Persiapan Akuarium Ikan Badut

Salah satu jenis ikan laut yang paling populer dipelihara adalah ikan badut. Untuk alasan ini banyak orang memutuskan untuk membuat akuarium air asin agar bisa menikmati spesies berwarna-warni ini. Seperti yang akan Sobat Exotic baca di bawah, pengaturan ini adalah cara yang bagus untuk hobi memelihara ikan air asin.

Bagian terbaik dari memelihara ikan laut clownfish ini adalah mereka sangat kuat dan cocok untuk pemula. Kemudahan perawatan mereka juga berarti bahwa sebenarnya tidak ada peralatan khusus yang diperlukan dalam memeliharanya selain pengaturan dasar yang menjadikannya ikan air asin yang sangat mudah untuk dipelihara!

Kebutuhan Dasar Untuk Akuarium Ikan Badut

  • Akuarium 100 Liter
  • Terumbu Karang
  • Skimmer protein Akuarium (opsional)
  • Filter Akuarium atau filter tabung
  • Pemanas 75 Watt

Jenis Ikan Badut Terbaik Untuk Pemula

Spesies ikan yang lebih dikenal untuk dipelihara pada akuarium air asin adalah ikan badut Percula dan Ocellaris. Mereka terlihat sangat mirip dan sulit dibedakan, namun Perculas cenderung sedikit lebih aktif di dalam Akuarium daripada umumnyta ikan badut Ocellaris.

Ocellaris biasanya lebih murah dan seringkali memiliki warna oranye yang lebih cerah. Keduanya adalah ikan yang damai dan dianggap sebagai ikan untuk pemula yang dapat Sobat Exotic beli sebagai penghobi akuarium laut baru.

Salah satu hal terbaik tentang ikan badut adalah bahwa banyak spesies populer tersedia sebagai hewan peliharan. Ini berarti mereka akan lebih tahan penyakit, makan makanan instan dengan lebih baik dan tidak takut pada manusia seperti ikan lain yang ditangkap dari alam liar. Faktanya, banyak orang yang memiliki ikan badut hasil peternakan melaporkan bahwa ikan ini akan sering makan langsung dari jari mereka.

Membiakkan Ikan Badut

ikan badut

Ikan Badut, atau Anemonefishes, dari keluarga Pomacentridae, adalah salah satu ikan akuarium laut tropis yang paling mudah berkembang biak. Ikan badut secara teratur bertelur di akuarium. Mereka memiliki telur dan larva yang cukup besar dan karena larva dengan mudah memakan makanan hidup yang dibudidayakan, membesarkannya agak lebih sederhana daripada banyak spesies ikan laut lainnya.

Sobat Exotic perlu memiliki pasangan jika ingin membiakkan ikan badut dan itu cukup menarik, percaya atau tidak, ikan badut semuanya terlahir sebagai jantan. Saat dewasa, ikan terbesar dan paling dominan dalam kelompok tersebut akan mengalami pergantian jenis kelamin dan menjadi betina. Yang terbesar kedua biasanya menjadi jantan pembibitan, sementara semua ikan lainnya tetap remaja dan netral gender. Jika indukan betina menghilang, indukan jantan akan berubah menjadi betina dan seterusnya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Serpae Tetra

Membeli pasangan yang sudah mapan mungkin merupakan cara yang masuk akal, tetapi seringkali lebih baik memiliki sekelompok ikan remaja yang tumbuh bersama. Jika Sobat Exotic memilih untuk membeli sepasang, Sobat Exotic harus mencari sepasang yang berjalan bersama. Terkadang Sobat Exotic cukup beruntung untuk mendapatkan pasangan yang sudah bertelur. Bagaimanapun, membuat pasangan dewasa bisa sedikit rumit; dan Sobat Exotic harus mengawasi mereka untuk memastikan bahwa betina tidak membunuh jantan.

