Semua Hal Tentang Telur Kodok

Semua Hal Tentang Telur Kodok

Telur kodok merupakan awal dari kehidupan yang juga dikenal sebagai evolusi. Telur kodok adalah sejenis sel besar, yang hampir satu setengah kali lebih besar dari sel kodok biasa. Belahan atas telur kodok yang dikenal sebagai kutub hewani berwarna gelap tetapi belahan yang ada di sisi bawah berwarna terang dan dikenal sebagai kutub nabati. Telur pada metafase dalam bentuk haploid, yang disimpan di dalam air ketika siap untuk pembuahan.

Masuknya sperma ke dalam telur kodok memulai urutan perkembangan kehidupan, yang dikenal sebagai meiosis dua. Munculnya pita berwarna abu-abu yang disebut bulan sabit abu-abu selalu terbentuk dalam arah yang berlawanan dari tempat sperma memasuki sel telur. Setelah pembuahan, tahap selanjutnya adalah pembelahan. Pada tahap ini, mitosis terus menerus terjadi di nukleus zigot. Selanjutnya, sel-sel didorong ke dalam, yang dikenal sebagai gastrulasi. Setelah itu, terjadi pembentukan tiga lapisan germinal, yang dikenal sebagai endoderm, ektoderm dan mesoderm.

Waktu dan Identifikasi Metamorfik

Kodok sangat selektif dan berkembang biak hanya jika mereka berada pada suhu yang tepat baik di udara maupun di dalam air. Ini merupakan indikasi yang jelas bahwa waktu berkembang biak mereka akan selalu berbeda sehingga waktu kawin tidak dapat ditetapkan sebagai waktu berkembang-biak. Bahkan jumlah telur yang diletakkan oleh setiap spesies kodok-pun berbeda-beda, sehingga sulit untuk memprediksi jumlah telur kodok yang dapat ditemukan dalam satu waktu. Exotic Market Indonesia akan membahas tentang beberapa spesies kodok dan tentang identifikasi telur bersama dengan waktu metamorf.

telur kodok

Boreal Chorus Frog (Pseudacris maculata), ditemukan di Kanada, berkembang biak di akhir bulan April atau awal Mei dan kodok betina bertelur hampir tiga puluh hingga seratus butir telur. Mereka melilit ranting atau rumput yang ditemukan di bawah air dan telur kodok berbentuk silinder. Kodok spring peeper (Pseudacris crucifer) berkembang biak dari bulan April hingga Juni dan kodok ini bertelur hampir tujuh ratus hingga seribu telur berwarna putih yang menempel pada beberapa jenis vegetasi atau rumput.

Info Pets Selanjutnya  Poison Dart Frog

Beberapa Jenis Kodok dan Telur Kodok Lainnya

Kodok kayu (Lithobates sylvaticus) berkembang biak di bulan Maret dan April. Telur-telurnya berbentuk massa globular, yang menempel pada tumbuhan yang terendam air. Ada hampir 600 hingga 800 butir telur yang dihasilkan dan telur kodok ini berwarna gelap. Kodok macan tutul berkembang biak di bulan April, dan betina bertelur dalam bentuk massa globular yang sangat rapat dan telur kodok berwarna hitam.

Perawatan Kodok Peliharaan

Mungkin tidak ada makhluk lain yang begitu dimitologikan, ditakuti dan disalahpahami seperti kodok. Memang, kodok telah lama dikaitkan dengan ilmu hitam, racun dan kematian. Namun, pada saat yang sama, kodok telah dianggap sebagai simbol kesuburan, cinta dan kesehatan oleh para alkemis, gipsi dan segala macam orang kuno. Dalam konteks yang lebih modern, popularitas kodok  yang meningkat sebagai hewan peliharaan eksotis yang mudah dipelihara.

Dengan pilihan mulai dari kodok taman hingga kodok perut api Oriental yang lebih eksotis, memelihara kodok bisa menjadi pengalaman tersendiri, asalkan sobat Exotic mempelajari petunjuk perawatan kodok peliharaan berikut ini terlebih dahulu.

