Tips Budidaya dan Memelihara Ikan Cardinal Tetra Yang Sehat

Cardinal Tetra atau Paracheirodon axelrodi berasal dari Sungai Amazon. Cardinal adalah salah satu dari beberapa varietas ikan air tawar paling berwarna yang dijual secara komersial. Mereka adalah anggota keluarga Characidae.

Cardinal Tetra dan neon tetra terlihat sangat mirip. Namun, ada perbedaan tipis dalam ciri tubuh mereka yang dapat digunakan untuk membedakan satu sama lain. Cardinal memiliki garis atau pita merah yang memanjang dari kepala hingga pangkal ekornya.

Neon tetra memiliki pita yang sama tetapi dimulai di tengah tubuh dan berjalan kembali ke ekor daripada memanjang ke seluruh panjang tubuh. Palet warna cardinal tetra cenderung sedikit lebih cerah daripada neon tetra. Ikan Cardinal dewasa sedikit lebih besar dari neon.

Ikan Cardinal tetra mencapai ukuran 6 cm panjangnya. Meskipun jenis ikannya lebih kecil, Cardinal membutuhkan ruang yang luas untuk berenang. Mereka tidak cocok untuk kondisi hidup yang sempit. Mereka adalah perenang area akuarium menengah dan lebih menyukai lingkungan renang yang lebih panjang daripada yang lebih tinggi. Ini menjadikan mereka sebagai kandidat yang sempurna untuk akuarium yang dipasang di dinding.

Cardinal bersifat jinak. Mereka hidup dengan baik di lingkungan kelompok tanpa spesies yang lebih agresif. Mereka adalah ikan shoaling. Menambahkan beberapa ikan tambahan ke akuarium akan membantu mereka meniru perilaku seperti di habitat aslinya. Cardinal tidak akan berkembang sebagai ikan soliter. Dalam kondisi ideal, Sobat Exotic dapat mengharapkan Cardinal memiliki masa hidup delapan tahun.

Seperti semua ikan asli Sungai Amazon, tetra Cardinal hidup di air yang lembut dan sedikit asam. Tingkat pH 6,8. Toko Akuarium menjual pendingin air khusus untuk jenis ikan Amazon. Ikan Cardinal paling baik dalam suhu air berkisar antara 26°C.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Ikan Phantom Glass Catfish

Harga

Harga Ikan Cardinal Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk Ikan Cardinal Tetra berkisar antara Rp.4000 – Rp.10.000 per ekor. Beberapa jenis ikan Cardinal Tetra yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Cardinal Tetra adalah ikan yang sangat populer di kalangan hobbyis akuarium. Ikan ini terkenal karena warna-warnanya yang menarik dan karakternya yang ramah. Ikan Cardinal Tetra cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Persiapan Budidaya

Ikan Cardinal tetra adalah omnivora. Tidak perlu khawatir dengan produk pakan ikan khusus saat beternak tetra. Serpihan pelet ikan tropis air tawar jenis apa pun bisa digunakan

Sulit untuk membedakan jantan dan betina. Mereka identik dalam warna. Tubuh betina cenderung sedikit lebih bulat saat mengandung telur.

Cardinal tetra akan bertelur di peternakan. Mereka kemungkinan besar berkembang biak di malam hari atau di akuarium yang remang-remang. Cardinal tetra adalah pemakan telur. Mereka menyebarkan telurnya. Seperti semua ikan tetra, Cardinal akan memakan telurnya. Cara yang baik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menambahkan lapisan kelereng ke dasar akuarium ikan Sobat Exotic. Telur akan lolos ke bagian dasar di mana telur akan aman sampai waktu penetasan.

