips yang harus Sobat Exotic ketahui sebelum memulai proyek pembuatan kolam koi Sobat Exotic.

Lokasi Kolam Koi

Pilih lokasi yang mendapat sinar matahari dan bayangan. Sinar matahari mendorong pertumbuhan tanaman, tetapi mendorong pertumbuhan alga. Naungan teduh juga memberi koi Sobat Exotic area yang sejuk dan gelap untuk bersembunyi. Jika Sobat Exotic harus membangun kolam di bawah sinar matahari penuh, pertimbangkan untuk membangun semacam peneduh.

Mudah Melihat Kolam

Setelah Sobat Exotic memilih lokasi, buat garis besar area berukuran 6×8 dengan selang taman untuk menentukan kolam Sobat Exotic. Mundur dan periksa lokasi dari berbagai sudut pandang. Apakah kolam akan terlihat dari kamar belakang, jendela dapur atau di mana pun Sobat Exotic berencana untuk memandang kolam Sobat Exotic?

Ukuran Kolam

Ukuran kolam Sobat Exotic bersifat estetika sekaligus bisa menjadi masalah dalam pemeliharaan. Semakin besar ukuran kolam semakin banyak kebutuhan pemeliharaan. Kolam ukuran minimum adalah 1000 liter ( 5x6x4D) A 1500 Liter ( 7x9x4D) memungkinkan untuk pertumbuhan ikan. Kolam berukuran 2500 Liter ( 12x7x4D) adalah ukuran maksimum untuk pecinta koi.

Keamanan Kolam

Kedalaman minimum harus tidak kurang dari 1 meter. Ini akan menjaga ikan koi Sobat Exotic dari pemangsa. Musang dan burung yang lebih besar seharusnya tidak menimbulkan masalah pada kedalaman kolam ini.

Populasi Kolam Koi

Koi kecil cantik yang Sobat Exotic pelihara di kolam akan tumbuh besar. Koi biasanya tumbuh hingga 15 hingga 20 cm dalam satu tahun, dan 60 cm hingga 1 meter dalam 8 hingga 12 tahun. Harapan hidup rata-rata mereka adalah 90 tahun. Bergantung pada kualitas air dan pemeliharaan kolam, mereka diketahui mamu hidup selama 300 tahun. Jangan terlalu banyak mengisi kolam Sobat Exotic dengan ikan dan berikan ruang untuk pertumbuhan.

Desain Kolam

Kolam dengan dasar yang rata akan membutuhkan lebih banyak perawatan serta tidak menyediakan tempat bagi ikan Sobat Exotic untuk bersembunyi. Desain yang bagus adalah seperti semangka yang dipotong setengah memanjang. Kelengkungan bagian bawah yang lambat akan menyebabkan puing-puing mengalir ke penyaringan air.

Desain yang menguntungkan desain yang disebutkan di atas dengan area tengah cembung dengan area yang lebih dalam di kedua sisinya. Desain ini terlihat bagus dan akan membantu memastikan lingkungan yang sehat dan membantu puing-puing mencapai saluran pembuangan kolam.

Tanaman Kolam

Tumbuhan menambah keindahan dan membantu ekosistem yang sehat untuk ikan koi Sobat Exotic. Tanaman menyerap nitrat yang akan menumpuk di kolam Sobat Exotic. Tanaman harus ditempatkan di rak kecil di kedua ujung kolam Sobat Exotic. Rak harus dalam untuk mencegah predator.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal¬†Akuarium Air Asin

Pemeliharaan Kolam

Kolam yang dirancang dengan baik akan membutuhkan waktu sekitar satu jam perawatan dalam seminggu. Sobat Exotic perlu menguji air, memberi makan ikan dan mengganti filter, dll. Sobat Exotic perlu menyediakan waktu dan mengatur jadwal rutinitas Sobat Exotic.

Aerasi Kolam

Sobat Exotic perlu menyediakan aerasi untuk lingkungan yang sehat bagi ikan koi. Salah satu caranya adalah dengan membeli setelan air mancur yang indah, juga akan menambah oksigen ke kolam. Cara lainnya adalah membangun air terjun berjenjang dari batu. Kedua cara ini akan memberikan ekosistem yang sehat untuk ikan koi dan menambah keindahan kolam Sobat Exotic.

