Perbedaan 6 Jenis Iguana

Perbedaan 6 Jenis Iguana

Iguana hijau merupakan hewan paling umum yang dipelihara para pecinta reptil. Namun perlu sobat Exotic ketahui bahwa ada banyak jenis iguana di dunia ini.

Banyak jenis yang hanya dapat dilihat di habitat aslinya dan tidak tersedia pada perdagangan hewan peliharaan.

Iguana dapat diklasifikasikan menjadi enam jenis, yaitu:

  • Iguana hijau.
  • Iguana gurun, Dipsosaurus.
  • Iguana ekor berduri, Ctenosaura.
  • Iguana berkepala peti, Lemanctus.
  • Iguana berhelm, Corytophanes.
  • Iguana batu dan badak, Cyclura.
  • Iguana Madagaskar, Chalarodon.

Yang paling terkenal atau paling populer dari jenis iguana ini adalah iguana hijau. Iguana menurut klasifikasi ini mungkin berbeda dari segi penampilan dan jenisnya tetapi mereka semua serupa dalam hal kebiasaan, pola makan dan ukuran.

Iguana Adalah Hewan Vegetarian

Hewan herbivora mengacu pada kelompok yang bergantung pada tanaman, buah-buahan dan bahan sayuran untuk makanan. Perlu dicatat bahwa banyak jenis reptil tidak dapat hidup hanya dengan memakan bahan nabati.

Ini membuat iguana menjadi hewan unik dari reptil lain.

Ini mungkin yang menjadi alasan mengapa banyak sobat Exotic memilih iguana sebagai hewan peliharaan. Pemberian makan yang cukup mudah jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Hanya karena iguana adalah hewan herbivora bukan berarti semua jenis tanaman akan sesuai sebagai makanan iguana. Berikan sayuran berdaun hijau yang bergizi untuk menjaga kesehatan iguana sobat. Selada bisa diberikan secara rutin.

Mereka Akan Tumbuh Besar

Sebagian dari sobat Exotic mungkin terkecoh dan membayangkan jika iguana akan tetap berukuran kecil sepanjang hidupnya.

Semua jenis iguana memiliki kemampuan untuk tumbuh hingga sepanjang 1,8 meter dalam jangka waktu tiga tahun, jika perawatan oleh pemiliknya dilakukan dengan tepat.

Cocok Di Iklim tropis

iguana

Iguana mmenyukai suhu negara tropis sepanjang tahun. Inilah kenapa habitat iguana tidak ditemukan di daerah yang memiliki banyak variasi iklim dan bersalju.

Info Pets Selanjutnya  Mudah Melatih African Grey Parrot Bicara

Faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memelihara iguana adalah suhu kandang harus dipantau secara teratur.

Hawa panas yang stabil sangat dibutuhkan iguana untuk menjaga suhu tubuhnya. EMI jamin bahwa akan ada peningkatan penggunaan listrik dirumah sobat Exotic setelah memelihara iguana.

Menjinakkan Iguana

Tidak ada iguana yang menjadi jinak dengan sendirinya. Ini adalah tanggung jawab pemilik hewan untuk memastikan untuk menjinakkan iguana peliharaan sehingga iguana dapat bersosialisasi dengan baik dengan orang lain dan juga dengan sobat Exotic.

Iguana yang sudah jinak dapat dibiarkan berkeliaran di sekitar rumah dengan bebas. Menjinakkan iguana juga akan memungkinkan sobat untuk memegang, memeluk dan membelai iguana kapan pun sobat mau.

Menghindari Masalah Shedding Iguana

Iguana perlu berganti kulit secara teratur, terutama saat tumbuh. Terkadang lapisan kulit lama tidak terkelupas dengan benar. Lapisan kulit tua ini pada akhirnya dapat memutus sirkulasi di area tersebut dan menyebabkan kematian jaringan. Area yang paling sering terkena masalah shedding adalah jari kaki, kaki, ekor dan duri punggung.

Salah satu alasan paling umum mengapa kulit lama sulit dirontokkann adalah karena sobat Exotic tidak memberikan kelembaban yang cukup di kandang kadal. Penyebab umum lainnya adalah infestasi tungau. Iguana mungkin mengalami kesulitan melepaskan kulit jika tulang punggungnya bengkok atau jari kaki patah. Area yang memiliki bekas luka juga dapat menyebabkan masalah.

Jika iguana kesulitan melepaskan kulitnya dengan benar, Sobat Exotic tidak boleh mencoba menariknya dengan terlalu kuat. Sobat dapat melukai kulit baru di bawahnya dan menyebabkan banyak rasa sakit pada Iguana. Jika kulit tidak lepas dengan cara menariknya dengan lembut, maka sebaiknya membiarkannya saja.

