Kura-kura Darat: Tips Membeli dan Memelihara

Kura-kura Darat: Tips Membeli dan Memelihara

Jika sobat Exotic memutuskan untuk membeli baby kura-kura darat sebagai hewan peliharaan. Sama seperti hewan peliharaan lainnya, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memiliki kura-kura. Tortoise adalah kura-kura yang hidup di darat dan juga termasuk dalam keluarga reptil. Kura-kura darat memiliki cangkang seperti penyu. Mereka memiliki kerangka eksternal dan kerangka endo. Bagian atas cangkang disebut karapas dan bagian bawah disebut plastron. Kura-kura darat aktif di siang hari dan merupakan hewan yang sangat pemalu.

Kura-kura darat adalah makhluk yang sangat unik, tetapi kebutuhan nutrisi-nya tidak sama dengan hewan lain,  spesies yang berbeda memiliki makanan yang berbeda. Kura-kura darat makan dalam jumlah besar dan sobat Exotic harus memperhatikan keseimbangan kalsium dan protein dalam makanan mereka. Kura-kura darat sensitif terhadap perubahan suhu. Biasanya yang terbaik adalah membawa masuk kura-kura darat pada malam hari. Saat cuaca dingin, letakkkan kura-kura darat dalam kandang indoor.

Sedangkan untuk kandang, bisa dibangun kandang di halaman rumah. Kandang kura-kura darat harus kuat, karena beberapa jenis kura-kura darat memiliki tenaga besar untuk menggali tanah. Kura-kura darat juga reptil yang sangat kuat, dapat dengan mudah mematahkan pagar yang lemah. Beberapa jenis kura-kura darat adalah pemanjat yang baik, jadi kandang juga harus memiliki atap. Ini juga melindungi mereka dari bahaya lain seperti gigitan anjing, serangan burung, dan sebagainya. Periksa juga apakah ada kemungkinan ancaman terhadap kura-kura darat di dalam kandang itu sendiri. Beberapa tanaman berbahaya jika dimakan oleh kura-kura darat, jadi hanya tanaman yang dapat dimakan yang harus ditanam.

kura-kura darat

Sobat Exotic juga perlu menyediakan kolam air mineral, tetapi airnya harus dangkal agar kura-kura darat tidak tenggelam di dalamnya. Tidak seperti turtle/kura-kura air, kura-kura darat bukanlah atlit renang.

Info Pets Selanjutnya  Iguana - Perilaku dan Cara Perawatan

Beberapa spesies kura-kura darat bisa  tumbuh sangat besar, jadi faktor ini juga harus diperhitungkan saat membangun kandang kura-kura darat. Hal ini harus diperhatikan sebelum membeli kura-kura darat. Spesies yang berbeda tumbuh dengan ukuran yang berbeda; Ada kebiasaan makan yang berbeda, kondisi hidup dan penyesuaian suhu. Perlu juga diingat bahwa jenis kura-kura darat tertentu membawa berbagai macam parasit, yang juga dapat berbahaya. Jadi, saat sobat Exotic berpikir untuk membeli kura-kura darat, pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh di dokter hewan.

Kura-kura darat suka menyendiri. Jangan mencampurnya dengan hewan peliharaan lain dan jangan menyatukan dua kura-kura darat jantan karena mereka dapat berkelahi dan melukai satu sama lain. Kura-kura darat memiliki umur yang sangat panjang; Mereka bisa hidup hingga tiga ratus tahun. Ada kemungkinan bahwa kura-kura darat peliharaan akan berumur lebih lama dari pemiliknya, jadi ketika sobat Exotic membeli kura-kura darat, siapkan komitmen seumur hidup dalam memelihara kura-kura cantik ini.

Cara Menyediakan Kandang Kura-kura Darat Yang Sehat

Jika berencana memelihara kura-kura, sobat Exotic perlu memikirkan beberapa hal yang sangat penting sebelum membuat komitmen besar untuk membeli kura-kura darat. Berikut adalah beberapa masalah yang harus diketahui tentang kesehatan dan kesejahteraan kura-kura dan cara memeliharanya.

Untuk menjaga lingkungan yang sehat untuk chelonian, Sobat harus melakukan sedikit riset, baik secara online atau melalui membaca buku referensi tentang masalah tersebut. Pastikan teks yang di pilih memiliki otoritas karena ada beberapa yang ditulis dengan buruk dan terus terang beberapa berisi banyak saran yang bertentangan dan salah.

Jadi apa yang harus sobat Exotic cari?

1. Jenis kura-kura yang akan dipelihara. Mempertimbangkan dengan siapa sobat tinggal, apakah ada anak kecil atau hewan lain seperti kucing atau anjing. Jika memilih untuk menambahkan kura-kura darat ke dalam campuran yang sudah kuat ini, sobat harus menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk ditinggali karena meskipun kura-kura memiliki cangkang yang keras, mereka dapat dengan mudah terluka oleh balita yang terlalu antusias atau kucing dan  anjing yang penasaran.

Info Pets Selanjutnya  Bunglon Parson Yang Besar dan Cantik

2. Untuk memilih spesies yang tepat, sobat Exotic harus mempertimbangkan ukuran maksimal ketika kura-kura mulai dewasa, jenis kandang apa yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan jenis makanan apa yang dibutuhkannya? Masalah-masalah ini mungkin pada pandangan pertama tampak sederhana tetapi jika salah, sobat dan kura-kura darat peliharaan mungkin menuju bencana. Beberapa tanaman memiliki efek beracun bagi kura-kura dan jika berencana menyediakan kandang luar, Sobat harus mengetahui jenis tanaman yang tumbuh di kebun.

3. Pastikan kandang cukup besar untuk kura-kura darat berkeliaran, menggali dan bersembunyi agar tidak menjadi stres dan sakit. Kandang kelinci kecil yang tersedia secara komersial tidak akan menyediakan lingkungan yang tepat. Jika benar-benar ingin tahu tentang kura-kura dan apa yang mereka butuhkan di kandang buatan mereka, Sobat harus mengetahui lingkungan alami mereka. Jika mencoba untuk meniru ini semirip mungkin, sobat tidak akan salah besar.

4. Semua kura-kura darat perlu memiliki ruang di kandang mereka untuk bersembunyi. Jika memutuskan untuk menggunakan vivarium kaca,tutupi tiga sisi kaca untuk menyediakan area privasi.

Ini hanyalah gambaran singkat dari beberapa hal yang harus sobat Exotic pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli kura-kura darat. Saran terbaik adalah selalu melakukan penelitian terlebih dahulu tentang spesies kura-kura darat pilihan dan kemudian menyediakan habitat alami semirip mungkin untuk kura-kura peliharaan. Jika melakukannya, Sobat Exotic akan memiliki kura-kura darat peliharaan seumur hidup dan menjadi ahli dalam segala hal tentang kura-kura darat dan kebutuhan mereka.

 

Ivan

Info Pets Selanjutnya  Tips Mudah Membuat Kandang Iguana
Top