Kualitas Air Kolam

Desain kolam dan kualitas air adalah dua faktor terpenting dalam keberhasilan kolam koi. Ingat bahwa kolam koi adalah 90% air. Kualitas air tergantung pada filtrasi. Tingkat perputaran sistem harus disetel untuk dua jam.

Tingkat perputaran adalah jumlah waktu yang dibutuhkan oleh volume air di kolam Sobat Exotic untuk melakukan perjalanan melalui sistem. Tingkat perputaran air juga akan menentukan waktu tinggal di ruang filter. Dua menit adalah waktu yang terbaik untuk filter bio dalam menghilangkan kontaminan.

Konstruksi dan Biaya Kolam Koi

Dua metode konstruksi utama adalah beton dan pelapis karet

Beton adalah pilihan yang lebih permanen yang menambah nilai properti Sobat Exotic. Keuntungannya adalah menghasilkan dinding halus yang membantu perawatan dan daya tahan. Kerugiannya adalah pH yang lebih tinggi dari normal dan faktor biaya.

Konstruksi liner karet tidak permanen tetapi lebih murah. Keuntungannya adalah Sobat Exotic dapat mengubah desain jika perlu dan lebih mudah untuk dikerjakan.  Kekurangannya adalah tidak permanen dan liner bisa bocor setelah beberapa tahun.

Kualitas air dan desain yang tepat adalah elemen kunci untuk membangun kolam koi yang sukses.

Sobat Exotic Membutuhkan Tanaman Untuk Kolam Koi

Hal pertama yang perlu Sobat Exotic ketahui tentang tanaman kolam Koi adalah apakah Sobat benar-benar membutuhkannya atau tidak. Mereka membutuhkan sedikit kerja tetapi memberikan banyak manfaat.

Pertama-tama, tanaman membantu menjaga kolam Sobat Exotic tetap bersih, seimbang dan bebas alga. Tanaman di kolam Sobat Exotic memakan nutrisi yang tidak diinginkan seperti kotoran ikan dan nitrogen. Ini adalah bahan yang sama yang memberi makan alga dan memungkinkannya berkembang. Karena tanaman ganggang dan kolam Koi bersaing untuk makanan yang sama dan tanaman kolam lebih tinggi pada rantai makanan, tanaman ini membuat pertumbuhan alga baru menjadi kelaparan.

Kombinasi terbaik untuk kolam Koi Sobat Exotic adalah banyak tanaman hidup & penyaringan yang baik & jumlah ikan yang minimal = ekosistem yang sehat, akan menghasilkan kolam yang bersih.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Ikan Silvertip Tetra

Beberapa alasan lain mengapa Sobat Exotic membutuhkan tanaman untuk kolam Koi antara lain:

Mereka menyediakan perlindungan untuk Ikan Koi, sehingga mencegah hal-hal seperti sengatan matahari dan predasi dari burung. Burung dengan penglihatan yang tajam tidak memiliki masalah menemukan Koi Sobat Exotic yang berwarna-warni dan menukik untuk mengeluarkannya dari kolam.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, tanaman membantu mengurangi masalah ganggang.

Tanaman kolam membantu menurunkan suhu air kolam sehingga juga menurunkan perbedaan antara suhu siang dan malam dikolam. Ini membantu mengurangi tekanan lingkungan pada Koi.

Manfaat lainnya adalah mereka membantu menurunkan tingkat penguapan.

Tanaman juga akan menyediakan area teduh yang bagus untuk ikan Sobat Exotic bersantai.

Tanaman di kolam Sobat Exotic juga membantu menjaga agar ikan cukup makan. Mereka melakukan ini dengan dua cara. Pertama, mereka menjebak beberapa makanan ikan terapung, memberi Koi Sobat Exotic kesempatan lagi sebelum pembersih kolam mendapatkannya.

Kolam Koi

Kedua, karena Koi adalah pemakan yang rakus, tanaman itu sendiri menyediakan sumber makanan segar bagi mereka. Apa pun yang Sobat Exotic lakukan, Sobat harus merencanakan untuk mengganti beberapa tanaman secara berkala.

Tanaman kolam juga memberikan perlindungan yang sangat baik untuk benih Koi (bayi Koi). Meskipun Sobat Exotic mungkin tidak berencana membesarkan bayi apa pun, mereka tetap akan lahir dan memiliki tanaman kolam memastikan bahwa setidaknya beberapa dari benur ikan koi akan bertahan hidup.

