Perawatan Dan Budidaya Ikan Blind Cave Tetra

Blind Cave Tetra (Astyanax fasciatus mexicanus) adalah ikan yang sangat tidak biasa. Ikan ini tidak memiliki pigmen kulit dan sedikit berwarna merah muda karena hemoglobin dalam darahnya. Bagian yang paling khas adalah Blind Cave Tetra tidak memiliki mata saat dewasa. Selama dua minggu pertama kehidupannya, Blind Cave Tetra memiliki mata dan tampaknya dapat melihat.

Ada beberapa nama umum lainnya untuk Blind Cave Tetra, antara lain: Ikan Gua Buta, Tetra Meksiko dan Tetra Keperakan.

Panjangnya sekitar 9 cm, Rentang hidup adalah sekitar 8 tahun.

Blind Cave Tetra dapat menemukan jalur renang di sekitar akuarium tanpa banyak kesulitan. Tidak  jelas bagaimana mereka bisa melakukan ini. Blind Cave Tetra memiliki indera penciuman yang baik yang membantu mereka menemukan makanan tetapi ini tidak sepenuhnya menjelaskan bagaimana Blind Cave Tetra mampu bernavigasi di sekitar akuarium. Ada beberapa teori dan sedang dipelajari.

Contoh Evolusi

Bagi sebagian orang, Evolusi adalah kata yang kotor jadi Kami bahkan ragu untuk menggunakannya dalam artikel deskriptif tentang ikan Blind Cave Tetra. Jika Sobat Exotic lebih suka penjelasan lain untuk pembentukan subspesies ini, Kami cukup senang dengan upaya Sobat Exotic.

Apa yang tampaknya terjadi adalah beberapa ikan dari spesies Astyanax fasciatus menemukan jalan ke dalam sistem gua bawah tanah di Meksiko. Ikan ini memiliki mata dan dapat melihat seperti kebanyakan ikan. Dalam kegelapan, mata mereka tidak banyak berguna dan mata menggunakan energi serta sejumlah besar kekuatan otak untuk menginterpretasikan gambar. Ikan yang tidak menggunakan begitu banyak energi dan kekuatan otak untuk mengunakan matanya memiliki keuntungan dan berkembang biak lebih banyak. Selama beberapa generasi ikan tanpa mata menggantikan ikan dengan mata dan subspesies baru terbentuk.

Kami harus menjelaskan bahwa fase Subspesies tidak menyarankan segala bentuk inferioritas tetapi hanyalah sebuah kelompok taksonomi di bawah tingkat spesies tetapi di atas varietas.

Blind Cave Tetra tidak dianggap sebagai spesies yang terpisah dari ikan yang tinggal di permukaan dan memiliki mata. Blind Cave Tetra akan tetap mampu berkembang biak secara bebas dengan sepupu tetra mereka yang dapat melihat, jadi ini bukanlah contoh pembentukan spesies baru.

Persebaran Ikan Blind Cave Tetra

Blind Cave Tetra ditemukan di gua-gua di Meksiko dan Texas sementara sepupunya yang terlihat ditemukan sedikit lebih jauh ke selatan di Amerika Selatan Tengah dan utara.

Info Pets Selanjutnya  Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Koi

Harga

Ikan Blind Cave Tetra (Astyanax mexicanus) adalah jenis ikan hias air tawar yang cukup unik dan jarang ditemukan di pasaran. Harga Ikan Blind Cave Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk Ikan Blind Cave Tetra berkisar antara Rp.100.000 – Rp.200.000 per ekor. Beberapa jenis ikan Blind Cave Tetra yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Blind Cave Tetra memiliki warna yang unik, yaitu warna putih keabu-abuan. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang tidak memiliki mata, karena ikan ini ditemukan di gua-gua yang gelap. Ikan Blind Cave Tetra cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Cara Perawatan Ikan Blind Cave Tetra

Karena Blind Cave Tetra tidak memiliki penglihatan, Sobat Exotic mungkin berpikir bahwa ikan ini akan sulit untuk dirawat. Pada kenyataannya, merawat Blind Cave Tetra tidak jauh berbeda dengan merawat spesies ikan tetra lainnya. Sobat Exotic hanya perlu membuat beberapa setelan dalam hal dekorasi Akuarium. Seperti yang Sobat Exotic lakukan untuk spesies ikan apa pun, Sobat Exotic juga perlu memenuhi kondisi Akuarium agar sesuai dengan kebutuhan Blind Cave Tetra.

Ikan Blind Cave Tetra

Spesies ini lebih menyukai suhu Akuarium yang lebih hangat antara 20°C hingga 25°C dan kekerasan air sekitar 30 dGH. Blind Cave Tetra juga menyukai air yang netral hingga sedikit basa, jadi pertahankan pH antara 6,5 dan 8,0.

Blind Cave Tetra bukanlah spesies ikan yang sangat besar tetapi Sobat Exotic disarankan untuk memelihara di dalam Akuarium yang berkapasitas tidak lebih kecil dari 100 Liter. Seperti tetra lainnya, Blind Cave Tetra paling baik dipelihara di kawanan dengan beberapa spesiesnya sendiri, jadi pertimbangkan hal itu saat memilih ukuran akuarium.

