Cara Budidaya Ikan Koi

Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Koi

Pada tahap tertentu, jika Sobat Exotic memiliki kolam Koi, Sobat mungkin tertarik untuk budidaya ikan Koi. Meskipun Sobat Exotic sudah familiar dengan proses budidaya ikan akuarium, perlu diingat bahwa pembibitan Koi memerlukan pertimbangan tambahan karena ukurannya yang cukup besar.

Usia optimal untuk pembibitan Koi adalah enam hingga delapan tahun untuk betina dan dua hingga tiga tahun untuk jantan. Betina di luar kelompok umur ini dapat menghasilkan telur yang memiliki dinding telur yang sangat tipis, sehingga menghambat kelangsungan hidup atau mereka dapat menghasilkan sel telur dengan dinding yang terlalu tebal sehingga menghambat pembuahan oleh sperma.

Mengetahui usia optimal untuk pembibitan Koi, kini Sobat Exotic dapat memilih Koi yang ingin Sobat Exotic kembangkan. Spesimen jantan dan betina harus menyatukan kembali karakteristik fisik yang ingin Sobat Exotic kembangkan.

Setelah pasangan indukan yang beruntung telah dipilih, Sobat Exotic harus memisahkan masing-masing dari anggota lawan jenis untuk jangka waktu empat hingga delapan minggu. Selama periode waktu ini, pastikan setiap anggota untuk pasangan diberi makan dengan baik.

Karena pemberian makan Koi paling sering dan banyak selama musim kemarau, disarankan agar proses seleksi dimulai menjelang akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Gunakan pola iklim di wilayah geografis Sobat Exotic untuk menentukan waktu terbaik untuk budidaya Koi.

Siapkan Kolam Budidaya

Setelah masa pemisahan jenis kelamin selama empat hingga delapan minggu, Koi jantan dan betina akan siap ditempatkan di Kolam pemijahan. Kolam pemijahan adalah wadah air yang terisolasi. Juga dikenal sebagai Kolam budidaya, ini harus mampu menampung minimal 2000 liter air.

Air dalam Kolam budidaya harus memiliki tingkat pH netral. Yang terbaik adalah mengisi Kolam dua hari sebelum menambahkan Koi yang akan dibiakkan. Pastikan untuk menyediakan Kolam ini dengan banyak aerasi air.

Biarkan pompa bekerja di Kolam budidaya selama periode dua hari sebelum menambahkan ikan.

Langkah terakhir sebelum menambahkan pasangan Koi ke Kolam budidaya adalah menempatkan dedaunan pemijahan yang memadai di dalam Kolam. Ini bisa berupa eceng gondok atau stek willow. Sarang pemijahan juga bisa digunakan.

Sarang yang terbuat dari bahan sintetis yang dibentuk menjadi bulu. Tujuan dari bahan ini adalah untuk memberikan permukaan agar telur dapat menempel. Jika menggunakan bahan sarang alami, tetap waspada terhadap larva capung. Mereka tidak berbahaya bagi Koi dewasa tetapi bisa mematikan bagi benih Koi.

Masukkan Kedua Indukan Koi

Sekarang, Sobat Exotic siap menambahkan Koi jantan dan betina ke Kolam budidaya.

Tambahkan betina beberapa jam atau sehari penuh sebelum memasukkan pejantan untuk memungkinkannya menyesuaikan diri dengan Kolam pembiakan. Kebanyakan pemijahan Koi terjadi pada malam hari atau dini hari. Jika memungkinkan, pantau Kolam budidaya dengan menggunakan CCTV. Proses pemijahan bisa agak kasar dengan pejantan benar-benar menabrak Koi betina di sisi Kolam. Hal ini dilakukan agar sang betina bisa mengeluarkan sel telur sekaligus mengeluarkan spermanya.

Pantau situasi untuk memastikan bahwa betina tidak terluka dalam proses ini. Jika Sobat Exotic mendeteksi cedera apa pun, segera keluarkan betina dan tempatkan dia di Kolam penampungan sendiri.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Akuarium Ikan Badut

Tindakan pemijahan awal biasanya diikuti dengan pemijahan berikutnya yang dilakukan untuk membantu melepaskan telur yang tersisa dari betina. Setelah pemijahan awal, kedua ikan dapat mundur ke ujung Kolam yang berlawanan.

Dalam satu jam, mereka akan terlibat dalam sesi lain. Setelah sesi kedua ini atau 120 menit setelah pemijahan awal jika sesi kedua tidak terjadi, pindahkan setiap ikan ke Kolam penampungan masing-masing. Biarkan mereka beristirahat di Kolam penampungan masing-masing selama 48 hingga 70 jam sebelum memperkenalkannya kembali ke populasi umum.

Hal ini memungkinkan betina kehilangan aroma pemijahan yang mungkin membuat pejantan di kolam menjadi liar. Hal ini juga memungkinkan pejantan untuk meregenerasi lapisan pelindung minyak pada sisiknya yang biasanya dihilangkan selama proses pemijahan.

