Salamander Axolotl Tidak Mau Makan? Segera Lakukan Hal Ini!

Salamander Axolotl Tidak Mau Makan? Segera Lakukan Hal Ini!

Salamander Axolotl peliharaan sobat Exotic mungkin terlihat kecil dan lucu tetapi jangan salah sangka, mereka adalah pemburu. Salamander Axolotl adalah pemburu karnivora di alam liar, berburu makanan segar setiap hari untuk mempertahankan hidup mereka. Salamander Axolotl  juga jauh lebih cerdas daripada beberapa hewan peliharaan akuarium air tawar lainnya. Hewan peliharaan seperti ikan mas koki tidak tahu perbedaan antara pelet ikan dan makanan segar hidup. Ikan tidak akan pernah menolak makanan hanya karena makanan itu tidak bergerak di permukaan akuarium. Ini berbeda dengan Salamander Axolotl.

Sering kali Salamander air jenis tertentu terutama Salamander Axolotl, menolak makanan yang tidak hidup. Ini karena naluri berburu mereka. Naluri ini telah membuat Salamander Axolotl tetap hidup selama ribuan tahun dan tidak dapat dengan mudah sobat Exotic abaikan. Jadi apa yang sobat lakukan jika hewan peliharaan tidak mau makan?

Ini bukan masalah besar, jika salamander air milik sobat tidak mau memakan pelet ikan, mungkin harus mencoba pemberian makanan segar. Makanan segar yang masih hidup kemungkinan besar akan merangsang naluri pemburu salamader air dan memakannya.

Cara Yang dapat Dilakukan Jika Salamander Axolotl Bosan Dengan Makanan

Berikut adalah beberapa contoh beberapa pakan hidup yang dapat dibeli di toko perlengkapan hewan yang mungkin akan dimakan oleh Salamander Axolotl yang suka pilih-pilih makanan. Cobalah memberi makan cacing darah, cacing tubifex, kutu air daphnia atau jentik nyamuk. Jenis makanan hewan peliharaan ini dapat ditemukan di sebagian besar toko hewan peliharaan yang lebih besar. Berikut adalah beberapa contoh makanan salamander air yang dapat sobat temukan di halaman belakang rumah. Cobalah untuk menangkap serangga kecil, jangkrik, siput atau cacing tanah. Ini adalah makhluk yang mudah ditemukan di lingkungan kita.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Sarang Bertelur Iguana, Peternak Wajib Tahu!

Jadi jika Salamander air sobat Exotic tidak mau memakan pelet, jangan panik, cobalah memberikan pakan segar.

Persiapan Habitat Akuarium

Akuarium

Disarankan untuk menggunakan akuarium dengan panjang minimal 30 Cm. Tidak perlu mengisi seluruh akuarium dengan air, Sobat Exotic hanya perlu mengisi sekitar setengah saja dan pastikan cukup ruang di atas sehingga air tidak meluap karena pergerakan axolotl.

Di bawah akuarium disarankan sobat Exotic menempatkan plastik hitam atau kertas hitam, agar mendapatkan nuansa alami dan gelap yang sesuai untuk habitat salamander air.

Filter Air

Filtrasi tidak diperlukan untuk axolotl jika sobat bisa mengganti air secara teratur. Jika memilih untuk menggunakan filter, ada sejumlah opsi yang tersedia, seperti filter tabung yang akan berfungsi dengan baik untuk axolotl.

Axolotl mengeluarkan banyak kotoran, terutama dalam bentuk amonia (NH3). Melalui proses nitrifikasi, amonia diubah menjadi zat nitrit (NO2) yang kurang berbahaya. Proses ini merupakan salah satu aspek terpenting dari filtrasi dan dikenal dengan filtrasi biologis.

Substrat

Axolotl menyukai  substrat seperti pasir atau batu.

Kerikil akuarium standar tidak disarankan untuk digunakan, karena potongan-potongan kecil dapat bersarang di usus axolotl dan berisiko melukai atau membunuh axolotl.

Pencahayaan

Axolotl tidak memerlukan pencahayaan khusus, mereka tidak membutuhkan cahaya untuk bertahan hidup, penggunaan cahaya hanya untuk tujuan tampilan semata. 

Suhu & Pemanasan

Air di akuarium axolotl harus stabil antara 14-20 derajat celsius. Suhu di bawah 14 derajat menyebabkan metabolisme axolotl menjadi lebih lambat. Suhu di atas 20 derajat meningkatkan risiko penyakit, dan fluktuasi antara suhu hangat dan dingin antara siang dan malam juga dapat membuat axolotl menjadi stres.

Dekorasi

Menambahkan dekorasi seperti tanaman plastik, gua, dan batu memberi axolotl rasa aman tambahan, dan secara visual menarik bagi pemilik akuarium axolotl.

Info Pets Selanjutnya  Jual Beli Ikan:  Koi, Cupang, Arwana, Ikan Predator,Ikan Koki, Louhan, Discus, Guppy

Filterasi Air Untuk Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan membutuhkan air untuk menjaga tubuh mereka terhidrasi dengan baik. Sebagian besar orang yang sadar kesehatan telah beralih ke air kemasan dari air yang disaring, tetapi hewan peliharaan sobat Exotic yang tercinta dibiarkan mengkonsumsi air berisi bahan kimia yang keluar dari keran rumah tangga. Tanpa disadari, ini mungkin membuat hewan peliharaan sangat sakit.

Sistem air publik mengandung tingkat bakteri tertentu. Namun kita tidak segan-segan memberikan air ini kepada hewan peliharaan. Bahkan menganggapnya aman untuk hewan peliharaan.

Ingatlah bahwa hewan juga membutuhkan banyak air seperti kita. Hewan seperti manusia, mengandung sekitar 80% air. Oleh karena itu, sebagian besar ahli hewan setuju bahwa hewan peliharaan harus diberikan air dengan kualitas yang sama seperti manusia. Nah, ini harus disaring karena air keran mengandung parasit dan ini bisa sangat berbahaya bagi hewan peliharaan.

Salah satu parasit yang paling umum dan berbahaya adalah Giardia. Ini adalah organisme dengan hanya satu sel dan hidup di lapisan mukosa usus. Parasit ini dapat menyebabkan diare pada hewan dan juga pada manusia.

Ada beberapa hal dalam air yang dapat menyebabkan kanker, seperti klorin. Jika memberikan air yang disaring untuk hewan peliharaan, sobat Exotic dapat dengan mudah menghilangkan potensi risiko kesehatan ini.

Seperti yang sobat Exotic bayangkan, ikan sangat sensitif terhadap jenis air yang diberikan untuk mereka. Kadar klorin atau amonia yang tinggi biasanya berarti hukuman mati yang cepat untuk ikan peliharaan.

Ketika membahas amfibi, mereka tidak benar-benar minum air tetapi menyerapnya. Katak dan salamander axolotl adalah contoh amfibi terbaik yang menyerap air melalui kulit mereka. Jika kualitas airnya tinggi, maka mereka bisa hidup bahagia dan panjang umur. Jika seseorang menemukan kecebong dan ingin memeliharanya sebagai hewan peliharaan, maka tidak disarankan untuk menyimpannya di air ledeng. Kecebong sangat sensitif terhadap kualitas air.

Info Pets Selanjutnya  Membuat Habitat Kelomang

Ingatlah bahwa air sangat penting untuk kesehatan hewan peliharaa. Inilah alasan mengapa sebagian besar produsen pemasok hewan peliharaan merekomendasikan penggunaan filter air, dispenser dan mangkuk yang dirancang khusus untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Akbar

Top