Tahapan Budidaya Ayam Onagadori Ekor Panjang

Tahapan Budidaya Ayam Onagadori Ekor Panjang

Sangat sedikit publikasi yang menjelaskan persyaratan dasar budidaya ayam Onagadori jepang ekor panjang di seluruh dunia.

Sebuah panduan tentang sejarah dan budidaya onagadori ayam Jepang ekor panjang menawarkan informasi yang menarik bagi sobat Exotic yang tertarik dengan ayam cantik ini.

Sobat Exotic yang ingin membudidayakan ayam onagadori tanpa kehilangan gen perlu keahlian khusus yang disajikan secara jelas dan ringkas. Bagian tentang sejarah, kandang, perawatan, kebutuhan nutrisi, pembiakan dan perawatan kawanan turut disertakan bersama dengan informasi praktis tentang breeding ayam ekor panjang.

Metode kultivasi dari Jepang yang berusia ratusan tahun digabungkan dengan pengetahuan dan praktik kekinian yang menciptakan sumber informasi komprehensif dan tak tergantikan bagi para peminatnya.

Sejarah Ayam Onagadori
Trah ayam ekor panjang di luar Jepang, seperti Phoenix dan Yokohama, telah keliru disebut “Onagadori”, Onagadori adalah trah khusus yang berbeda dari yang lain. Tidak ada unggas lain yang dapat mengklaim nama ini: ayam yang memiliki genetik unik , memungkinkan ayam jantan dari jenis ini terbang tanpa mengubah kelompok bulu ekor tertentu saat berada di lingkungan yang tepat.

Trah ini diyakini merupakan keturunan dari campuran ayam hutan merah dan hijau yang mewarisi sifat-sifat tertentu dari setiap nenek moyang. Sampai saat ini, ada satu jenis ayam di pulau Jawa yang disebut Bekisar, yang merupakan hibrida antara ayam jantan hijau dan ayam merah.

Keturunan bekisar jantan yang dihasilkan biasanya mandul. Kadang-kadang ayam jantan yang subur bisa muncul. Selain gen ekor Onagadori, hibrida ini juga membawa gen berkokok panjang dari keturunan seperti Tomaru, Denizli, Totenko dan Koeyoshi. Pada saat penulisan, kedua ras ini tidak diketahui ada di Indonesia.

Info Pets Selanjutnya  Jual Beli Burung: Lovebird, Anis kembang, Murai, Cucakrowo, Parrot, Parkit, Merak

Sobat Exotic dapat membayangkan bagaimana Onagadori dari hasil hibrida saat ini dapat diproduksi pada awal perkembangan breeding, sebelum menjadi homozigot karena karakteristiknya yang paling terkenal.

Onagadori bukan sekadar “ayam ganteng” yang dibesarkan untuk terlihat menarik. Zaman dahulu, Peternak ayam onagadori menggunakan bulu ekor ayam ini sebagai bentuk pembayaran pajak kepada daimyo regional di provinsi Shogun selama era feodal Jepang. Peternak onagadori kemudian dibebaskan dari pembayaran pajak tunai. Bulu digunakan untuk menghias tombak dan helm upacara para perwira militer ini. Berkat dekorasi ini, parade Tosa langsung dikenali.

Pada awal tahun 1910-an, beberapa peternak ayam onogadori di Jepang mulai menggunakan kandang khusus untuk ayam jantan. Gaya kisi yang sama masih digunakan sampai sekarang. Peternak Jepang menyebut kandang ini tomebako atau “suku”. Nama “stop box” berasal dari praktik menggunakan kotak untuk menjaga ayam jantan tidak bergerak, mencegah fluktuasi hormonnya dan dengan demikian menekan kerontokan bulu ekor.

Namun, antara 20 dan 40% bulu ayam ini tetap dapat menempel pada Onagadori dengan kualitas terbaik. Bulu ekor yang paling penting cukup panjang dibandingkan dengan spesies lain, tetapi mereka rontok secara teratur.

Gen Ayam Onagadori Yang Tidak Sesuai

Ayam onagadori jantan yang bukan dari satu keturunan dapat mulai dikawinkan di tomebako (kandang) saat berumur antara lima dan sepuluh bulan. Jantan terbaik dipilih berdasarkan kesehatan, temperamen dan bulu. Mereka yang menunjukkan sifat tenang dengan banyak bulu dan panjang ekor yang baik adalah indukan yang harus digunakan untuk berkembang-biak. Pada saat ini, setiap bulu ekor yang patah atau rusak dapat dicabut dengan hati-hati dan dibiarkan tumbuh kembali.

Tomebako adalah kotak kayu dengan tinggi sekitar enam 5 meter, lebar 2 meter dan kedalaman 100 cm. Bagian dalamnya sedemikian rupa sehingga ayam, ekor ayam, dan kotorannya masing-masing memiliki kompartemennya sendiri.

Info Pets Selanjutnya  Ayam Hias Langka Favorit Para Peternak

Ayam jantan yang dibesarkan dengan cara ini harus memiliki kontak harian. Setidaknya satu jam latihan dan berjalan seharian sangat diperlukan. Kandang ayam Jantan juga harus tetap hangat dengan suhu setidaknya 25ºC hingga 30ºC selama bulan-bulan musim hujan.

Kebutuhan Pakan Bernutrisi
Makanan yang baik terdiri dari menu yang sangat alami, mirip dengan sereal liar yang dimakan ayam hutan. Perbanyak biji-bijian dengan gluten tinggi seperti jagung, gandum, barley, millet. Biji-bijian seperti oat dan beras merah lebih disukai karena lebih mudah dicerna. Nutrisi penting untuk semua ayam Onagadori terutama untuk spesies ayam ekor panjang.

Protein adalah bagian penting dari diet tetapi sumber protein ini harus diselidiki. Tidak semua protein sama, protein nabati tidak mudah digunakan. Baik protein nabati maupun protein dari produk unggas seperti bulu dan tulang tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan nutrisinya. Mereka membutuhkan protein hewani, terutama ikan laut.

Ikan jenis ini tidak hanya mengandung protein yang dapat dimanfaatkan secara efektif, tetapi juga vitamin, minyak omega dan asam lemak esensial untuk kesehatan. Sebagian besar ayam di Kochi, Jepang, memakan ikan karena Kochi adalah daerah pesisir dan ikan tersedia secara mudah.

Reproduksi Ayam Onagadori

Topik pembicaraan utama dengan ayam onagadori ini adalah teknik pembiakan. Memilih pasangan harus didasarkan pada berbagai pertimbangan yang kesemuanya akan berdampak pada generasi selanjutnya. Tidak hanya perhatian harus diberikan pada saat pemilihan kedua indukan tetapi juga karakteristik ayam jantan juga harus dipelajari.

Peternak harus mengetahui silsilah masing-masing indukan ayam onagadori dalam kawanannya. Sekawanan berisikan 80 ekor ayam onagadori betina dan lima ayam jantan adalah basic untuk memulai program peternakan. Mencapai jumlah ini membutuhkan waktu karena hanya ayam onagadori terbaik yang dipilih untuk pengembangbiakan.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Perawatan Ayam Onagadori
Hindari kontak harian dengan ayam Onagadori yang dibiakkan karena akan membuat ayam cepat stress dan mati. Ini termasuk menghindari memotong kuku kaki dan taji.

Joe

Top