Meskipun metode perawatan kodok peliharaan sobat Exotic akan sangat bergantung pada kebutuhan individu spesies yang sobat pilih, ada beberapa aturan dasar yang harus diperhatikan. Aturan pertama karena kebanyakan kodok tidak suka dipegang atau disentuh. Meskipun tidak ada kebenaran dalam kisah paraleluhur yang mengatakan bahwa menyentuh kodok akan menyebabkan kutil, memang benar bahwa kodok akan mengeluarkan zat pertahanan beracun dari kulit ketika mereka merasa terancam.

Untuk itu, sobat Exotic harus selalu mencuci tangan jika harus menyentuh kodok peliharaan, tetapi sobat juga harus ingat bahwa alasan kodok merasa terancam adalah karena sobat memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari mereka. Kodok tidak dirancang untuk merespons kasih sayang seperti kucing atau anjing, oleh karena itu, mereka paling baik dilihat di kandang yang semirip mungkin dengan habitat alaminya, ruang hidup yang ditata dengan tepat.

Info Pets Selanjutnya  Tips Membeli Amfibi Sebagai Hewan Peliharaan

Keberhasilan perawatan kodok peliharaan sangat bergantung pada pemilihan kandang yang aman dan mudah di adaptasi oleh kodok peliharaan. Akuarium selalu yang terbaik dengan tampilan maksimal sambil menjaga kodok aman dari bahaya.

Persiapan Kandang

Lengkapi akuarium dengan atasan jala yang pas yang akan memberikan ventilasi yang memadai, dan pastikan bahwa kodok memiliki cukup ruang untuk melompat dan berenang. Aturan praktis yang baik adalah bahwa seekor kodok berukuran sedang harus memiliki kandang setidaknya akuarium berukuran 15 liter.

Hampir semua kodok menikmati air sampai batas tertentu, beberapa cukup banyak yang hidup di dalamnya, keluar hanya sesekali untuk beristirahat, makan atau bernapas ,sementara yang lain menghabiskan sebagian besar waktu mereka mengobrak-abrik area darat, masuk ke air hanya untuk minum atau berenang sedikit.  Setelah mempelajari preferensi spesifik spesies kodok, sobat Exotic dapat mencurahkan waktu untuk membangun habitat yang sesuai.

Misalnya, jika kodok peliharaan berasal dari hutan basah, beri dia banyak tutupan daun, lumut dan beberapa tanaman hidup yang rimbun untuk dinikmati. Jika kodok adalah penghuni padang rumput, ia membutuhkan batu datar, rerumputan tinggi dan kolam kecil untuk bersantai.

Saat mempertimbangkan daftar periksa perawatan kodok peliharaan, ingatlah bahwa sobat Exotic harus memperhitungkan kebutuhan makanan kodok, bahkan jika sobat tidak suka hal-hal seperti serangga dan cacing. Sebagian besar kodok yang dijual di toko hewan peliharaan akan menyukai makanan berupa jangkrik, asalkan jangkrik sesekali ditaburi bubuk vitamin (juga tersedia di toko hewan peliharaan).

Kodok juga dapat menikmati cacing tanah atau cacing lilin. Beberapa kodok memiliki kebutuhan makanan yang jauh lebih eksotis, dan mungkin perlu diberi makan tikus atau ikan mas untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan mereka.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara African Clawed Frog

Meskipun memelihara kodok mungkin tidak cocok untuk semua orang, mempelajari seluk beluk perawatan kodok dapat memberikan pengalaman kepemilikan hewan peliharaan yang berharga, unik dan bahkan ajaib bagi mereka yang siap dengan tugas ini.

Saat sobat Exotic belajar lebih banyak tentang berbagai kebutuhan, habitat dan mitologi di balik makhluk menakjubkan ini. Perluas wawasan sobat Exotic dengan baik dan pergilah ke toko hewan peliharaan. Sobat mungkin akan kembali ke rumah dengan sahabat baru.

Referensi :

http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/15909/3/L021171311_skripsi_daftar%20pustaka.pdf

Top