Keluarkan Indukan Dari Kolam

Untuk sementara, sebelum memindahkan setiap Koi ke Kolam penampung, kemungkinan besar mereka akan mulai memakan telurnya. Ini normal dan seharusnya tidak menjadi perhatian Sobat Exotic. Selama 60 – 90 menit mereka bersama telur, mereka hanya bisa memakan sebagian kecil dari 120.000 telur yang dilepaskan dalam rata-rata pemijahan.

Meskipun demikian, meninggalkannya dengan telur lebih lama dari itu tidak dianjurkan.

Telur akan terlihat jelas dan tampak berwarna kehijauan. Dalam tiga hari Sobat Exotic akan dapat mendeteksi mana yang telah dibuahi karena mereka akan terlihat jelas. Yang tidak dibuahi akan tampak keruh. Pada hari keempat atau kelima, embrio Koi yang bergerak dapat dideteksi di dalam setiap telur. Pada hari keenam benih Koi muda akan menetas.

Burayak Koi membutuhkan waktu empat bulan untuk mencapai panjang tiga hingga empat cm. Sebelumnya, mereka harus dipelihara di Kolam mereka sendiri. Kolam budidaya dapat digunakan untuk tujuan ini, pastikan sistem penyaringan tidak membahayakan benih Koi muda.

Memberi makan benih Koi selama dua minggu pertama kehidupannya terdiri dari pakan udang air asin, kutu air, kuning telur Gerber dan makanan Koi bubuk. Pada minggu ketiga, makanan Koi yang dihancurkan bisa menjadi porsi utama makanan mereka.

Pisahkan Burayak Koi Berdasarkan Ukuran

Ada kemungkinan Sobat Exotic akan memiliki 20.000-40.000 burayak Koi dari hasil budidaya. Pemisahan diperlukan untuk membuat grup lebih mudah dikelola. Beberapa peternak secara otomatis menyisihkan setengah dari burayak sejak hari pertama.

Seleksi alam akan semakin memperkecil ukuran.

Lebih Detail Memahami Cara Budidaya Ikan Koi

Seperti kebanyakan indukan, koi membutuhkan privasi untuk dikawinkan.

Privasi koi. Seorang peternak koi hanya membutuhkan dua jantan dan betina untuk pemijahan yang optimal. Ketika saatnya betina bertelur, koi jantan akan menggosok, menyenggol atau bahkan memukul perutnya untuk membantu mengeluarkan telurnya. Privasi tidak hanya untuk memaksimalkan pemijahan, tetapi juga untuk menjaga stok induk Sobat Exotic yang sangat baik untuk beberapa musim kawin lagi.

Pemijahan adalah pengalaman yang melelahkan dan menegangkan bagi betina. Mengatasi dua pejantan serta koi lainnya dalam pertarungan pemijahan akan melemahkan Mama Koi. Setelah bertelur, betina biasanya akan terengah-engah dan menundukkan kepalanya.

Info Pets Selanjutnya  Mudah Merawat Ikan Rummy Nose Tetra

Untuk memastikan koi tetap tidak terganggu, sediakan Kolam pemijahan khusus. Sobat Exotic bisa menggunakan Kolam terpisah atau memasang jaring di dalam kolam. Kolam koi harus dipertahankan pada suhu 18ºC karena setiap perubahan suhu atau kondisi air dapat mencegah pemijahan.

Kehidupan setelah menetas. Setelah bertelur, pindahkan telur ke Kolam inkubasi. Idealnya, harus memiliki sekitar 1000 Liter air dan terbuat dari bahan yang tidak beracun. Campurkan air dengan malachite green, antiseptik kimia, untuk melindungi telur dari infeksi jamur atau bakteri.

Telur menetas pada suhu 18-20 ºC. Pertahankan suhu di Kolam Sobat Exotic secara konstan karena suhu ekstrem akan memengaruhi waktu inkubasi. Suhu rendah akan memperlambat inkubasi dan suhu yang lebih tinggi dapat mempercepatnya, menyebabkan kelainan bentuk atau cacat pada burayak.

Telur biasanya berkembang selama 2-4 hari. Setelah menetas, ikan koi secara naluriah akan bersembunyi. Tutupi Kolam dengan jaring untuk melindungi mereka dari pemangsa.

Pemberian Makan Burayak

Memberi makan bayi koi. Benih yang baru menetas tidak memiliki kantung renang, mulut atau bukaan apa pun sehingga airnya harus diangin-anginkan dengan baik. Mereka bernapas dengan menyerap oksigen melalui kapiler darah di kantung kuning telurnya; kadar oksigen yang buruk dapat membantai burayak Sobat Exotic secara massal.

Kantung kuning telur akan menjadi sumber makanan utama benur selama 2-3 hari, atau sampai habis. Mereka dapat diberi makanan setelah burayak mulai muncul ke permukaan untuk mencari udara atau saat mereka sudah berenang bebas di tengah kolam.