Mengatur Akuarium

Akuarium harus cukup besar, kira-kira 200 liter untuk pasangan indukan. Lebih baik memelihara pasangan sendirian di akuarium saat mencoba menelurkan ikan badut.

Akuarium harus dilengkapi dengan anemon yang bagus, beberapa terumbu karang dan zat berbatu lainnya dengan permukaan vertikal, lapisan pasir karang di bagian bawah, pencahayaan yang terang, penyaringan yang baik, dan skimmer protein. Ikan badut Sobat Exotic harus bebas stres, yang berarti tidak ada teman seakuarium yang agresif dan kualitas air yang baik.

Untuk pemberian makan, ikan badut membutuhkan campuran makanan laut mentah segar dan sayuran. Makanan yang baik termasuk udang, remis, dan cumi-cumi. Yang terbaik adalah memberi mereka makan sayur bit kecil secara berkala.

Rentang waktu dapat dimulai 1 hingga 12 bulan setelah ikan menetap di rumah barunya. Saat ikan siap bertelur, mereka menjadi sangat agresif. Ikan badut jantan akan menari ke atas dan ke bawah di depan betina. Mereka juga akan mulai membersihkan batu pilihan mereka dengan menggigitnya.

Pemijahan sendiri biasanya terjadi pada sore atau menjelang malam. Setelah pemijahan selesai (dalam beberapa jam), pejantan mengambil tanggung jawab untuk menjaga telur, sedangkan betina bertindak sebagai pelindung telur dan pengawas pejantannya.

Pemijahan kemungkinan akan terjadi lagi dengan interval 12 hingga 18 hari. Telur-telur tersebut harus dibiarkan dalam perawatan induknya dan tidak dibuang, kecuali jika induknya diketahui memakan telur. Mula-mula telur berwarna oranye cerah, tetapi setelah beberapa hari warnanya berkurang dan muncul mata. Penetasan biasanya memakan waktu 6 hingga 15 hari, tergantung suhu.

Tahap paling kritis dari benur adalah 10 hari pertama rentang larva mereka. Jika Sobat Exotic bisa membuat benih Sobat Exotic bertahan hidup selama periode ini, sisa pemeliharaan mereka akan lebih mudah.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara dan Budidaya Ikan Mas Koki

Tips Perawatan dan Pemijahan Ikan Badut

Ikan Badut diklasifikasikan ke keluarga Pomacentridae. Ikan badut adalah salah satu kelompok spesies yang biasa disebut damselfish. Ada 28 spesies ikan badut yang dikenal. Dari jumlah tersebut, 27 milik genus Amphiprion. Ikan badut berasal dari Samudra Hindia dan Pasifik. Habitat alami mereka meliputi Great Barrier Reef dan Laut Merah.

Palet warna bervariasi di antara ikan badut tergantung pada spesiesnya. Mereka dapat ditemukan dalam warna oranye, oranye kemerahan, merah marun, kuning atau hitam. Sebagian besar spesies memiliki garis-garis putih yang khas dengan hiasan hitam di tubuh mereka yang diberi nama. Garis-garis putih dan hitam yang kontras dengan warna tubuh ikan ini membuat mereka seolah-olah mengenakan kostum badut. Ikan Badut tumbuh dari 4-6 inci tergantung spesiesnya. Umur mereka berkisar antara 3-6 tahun.

Ko-evolusi

Ikan badut terkenal karena simbiosis mutualisme yang mereka bagi dengan anemon laut. Ko-evolusi kedua hewan ini menjadi salah satu hubungan simbiosis paling menarik yang ditemukan di alam. Anemon laut sangat beracun bagi sebagian besar kehidupan laut. Makhluk eksotis ini melumpuhkan mangsanya dengan racun saraf yang kuat. Ia kemudian menggunakan tentakelnya untuk menarik mangsanya ke dalam rongga gastrovaskularnya untuk pencernaan.

