Penyakit Umum Pada Ball Python Dan Cara Mengobatinya

Penyakit Umum Pada Ball Python Dan Cara Mengobatinya

Penyakit umum pada ball python seringkali dapat dideteksi dan ditangani sendiri di rumah.

Untuk pemilik bola python pemula, menangani ular untuk pertama kalinya bisa sangat mengasyikkan. Beri waktu kepada ular beberapa hari untuk menetap di rumah barunya sebelum sobat Exotica mulai mengambilnya.

Karena ular piton umumnya pemalu, jangan paksa ular untuk segera ditangani jika tampaknya belum siap. Ketika sobat Exotic mencoba untuk mengambilnya dan bergerak menjauh, ular akan menggertak dengan cara mendesis dan mengancam ekornya. Bersikaplah tegas tetapi lembut.

Dengan sesi kontak harian dengan ular, tidak peduli seberapa singkat, itu akan membangun kepercayaan di antara sobat Exotic berdua. Setelah nyaman dengan kehadiran sobat, selanjutnya bisa mulai membiarkan ular berkeliling di sekitar rumah. Namun, jangan langsung menganggap ini sebagai kesetiaan. Melihat peluang, ular akan meluncur dan lari dari sobat Exotic.

Bersikaplah lembut, hindari gerakan tiba-tiba. Jika ular melilit di leher atau lengan, lepaskan dengan hati-hati, menariknya ke ekor. Kemudian lepaskan dengan hati-hati dari sekitar lengan atau leher sobat Exotic. Jangan pernah membuka lilitan ular  dengan menggerakkan kepalanya. Ada juga ular sensitif dengan temperamen buruk setelah makan. Masukkan python kembali ke kandangnya setelah makan.

Nah, Pastinya sobat Exotic tidak ingin ular peliharaan mengalami hal yang buruk karena penyakit yang dialami. Kenali tanda-tanda-tanda berikut ini :

Cara Mengobati Penyakit Umum Pada Ball Python

  • Muntah

Salah satu penyakit ball python yang paling umum adalah muntah. Jangan pernah memegang python peliharaan tepat setelah mereka makan; ball python bisa memuntahkan kembali makanannya. Jika hewan peliharaan sedang stres karena perasaan tidak aman atau jika mengindap parasit internal atau eksternal di dalam tubuhnya, ball python cenderung memuntahkan makanannya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Indian Star Tortoise, Pengaturan Suhu Dan Setelan Kandang

Untuk membantu menghindari muntah, ada baiknya ball python peliharaan sobat Exotic beristirahat setelah makan. Bagaimana cara bisa membujuknya untuk tidur? Naikkan suhu kandang ke tingkat yang direkomendasikan untuk jenis ular yang dipelihara.

Jika sobat telah menyiapkan tempat berjemur yang ideal (hot spot), ular akan berbaring di sana sementara makanannya dicerna, dan kemungkinan jauh lebih kecil untuk dimuntahkan.

  • Sembelit

Jika hewan peliharaan tidak buang air besar sesering yang seharusnya, dengan susah payah atau jika kotorannya kering, kemungkinan besar ball python sedang terkena sembelit.

Kelembaban dan suhu yang rendah adalah penyebab paling umum dari sembelit. Sobat Exotic bisa menghindarinya dengan menyimpan air bersih yang cukup di dalam kandang. Selain itu, simpan semangkuk air HANGAT dan dorong ular piton Anda untuk berendam di dalamnya.

  • Pembusukan sisik
Penyakit Umum Pada Ball Python Dan Cara Mengobatinya

Jika sobat Exotic melihat ada sisik yang terkelupas atau berubah warna menjadi merah muda, merah atau coklat, pada daerah perut. Kemungkinan ball python menderita pembusukan sisik. Penyakit ini dapat menyerang hanya pada beberapa sisik atau satu area atau beberapa area sekaligus.