Info Pets Selanjutnya  5 Jenis Ikan Yang Bisa Dipelihara di Akuarium Air Asin

Dalam hal dekorasi, yang terbaik adalah menjaga akuarium agar tetap sederhana. Lapisi bagian bawah Akuarium Sobat Exotic dengan pasir lembut atau substrat kerikil halus dan hiasi dengan batu datar dan potongan kayu apung. Tumbuhan air hidup bukan bagian dari lingkungan alami Blind Cave Tetra, tetapi Sobat Exotic dapat menambahkan beberapa tanaman terapung ke Akuarium  untuk menjaga kadar oksigen tetap tinggi dan untuk meredakan pencahayaan Akuarium sehingga tidak terlalu terang untuk ikan peliharaan Sobat Exotic.

Kondisi Air

Blind Cave Tetra adalah ikan yang sangat tangguh, jadi meskipun kisaran suhu idealnya mungkin antara 20 dan 30 derajat C, mereka akan bertahan hidup di air yang sedikit lebih panas dari ukuran ini dan juga jauh lebih dingin, jadi mereka cocok untuk Akuarium tropis atau yang tidak menggunakan mesin pemanas.

Ikan ini juga dapat mentolerir tingkat keasaman hingga sekitar 6 atau beberapa alkalinitas hingga sekitar 8, jadi selama Sobat Exotic menghindari kondisi yang ekstrem, kondisi ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Blind Cave Tetra dapat mentolerir tingkat kekerasan yang cukup tinggi di dalam air.

Makanan Blind Cave Tetra

Blind Cave Tetra adalah omnivora yang sangat mudah diberi makan. Mereka akan memakan semua jenis makanan ikan normal dan memiliki kemampuan untuk makan lebih cepat daripada kebanyakan ikan dan memakan banyak dalam satu waktu. Merupakan ide bagus untuk memberi mereka berbagai jenis makanan.

Pendamping Akuarium

Beberapa sumber dari orang dalam menggambarkan Blind Cave Tetra sebagai ikan yang damai. Ini bukan pengalaman Kami. Kami pasti akan menghindari menempatkan mereka bersama dengan ikan kecil seperti Neon Tetra dan Cardinal Tetra serta ikan bersirip panjang yang bergerak lambat seperti Siamese Fighting Fish, Guppi dan Endlers Guppi.

Ikan yang lebih cocok menjadi pendamping Blind Cave Tetra adalah: Red EyeTetra, Silvertip Tetra, Gold Barbs, Cherry Barbs, Pristella Tetra, Rummy Nose Tetra, Harlequin Rasboras, Scissortail Rasboras, Lemon Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Swordtails, Platies, Mollies, Zebra Danios, Glowlight Tetra, White Cloud Mountain Minnows, Black Widow Tetra, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetra, Penguin Tetra, Buenos Aires Tetra dan Colombian Tetra, serta ikan lele Corydoras seperti Lele Lada.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Diamond Tetra

Beberapa orang memelihara Blind Cave Tetra di akuarium yang tidak dipanaskan dengan Goldfish, Rosy Barbs dan ikan lain yang cocok. Mereka bisa hidup bersama dengan baik, tetapi Kami pasti akan menghindari ikan mas mewah dengan sirip panjang atau mata besar. Hidup bersama ikan komet atau shubunkin yang sedikit lebih besar dari Blind Cave Tetra di dalam Akuarium, mereka seharusnya baik-baik saja, tetapi selalu awasi ikan Sobat Exotic, dan hindari perbedaan ukuran yang besar antara jenis ikan yang berbeda.

Jangan menempatkan Blind Cave Tetra dengan ikan besar atau predator seperti cichlid yang lebih besar atau Hiu Putih Besar.

Cara Membedakan Jenis Kelamin

Betina menjadi lebih gemuk daripada jantan ketika perut mereka penuh dengan telur.

Cara Budidaya Ikan Blind Cave Tetra

Ikan Blind Cave Tetra adalah penebar telur. Mereka mudah dikondisikan untuk berkembang biak karena mereka makan begitu banyak dan siap kawin setiap kali makan. Ikan ini dapat dirangsang untuk berkembang biak dengan penurunan suhu. 18 – 20 derajat C, kondisi ini tampaknya sebagai suhu pemijahan yang cocok. Induknya harus dipisahkan setelah proses pemijahan, tetapi telurnya tidak boleh diganggu.

Betina Blind Cave Tetra hanya bertelur sekitar 150 butir telur dan jauh lebih besar daripada kebanyakan ukuran telur ikan tetra dan akan menetas antara 1 dan 3 hari, burayak akan berenang bebas dalam 6-7 hari sejak pemijahan.

Karena ukurannya yang besar, Burayak akan makan lebih cepat daripada ikan kecil. Burayak dapat melihat selama sekitar dua minggu. Mereka akan memakan protozoa (infusoria) seperti kebanyakan burayak ikan tetapi juga bisa memakan hal-hal seperti daphnia. Makanan kering seperti pelet komersial juga cocok. Burayak ini cukup kuat dan harus tumbuh dengan baik.

Ekologi

Pastikan ikan peliharaan Sobat Exotic tidak bisa keluar ke ekosistem yang bukan tempat asalnya. Potensi kerusakan ekologis oleh Blind Cave Tetra cukup besar.