Rongga tunggal ini berfungsi sebagai mulut dan anus. Proses pencernaan menghasilkan materi semi-cerna yang mengambang di sekitar anemon. Ikan badut mencerna bahan ini sebagai sumber protein. Mereka kemudian mengeluarkan kotoran yang merupakan sumber protein tambahan untuk anemon.

Ikan badut memiliki selaput lendir yang mengelilingi tubuhnya yang bertindak sebagai penghalang alami terhadap nematocyst beracun anemon. Eksperimen ilmiah telah mengakibatkan kematian ikan badut yang terpapar racun saraf ini setelah lendir pelindungnya dilucuti. Lendir ini memungkinkan ikan badut mencari perlindungan dari predasi dalam perlindungan tentakel anemon. Biasanya ikan badut tetap berada dalam jarak 5-10 Cm dari inang seumur hidupnya. Simbiosis ini menyebabkan ikan badut biasa disebut ikan anemon.

Ikan Badut adalah makhluk yang kuat dan jinak. Mereka menjadi pilihan yang sangat baik untuk aquarists amatir. Mereka juga merupakan tambahan yang sempurna untuk Akuarium karang laut. Memelihara anemon laut menghadirkan lebih banyak tantangan. Untungnya bagi pemula, ikan badut dapat dipelihara tanpa kehadiran hewan inang alaminya.

Tempat Sembunyi

Pastikan untuk memberi mereka tempat persembunyian yang memadai dan hindari mencampurkannya dengan spesies yang lebih agresif dan Sobat Exotic akan baik-baik saja. Setelah Sobat Exotic menjadi lebih berpengalaman, Sobat Exotic dapat memilih untuk menambahkan anemon ke akuarium Sobat Exotic. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan toko ikan lokal atau pengecer online Sobat Exotic. Spesies individu ikan badut kompatibel dengan anemon laut yang berbeda.

Info Pets Selanjutnya  Tips Memilih Ikan Koi Jepang Untuk Dibeli

Meskipun sifatnya merendahkan, ikan badut akan menunjukkan perilaku teritorial terhadap ikan badut lainnya, terutama ikan badut dari spesies yang sama. Yang terbaik adalah memelihara ikan badut tunggal atau sepasang.

Ikan badut telah dibiakkan secara komersial di peternakan. Saat membeli ikan apa pun yang dapat dibiakkan di peternakan, Sobat Exotic harus membeli ikan hasil peternakan daripada ikan yang ditangkap dari alam liar. Sobat Exotic akan memiliki ikan yang bahagia dan lebih sehat yang lebih mungkin menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Dan ikan yang dibudidayakan di Akuarium umumnya lebih tahan penyakit daripada ikan liar.

Ikan badut adalah omnivora. Seekor ikan badut yang dibesarkan tanpa kehadiran anemon laut dapat diberi makan udang air asin yang diperkaya vitamin, atau zooplankton yang dikombinasikan dengan makanan beku laut yang diformulasikan untuk omnivora.

Pemijahan Ikan Badut

Tidak seperti kebanyakan ikan badut, spesies ikan badut adalah hermafrodit berurutan. Semua ikan badut terlahir sebagai jantan berlawanan dengan hermafrodit protogini yang selalu terlahir sebagai betina. Jika ada dua ikan badut dalam akuarium bersama, yang lebih besar dan lebih dominan dari keduanya akan berubah menjadi betina.

Sobat Exotic harus menggunakan Akuarium budidaya jika Sobat Exotic mencoba membiakkan pasangan ikan badut di peternakan. Tempatkan sepotong pipa pvc di bagian bawah lantai akuarium Sobat Exotic untuk digunakan sebagai ruang pembibitan. Telur akan disimpan di bagian bawah pipa atau di permukaan batu datar di dekatnya. Benih akan menetas 6-10 hari kemudian.

Benih yang baru menetas berukuran sangat kecil. Mereka harus diberi makan rotifera sampai dewasa. Setelah mereka menjadi sedikit lebih besar, mereka dapat diberi makan udang air asin yang baru menetas atau makanan kering bubuk.