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk diikuti jika Sobat Exotic berniat membudidayakan ikan cardinal tetra. Pelihara mereka di akuarum budidaya terpisah yang dilengkapi dengan tanaman terapung. Mereka tidak akan berkembang biak di air alkali yang keras. Sobat Exotic dapat menyaring air menggunakan gambut atau menambahkan lapisan tipis ke substrat Sobat Exotic untuk meniru kondisi kawin yang sempurna. Pastikan gambut tidak mengandung bahan kimia tambahan.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal Varietas Ikan Asagi Koi

Setelah mereka bertelur, keluarkan ikan dewasa dari akuarium budidaya. Cardinal Tetra menetas dalam waktu sekitar 24 jam. Begitu menetas, mereka bisa diberi makan makanan cair, infusoria, atau rotifera. Keduanya sudah tersedia di toko khusus ikan. Benih yang lebih besar bisa diberikan pakan Telur bubuk.

Perawatan ikan akuarium air tawar adalah cara termudah dan paling ekonomis. Saat ini banyak variasi peliharaan ikan air tawar atau ikan air asin yang bisa dibeli..

Mengenal Lebih Dalam Ikan Cardinal Tetra

Cardinal Tetra, Paracheirodon axelrodi terkait erat dengan Neon Tetra Paracheirodon innesi yang sangat populer dan simulan Green Neon Tetra Paracheirodon. Mereka tidak terkait erat dengan ratusan spesies tetra lainnya. Nama khusus Cardinal, axelrodi diberikan untuk menghormati ahli ikan yang hebat, Herbert R. Axelrod. Black Neon Tetra Hyphessobrycon herbertaxelrodi bukanlah kerabat dekat Neon atau Cardinal.

Ikan Cardinal Tetra

Panjang maksimum Cardinal Tetra sedikit di atas 4cm. Cardinal Tetra adalah ikan kelompok  yang damai yang cocok untuk dipelihara bersama ikan kecil dan damai lainnya. Sahabat umum termasuk tetra kecil lainnya, Rasbora kecil, Guppi dan livebearer lainnya seperti platy dan swordtail, serta ikan lele Corydoras.

Cardinal Tetra sering berhasil dipelihara bersama dengan ikan diskus dan tampaknya lebih mampu mentolerir suhu tinggi. Mereka juga sedikit lebih besar dari Neon dan kecil kemungkinannya untuk dimakan oleh ikan diskus. Jangan menempatkan ikan Cardinal Tetra dengan semua jenis ikan besar seperti Buenos Aires Tetras dan Tiger Barbs.

Cardinal Tetra berasal dari hulu Sungai Amazon. Ini adalah daerah tropis dan mereka merupakan ikan tropis. Cardinal harus memiliki air panas, kecuali mereka dapat disimpan di ruangan yang tidak pernah dingin. Cara yang gampang untuk memanaskan air akuarium adalah dengan pemanas. Kami sarankan mengatur termostat ke 24C.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Diamond Tetra

Setelan Akuarium

Penting jika Sobat Exotic ingin membiakkan ikan Cardinals. Mereka dapat dipelihara dalam air dengan Ph mulai dari 5,0 hingga 7,4. Mereka akan mentolerir air yang cukup keras untuk hidup, tetapi air yang sangat lunak diperlukan jika Sobat Exotic ingin membiakkannya. Ketika dipelihara dengan campuran ikan lain di akuarium, kami merekomendasikan Ph sekitar 7. Beberapa penutup seperti tanaman juga bermanfaat bagi ikan.

Seperti banyak jenis ikan tetra, Cardinal adalah ikan kawanan dan kami merekomendasikan setidaknya memelihara 10 ekor dalam satu akuarium. Saat gelap, ikan ini kehilangan warna cerahnya, tetapi dengan cepat muncul jika terkena cahaya.

Seperti banyak ikan lainnya, Cardinal Tetra secara alami adalah omnivora dan akan memakan berbagai jenis makanan di dalam akuarium. Serpihan pelet adalah makanan dasar bagi mereka. Mereka juga menikmati makanan hidup kecil seperti larva nyamuk dan krustasea kecil seperti daphnia. Makanan beku seperti cacing darah juga bagus.