Red Leopard Gecko, Idaman Para Kolektor

Red Leopard Gecko, Idaman Para Kolektor

Banyak penggemar reptile sangat ingin memiliki red leopard gecko. Meskipun saat ini tidak ada jenis gecko yang benar-benar berwarna merah, namun ada varietas bergaris merah dan oranye. Sebelum membahas itu, ada baiknya sobat Exotic mengetahui informasi dasar terlebih dahulu.

Leopard gecko termasuk dalam famili Eublepharidae, famili ini mencakup semua gecko dengan kelopak mata yang dapat digerakkan.

Anggota keluarga ini juga tidak memiliki bantalan jari kaki (bantalan kecil seperti rambut yang menonjol di bagian bawah jari kaki), oleh karena itu gecko ini tidak dapat memanjat permukaan vertikal yang halus.

Nama ilmiah leopard gecko adalah Eublepharidae, macularius (etimologi nama: Eu = baik, benar, blephar = kelopak mata, macularius = tutul).

  • Habitat Alami :

Leopard gecko adalah hewan nokturnal, reptil penghuni tanah yang biasa ditemukan di daerah lembab.

Daerah-daerah ini termasuk gua-gua kecil di Pakistan, India Barat Laut dan Afghanistan,
bersama dengan banyak negara Asia lainnya.

  • Ukuran :

Bayi leopard gecko biasanya berukuran hinga 7 cm. Gecko dewasa dapat mencapai ukuran maksimum lebih dari 20 cm.

Namun, ada banyak laporan tentang leopard gecko yang panjangnya mencapai hampir 20 cm.

  • Rentang usia :

Jika dipelihara dengan benar, leopard gecko dapat hidup 20 hingga 29 tahun. Namun terkadang, leopard gecko tidak berumur panjang, banyak gecko yang tidak dipelihara dengan baik dan kekurangan gizi telah mati menjelang lahir atau pada usia 1 hingga 2 tahun.

Red Leopard Gecko Yang Sangat Langka Dan Banyak Diburu

  • Red Stripe Leopard Gecko

The Red Stripe Leopard Gecko terkadang bisa keliru di identifikasi karena warna garisnya bisa berkisar dari oranye hingga oranye kemerahan, namun kadal ini cukup menarik. Ada varietas tremper keturunan merah yang mungkin memiliki satu atau dua garis di bagian belakang, dan sekali lagi, garis-garis ini mungkin lebih condong ke oranye daripada merah, tetapi dengan kesabaran sobat Exotic dapat memunculkan lebih banyak warna merah daripada oranye.

Info Pets Selanjutnya  Reptil & Salmonella

Red Leopard Gecko

Ada peternak yang berusaha menghasilkan lebih dari satu warna merah melalui pembiakan selektif. Red leopard gecko ini sangat mahal.

  • Red Tails

Banyak yang menganggap keturunan Ray Hine sebagai ekor wortel asli. keturunan Ray Hine berasal dari Inggris dan memiliki warna oranye-merah paling solid pada ekor daripada varietas ekor merah atau wortel lainnya.

Kadal ini diketahui memiliki 90% ekor berwarna oranye atau kemerahan, meskipun beberapa peternak hanya mempertimbangkan 15-20% pewarnaan pada gecko untuk mempertimbangkan sebagai bagian dari gecko ekor wortel.

Peternak suka menyilangkan RH dengan hypho tangerine untuk mencoba dan mendapatkan varietas yang memiliki lebih sedikit bitnik dan warna yang lebih solid.

Proses ini akan semakin meningkat seiring para peternak yang terus bereksperimen dengan varietas-varietas ini.

  • Orange Red Gecko

Varietas Tangerine dan Hypo Tangerine dapat menampilkan warna oranye-merah tua di seluruh tubuh dengan beberapa area yang lebih kemerahan di sepanjang pangkal ekor. Gecko hypo memiliki lebih sedikit bintik dan pola karena kualitas genetik dari keturunan hypo.

Beberapa gecko hypo mungkin hampir tidak memiliki bintik-bintik dan muncul sebagai kadal oranye-merah meskipun mereka cenderung memiliki pola dan bintik-bintik di bagian ekor.

  • Reddest Eye

Ada varietas lain yang disebut Diablo Blanco, merupakan morph gecko albino tanpa pola dengan mata berwarna merah pekat, dalam beberapa kasus memunculkan pola mata ular.

Diablo Blanco yang sepenuhnya bermata merah sangat dicari kolektor leopard gecko.

Setelah sobat Exotic mengetahui beberapa jenis leopard gecko langka diatas, ada baiknya juga mengetahui bagaimana setelan kandang hiding untuk mereka.

Kandang Hiding Untuk Leopard Gecko

Kandang hiding lembab sangat penting untuk kesehatan leopard gecko. Tanpa kelembapan yang memadai,sebagian besar leopard gecko akan mengalami kesulitan bermutasi.

Info Pets Selanjutnya  Merpati Balap Dan Kebutuhan Makanan Sebelum Perlombaan

Beberapa bahkan akan mengalami kehilangan jari kaki dan masalah mencerna makanan. Tapi apa sih sebenarnya kandang hiding lembab?

Cara terbaik untuk memberikan hiding lembab lembab adalah menggunakan wadah plastik dengan lubang untuk akses masuk. Wadah harus memiliki kedalaman 5 cm perlit, vermikulit, atau lumut di bagian bawah.

Substrat ini harus lembab tetapi tidak basah. Cara yang baik untuk menguji ini adalah dengan meremas substrat di tangan Anda. Letakkan wadah ini di sisi hangat kandang.

Harga Leopard Gecko

Informasi harga leopard gecko diperoleh dari berbagai sumber. Perlu sobat Exotic ketahui bahwa harga leopard gecko bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu seiring hutang negara yang semakin meningkat. J

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga jual leopard gecko saat ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, leopard gecko all morph yang pada awalnya dijual dengan harga Rp.70 ribu, naik
menjadi Rp.275 ribu per ekor.

Selain itu, harga jual leopard gecko di setiap kota bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Jika ingin mencari leopard gecko dengan kualitas bagus dan murah, Sobat Exotic bisa membeli langsung ke peternak leopard gecko atau bisa membelinya melalui sesama penghobi reptil.

Lakukan pembelian hanya kepada penjual yang memang sudah berpengalaman dan memberikan garansi death on arrival untuk pengiriman reptil. Hal ini penting supaya leopard gecko bisa sampai di rumah sobat dalam kondisi sehat dan masih hidup.

Top