Terkadang penyebab pembusukan sisik bisa menjadi infeksi internal yang menyebar ke luar dan memanifestasikan dirinya sebagai pembusukan sisik.

Namun penyebab paling umum adalah kebersihan kandang yang tidak maksimal.

Jika kandang tidak dibersihkan dan didesinfeksi secara teratur, ball python mungkin harus melata diatas air seni dan kotorannya sendiri dalam waktu yang lama dan menjadi pembusukan sisik.

Pemberian salep antibiotik topikal bisa mengatasi masalah ini. Tetapi sobat harus memindahkan hewan ke kandang lain saat sobat Exotic membersihkan dan mendisinfeksi kandang utama.

Saat ball python sedang dirawat, jangan biarkan berendam di dalam air. Berikan air dalam mangkuk yang cukup besar agar mereka minum.

  • IBD atau Penyakit Tubuh Inklusi (Inclusion Body Disease)
Info Pets Selanjutnya  Dua Jenis Reptil Peliharaan Terbaik

IBD atau Penyakit Tubuh Inklusi (Inclusion Body Disease) adalah jenis virus yang paling banyak menyerang boids (python dan boas) seperti subspecies boa constrictor (Boa constrictor), Green anaconda (Eunectes murinus), Haitian boa (Epicrates striatus), Burmese python (Python molurus bivittatus), Indian python (P. m. molurus), Reticulated python (P. reticulatus), Ball python (P. regius), Carpet python (Morelia spilota), Diamond python (M. s. spilota), Eastern king snake (Lampropeltis getulus) dan pada Palm vipers (Bothriechis marchi). Ini berakibat fatal pada ular piton.

Beberapa toko hewan peliharaan masih menjual ular sanca dan boa bahkan yang mengidap IBD karena tingginya permintaan hewan peliharaan ini. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam membeli. Berikut adalah panduan dasar untuk membantu sobat Exotic mendeteksi boids yang sehat.

Luangkan waktu untuk mengamati ular erlebih dahulu di toko. Amati gerakan, mata, sisik dan lidah. Saat menambahkan Boid baru ke ular yang lain, amati prosedur karantina yang ketat. IBD dapat memakan waktu beberapa bulan sebelum mulai bermanifestasi.

Bawa Boid ke dokter hewan spesialis reptil jika sobat Exotic menyadari jika ular tidak beraktifitas dengan baik. Gejala termasuk muntah, kehilangan nafsu makan, infeksi pernapasan, mulut busuk dan posisi tubuh berkerut. Peringatkan dokter hewan sobat Exotic mencurigai ular menderita IBD. Dengan cara ini, dokter hewan dapat mengamankan tempat untuk Boid lain yang mungkin terinfeksi.

Penting untuk mengetahui lebih banyak tentang IBD. Dengan cara ini sobat Exotic akan memahami apa yang memicunya dan seberapa mematikannya bagi Boid. Penyakit ini tidak memerlukan kontak ular ke ular agar IBD menyebar.

Sebagian besar virus mengudara, jadi sobat Exotic perlu berpikir dua kali sebelum membawa Boids Anda ke tempat-tempat, di mana di dalamnya, sobat Exotic dapat bertemu ular dengan pemilik yang ceroboh.

Info Pets Selanjutnya  Perbedaan 6 Jenis Iguana

Saat terinfeksi IBD, coba gunakan nolvasan atau chlorhexidine diacetate. Ini digunakan untuk membersihkan kandang secara menyeluruh dan mendisinfeksi mangkuk air dan makanan, bak cuci, bak mandi dan tangan di antara area lainnya.

Gunakan betadine (yodium/povidone) untuk membersihkan luka dan goresan.

Selalu sisihkan air dan mangkuk makan, serta mangkuk penyimpanan makanan, bak mandi atau mangkuk berendam dan bahkan spons yang digunakan oleh ular sobat Exotic.

 

Ivan

Top