Beberapa tanaman di kolam Sobat Exotic akan (dan seharusnya menjadi) tanaman oksigenator. Tanaman terbaik untuk pertumbuhan cepat dan penyaringan air terbaik adalah eceng gondok. Tanaman oksigenator adalah tulang punggung dari tujuan akuakultur. Mereka menyaring kontaminan dari air dan menghasilkan oksigen baru.

Kehidupan tanaman di kolam Sobat Exotic akan menciptakan latar belakang yang indah untuk ikan koi yang penuh warna dan elegan.

Seperti yang Sobat Exotic lihat, ada banyak alasan bagus mengapa Sobat Exotic harus menginvestasikan waktu dan uang Sobat Exotic untuk memelihara tanaman di kolam Koi.

Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Kolam Koi

Sebagian besar pemelihara kolam, ingin memelihara beberapa tanaman di kolam Koi agar terlihat alami dan dapat menyatu dengan taman secara keseluruhan. Namun ikan Koi dan tanaman air umumnya tidak cocok karena Koi memakan tanaman atau kemungkinan besar akan mengganggu tanah tempat tanaman itu tumbuh.

Berikut contoh tanaman yang berhasil dipelihara bersama Koi.

Kuping Gajah atau Talas (Alocasia Macrorrhiza)

Kuping Gajah atau Talas merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Ini adalah tanaman relatif besar dengan daun besar yang tumbuh dengan baik di pot besar yang ditempatkan di bagian dangkal kolam Koi, dengan pot setengah atau hampir seluruhnya terendam air.

Info Pets Selanjutnya  Trik Memelihara Dan Budidaya Ikan Tetra Paraguay

Talas menyebar melalui pengisap kecil yang tumbuh di sisi tanaman besar. Tanaman dewasa dapat tumbuh setinggi 1 meter atau lebih dan memiliki daun yang panjangnya lebih dari beberapa meter.

Pandan (pandanus amaryllifolius)

Tanaman pandan wangi banyak ditemukan di Indonesia dan merupakan tanaman yang baik untuk tumbuh di kolam Koi Sobat Exotic. Dapat ditanam di tanah atau di air (hidroponik), sehingga cocok untuk kolam Koi. Tanaman pandan tumbuh dengan mudah, menyerap nitrat dari air.

Daunnya bisa dipanen setiap beberapa bulan sekali. Daunnya mengeluarkan aroma yang harum dan digunakan secara luas sebagai penyedap masakan dan pembuatan kue. Percaya atau tidak, daunnya juga bisa digunakan sebagai pengusir kecoa. Tanpa bahan kimia buatan, semuanya alami.

Teratai (Nelumbo)

Tanaman teratai dapat ditanam dalam pot yang diletakkan di bagian kolam Koi yang dangkal. Lindungi bagian atas pot dengan batu besar untuk mencegah Koi besar menggali tanah dan mengacaukan air. Tanaman ini memiliki dua jenis daun.

Daun tanaman teratai muda mengapung di permukaan air, tetapi daun dari tanaman yang lebih tua tumbuh jauh di atas permukaan air. Tanaman menghasilkan bunga berwarna merah muda dengan stok panjang di atas air. Seperti bunga lili air, teratai membutuhkan pemberian nutrisi secara teratur dengan pupuk agar tetap berbunga.

Biaya Membuat Kolam Koi

Biaya untuk membuat kolam koi bervariasi tergantung pada ukuran, lokasi, dan desain kolam yang diinginkan. Biaya yang harus diperhitungkan termasuk:

  1. Biaya pembelian tanah atau lokasi: Biaya ini akan bervariasi tergantung pada lokasi dan ukuran lahan yang dibutuhkan untuk kolam.
  2. Biaya pembuatan kolam: Biaya ini termasuk biaya untuk membuat dinding kolam, instalasi sistem filter, dan pemasangan peralatan lain yang dibutuhkan.
  3. Biaya pembelian ikan koi: Biaya ini akan bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan jumlah ikan yang dibeli.
  4. Biaya perawatan: Biaya ini termasuk biaya untuk menyediakan makan ikan, membersihkan kolam, dan melakukan perawatan lain yang dibutuhkan.

Secara umum biaya membuat kolam koi bisa mulai dari beberapa ratus ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada ukuran dan desain yang diinginkan. Sebaiknya Sobat Exotic melakukan pengecekan dan perbandingan dengan beberapa pembuat kolam untuk mendapatkan estimasi biaya yang tepat.