Tips Mudah Membuat Kandang Iguana

Tips Mudah Membuat Kandang Iguana

Kandang iguana seperti apa yang dibutuhkan agar peliharaan nyaman di penangkaran? Iguana membutuhkan area untuk dapat berkeliaran dengan bebas, tetapi iguana juga senang dengan kandang yang panjang, luas dan aman.

Kadal iguana merupakan hewan berdarah dingin dan membutuhkan panas setiap hari agar tetap hangat. Iguana memanfaatkan cahaya sinar matahari untuk mendapatkan kehangatan. Oleh karena itu, sobat Exotic harus bisa mensuplai kandang dengan kebutuhan tersebut.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah menggunakan lemari yang tidak terpakai, kosong atau kotak kayu, meskipun membutuhkan waktu lebih lama untuk menggantinya dengan kandang yang sesuai.

Jadi bagaimana sobat Exotic membuat kandang iguana yang sesuai? Di bawah ini adalah berbagai opsi yang dapat sobat gunakan :

Loker bekas adalah pilihan. Loker bekas harus cukup besar untuk ditinggali kadal. Meski sempit dengan kedalaman hanya 60 sentimeter namun tetap dapat berfungsi karena cukup tinggi.

Jual Kandang Iguana

Namun, loker dengan panjang yang terbatas cukup cocok untuk iguana betina tetapi iguana jantan harus kandang yang terpisah. Ketika iguana peliharaan berinteraksi secara teratur setiap hari, dapat menciptakan ikatan kepercayaan antara iguana dengan pemiliknya.

Jika iguana sobat Exotic tinggal di kandang terbuka tetapi menerima panas matahari yang sangat sedikit, mungkin sulit bagi iguana  untuk mempertahankan tingkat suhu yang ideal dan, pada gilirannya membuat mereka lemah.

Itu sebabnya loker cukup efisien. Memiliki wadah air sederhana sehingga iguana sobat dapat memiliki lingkungan yang terkontrol sempurna dengan suhu yang tepat. Bagian yang paling bermasalah adalah pembuangan kotoran dan drainase air masuk dan keluar dari kandang. Menjaga kandang agar tetap aman dan bersih cukup menjadi tantangan besar bagi sobat Exotic.

Info Pets Selanjutnya  Mencegah Kematian Iguana Karena Suhu Yang Panas

Hindari banyak ruang untuk iguana bersembunyi, ini dapat menyebabkan iguana tidak terkena panas matahari. Yang terbaik adalah membuat sedikit tempat untuk iguana bersembunyi.

Kandang iguana buatan sobat harus memiliki palang bundar dan rak paling atas. Sobat dapat menggantung lampu di atap. Ini adalah pilihan sobat exotic untuk memanfaatkan ruang terbatas untuk meletakkan kandang iguana

.

Saat memutuskan untuk menggunakan lemari sebagai kandang iguana, perlu diingat bahwa selain menjaga kandang tetap hangat, juga mengatur sirkulasi udara. Saat itulah sobat Exotic dapat menempatkan pintu jala/kasa atau meletakkan kaca plexiglass pada ventilasi udara.

Ini hanya contoh ide yang dapat sobat Exotic gunakan dalam mengubah loker yang tidak terpakai menjadi kandang iguana. Tambahkan semua yang sobat butuhkan ke kandang iguana, selama hewan peliharaan sobat nyaman, iguana peliharaan sobat akan hidup lebih lama.

Apa yang dibutuhkan iguana untuk bertahan hidup? Kandang yang tepat, makanan, air, sinar matahari dan perhatian dari sobat Exotic.

Tips Tambahan Dalam Membangun Kandang Iguana

Untuk membuat kandang iguana berikut adalah beberapa tips tambahan.

1. Untuk membangun kandang iguana, sobat Exotic harus mencari ruang yang aman dan luas. Ruangan besar atau lemari besar bisa menjadi tempat terbaik. Sediakan cabang dan tanaman buatan di mana Iguana dapat menggantung dan memanjat. Jika iguana apeliharaan masih berusia muda maka sobat harus memastikan ukuran kandang iguana yang sesuai. Kandang yang dibangun untuk iguana harus kecil tanpa lubang. Ketika iguana sudah terbiasa dengan kandang barunya maka sobat dapat memperluas area untuk iguana.

2. Sirkulasi udara juga merupakan faktor penting yang diperhatikan saat membangun kandang iguana. Sirkulasi udara yang tepat diperlukan untuk kandang iguana, gunakan pengaturan udara di dalam kandang dengan memasang kipas senyap. Dengan ventilasi yang baik kandang iguana akan tetap aman dari jamur. Untuk menghilangkan masalah jamur dari dinding, sobat harus mencuci dinding kandang dengan menggunakan pemutih dan air.

Info Pets Selanjutnya  4 Jenis Reptil Yang Ada Di Dunia

3. Jika memiliki hewan peliharaan seperti iguana maka sobat Exotic harus menggunakan bantal pemanas untuk menghangatkan iguana. Bohlam watt rendah harus digunakan dengan memasang bohlam 125 watt di dinding kandang.

4. Biarkan iguana beradaptasi terlebih dahulu dengan kandang baru. Ketika mengubah lingkungan kandang maka iguana peliharaan mungkin akan mengalami trauma atau melukai diri mereka sendiri. Reaksi dari iguana adalah menggosok dan menggaruk dinding ketika menempatkan iguana di lingkungan baru. Iguana peliharaan akan lebih menikmati saat sobat tinggal lebih lama. Jika memiliki hewan peliharaan iguana maka sobat harus menghabiskan banyak waktu dengan hewan peliharaan  sampai mereka terbiasa dengan lingkungan baru.

5. Bila  memiliki hewan peliharaan seperti iguana maka sobat harus berhati-hati dengan sambungan listrik. Kabel listrik harus ditempatkan dengan sangat hati-hati di area yang tidak dapat dijangkau oleh iguana.

6. Hama dan hewan liar harus dijauhkan dari iguana. Sobat juga harus menyediakan makanan segar. Kandang iguana harus dibersihkan agar iguana tetap sehat.

Membangun kandang untuk hewan peliharaan iguana  bisa menjadi sederhana dan menyenangkan. Dengan mengikuti semua langkah di atas, Sobat Exotic dapat membangun kandang yang sempurna untuk iguana.

 

 

Top