Namun ada beberapa hal yang dapat sobat exotic lakukan untuk membantu iguana menyingkirkan kulit lamanya. Sobat bisa mulai memandikannya dan menyemprotkannya lebih sering. Seperti yang sobat Exotic pelajari sebelumnya di website exoticmarketindonesia.com, kelembaban yang tidak memadai dapat menyebabkan masalah shedding. Perlu mencoba meningkatkan kelembapan di kandang iguana.

Info Pets Selanjutnya  Melatih Bearded Dragon Makan Sayur

Sobat Exotic juga dapat mencoba pelumas untuk membantu menghilangkan kulit lama. Pelumas seperti jeli KY non-spermisida yang banyak tersedia di toko online dan minyak mineral akan membantu mengendurkan kulit sehingga sobat dapat melepasnya. Ingatlah untuk melakukan ini dengan lembut.

Periksa secara berkala untuk mengetahui area kulit yang bermasalah. Ini sangat penting karena kulit yang tertahan dapat menyebabkan masalah besar. 

WAJIB BACA : Tips Sebelum Membeli Iguana

Iguana adalah spesies kadal yang paling umum untuk dipelihara. Untuk sobat Exotic yang mencari alternatif pengganti peliharaan anjing atau kucing tradisional, Iguana bisa dipelihara di rumah selama mengikuti panduan yang benar.

Beberapa omembayangkan  iguana adalah reptil peliharaan yang perawatannya rendah, namun ini jauh dari kebenaran. Iguana adalah makhluk eksotis dan sobat memelihara mereka jauh dari habitat aslinya. Jadi untuk memiliki iguana peliharaan yang bahagia dan sehat, sobat harus memastikan bahwa 100% siap. Berikut adalah beberapa tips bagi siapa saja yang mempertimbangkan untuk memelihara iguana sebagai hewan peliharaan.

Keuangan

Untuk merawat iguana dengan benar, sobat Exotic harus membuat komitmen biaya keuangan tertentu. Sobat perlu memberikan pola makan yang tepat, habitat yang luas dan juga rutin mengunjungi dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan.

Komitmen

Iguana dapat hidup hingga 40 tahun di penangkaran. Sobat Exotic perlu berpikir panjang dan keras untuk membeli hewan peliharaan seperti ini. Jika sobat Exotic melakukannya karena iseng mungkin sobat akan menyesal nantinya saat menyadari bahwa hewan peliharaan akan menjadi pasangan hidup. Sobat harus menghabiskan waktu dengannya agar iguana terbiasa dengan kehadiran sobat dan pada akhirnya sobat akan merasa nyaman memegang iguana tanpa takut iguana kabur atau melarikan diri.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Russian Hewan Peliharaan Populer

Ingatlah juga bahwa jika sobat Exotic cukup beruntung untuk menjaga reptil peliharaan tetap sehat selama beberapa tahun, Mungkin saja Iguana peliharaan akan tumbuh sangat besar. Ini berarti harus membeli kandang yang lebih besar, memberinya makan lebih banyak dan harus lebih berhati-hati dengan anak kecil dan hewan peliharaan di sekitar karena beberapa jenis iguana besar bisa menjadi agresif dan sulit dijinakkan.

Kesediaan untuk belajar.

Ada banyak hal yang berpotensi salah ketika merawat hewan peliharaan eksotis seperti iguana. Jika sobat Exotic memiliki temperamen yang malas dan tidak tertarik pada detail yang lebih baik dari kebiasaan alami iguana, maka iguana mungkin bukan hewan peliharaan yang tepat untuk sobat.

Iguana memiliki persyaratan khusus dalam hal makanan mereka. Beberapa orang berpikir tidak apa-apa memberi mereka makanan anjing, tetapi iguana adalah fermentor usus belakang, yang berarti mereka memiliki susunan pencernaan tertentu dan sobat harus sangat berhati-hati dengan apa yang di berikan kepada Iguana.

Umumnya iguana lebih baik  diberikan makanan vegetarian dengan serangga sesekali. Jika sobat Exotic memberi makanan utama protein hewani,Iguana peliharaan dapat mengalami komplikasi seperti batu ginjal.

Iguana juga memiliki persyaratan khusus untuk hidup. Sebagai makhluk berdarah dingin, mereka membutuhkan lampu penghangat khusus di kandang untuk sebagian hari, jika tidak, Iguana dapat dengan mudah jatuh sakit karena sirkulasi yang buruk atau paparan dingin.

 

 

Top