Sekitar hari ketiga, Sobat Exotic sudah bisa memberi makan burayak dengan makanan. Mereka masih belum memiliki selera sehingga mereka akan mencari makanan dengan melihat. Makanan hari pertama yang ideal adalah kuning telur rebus, meskipun kurang nilai gizi, itu meningkatkan ukuran benur. Benih juga bisa memakan udang air asin atau plankton lainnya. Di minggu berikutnya, mereka harus siap untuk makanan tumbuk atau pelet kecil.

Pertahankan panas dalam Kolam inkubasi pada suhu 18-20 ºC untuk mendorong pertumbuhan. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa koi kehilangan warna karakteristiknya dengan terlalu banyak panas.

Begitu ukurannya satu atau dua inci, Sobat Exotic harus berhati-hati terhadap kanibalisme. Pindahkan burayak yang lebih besar ke Kolam penampungan lain untuk mencegah burayak yang lebih besar memakan yang lebih kecil.

Rahasia Sukses Beternak Koi Burayak

Keberhasilan beternak koi dimulai dari telurnya. Sobat Exotic harus memastikan kolam pemeliharaan Koi Sobat Exotic dilengkapi dengan batu udara atau yang setara karena telur membutuhkan air yang diangin-anginkan dengan baik untuk berkembang.

Selama pembibitan, beberapa pemelihara Koi akan menggunakan filter mekanis di kolam mereka, tetapi ini bukan ide terbaik karena saat Sobat Exotic memelihara benih Koi, mereka dapat tersedot ke dalam filter. Hal ini dapat dicegah dengan menempatkan jaring halus di sekitar asupan air filter.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Ikan Badut

Partikel makanan mikroskopis dapat terperangkap pada busa di sekitar filter. Ini menarik bayi ke area tersebut dan mereka tersedot ke dalam filter.

Sobat Exotic bisa lupa menggunakan filter sama sekali jika Sobat Exotic ingin sering melakukan penggantian air. Sobat Exotic perlu mengganti sekitar 40 persen air selama pertukaran air.

Penetasan Telur Koi

Telur koi biasanya akan menetas dalam waktu 3 sampai 7 hari tergantung suhu air. Jika suhu air sekitar 18 derajat Celcius mereka akan menetas dalam waktu sekitar 3 sampai 4 hari. Sobat Exotic akan tahu kapan telur hampir menetas karena telur akan terlihat istimewa dan berkilau.

Selanjutnya Sobat Exotic akan dapat melihat mereka menggeliat dan bergerak di dalam telur, dan beberapa jam kemudian mereka akan melarikan diri! Sekarang Sobat Exotic siap untuk mulai beternak Koi Sobat Exotic.

Begitu bayi keluar dari telurnya, mereka akan menempel di sisi kolam. Koi burayak dilengkapi dengan alas lengket yang memungkinkannya tetap menempel dengan cara ini selama 2 hingga 3 hari. Menyediakan banyak oksigen sama pentingnya untuk beternak koi seperti menjaga telur tetap sehat.

Setelah 2 atau 3 hari menempel mereka akan menuju ke permukaan kolam untuk mendapatkan udara segar.

Saat ini terjadi, udara masuk ke kantong renang mereka. Setelah itu mereka akan bisa berenang dengan gembira di sekitar kolam.

Pemberian Pakan

Pada titik ini, Sobat Exotic harus mulai memberi mereka makan. Benih Koi yang sangat kecil dapat diberi makan udang air asin yang baru menetas. Telur rebus juga merupakan pilihan yang baik dalam beberapa hari pertama membesarkan bayi.

Jika Sobat Exotic tidak dapat menyediakannya, Sobat Exotic dapat menggunakan makanan Koi yang disiapkan secara komersial. Pastikan hanya menggunakan makanan khusus Koi dengan kandungan protein tinggi dan pastikan untuk menggilingnya menjadi bubuk halus sebelum memberikannya kepada mereka.

Setelah sekitar 7 hari Sobat Exotic dapat mulai memberi makan makanan khusus yang terdiri dari pelet bubuk halus. Saat mereka mencapai ukuran 2 cm, mereka dapat beralih ke pelet kecil dan saat mereka tumbuh, Sobat Exotic dapat meningkatkan ukuran pelet secara bertahap sampai mereka mengonsumsi makanan yang sama dengan induknya.

Memberi makan adalah salah satu komponen terpenting dalam beternak Koi agar bahagia dan sehat.

Sangat mudah untuk memberi makan mereka secara berlebihan dan menyebabkan air menjadi tercemar. Ikan muda sangat sensitif terhadap amonia. Sobat Exotic harus membatasi pemberian makan dan mengganti air setiap hari.

Cara termudah adalah menggunakan air dari kolam dewasa Sobat Exotic selama Koi dewasa Sobat Exotic sehat dan kualitas air kolam Sobat Exotic bagus. Sobat Exotic perlu mengawasi kualitas air untuk mencegah jamur.

Jika Sobat Exotic mematuhi aturan dasar ini, Sobat Exotic tidak akan mengalami kesulitan dalam beternak Koi.