Ular Peliharaan Ball Python Atau Boa?

Ular Peliharaan Ball Python Atau Boa?

Ada dua jenis ular peliharaan umum yang sering dipilih keeper, ball python dan boa. Keduanya adalah reptil peliharaan yang fantastis untuk keeper kekinian.

Sobat harus  mempertimbangkan untuk memiliki ular. Ular peliharaan kerap diremehkan namun tidak seburuk kelihatannya. Faktanya, ular cukup mudah dirawat dan dipegang, itulah sebabnya ular adalah reptil peliharaan yang luar biasa.

Apa yang dibutuhkan ular adalah kandang yang tepat, suhu, makanan dan beberapa kebutuhan di dalam kandangnya dan ular akan menjadi reptil peliharaan terbaik yang pernah ada.

Exotic Market Indonesia Mencoba Membantu Sobat Mencari Jawabannya.
Ball python dan boa merupakan ular peliharaan yang umum. Tetapi ular ini sangat berbeda dalam banyak hal. Ball python adalah ular dari dunia lama, yang berarti mereka umum di Afrika, Ghana, Sudan dan sungai Nil. Boa, di sisi lain, adalah ular Dunia Baru, jadi rumah mereka ada di Mexico sampai Agentina. Tapi baik ular ball python maupun boa termasuk dalam famili boidee (klasifikasi untuk ular ini, juga didalamnya ada ular anakonda).

boa

Ular ball python memproduksi telur, dengan indukan betina yang mampu mengeluarkan lebih dari satu lusin telur dalam satu sesi. Ular ball python juga memiliki morph atau pola tubuh, serta sepasang tulang rahang atas yang dianggap sebagai taring.

Banyak keeper berpikir bahwa ular ball python adalah makhluk yang agung dan beberapa spesies ular ini diketahui dapat tumbuh sangat besar seperti burmese python. Tapi ball python peliharaan sobat tidak akan sebesar itu. Ball python peliharaan berukuran relatif kecil dan jarang tumbuh lebih besar dari dua meter. Ball python adalah reptil yang jinak dan akan melingkar ketika merasa terancam. Ular ini juga bisa hidup hingga lebih dari 40 tahun,

Mengapa Sobat Ingin Membeli Ular

Boa adalah ular yang lebih besar dan cantik secara umum. Perbedaan besar antara boa constrictors dan ular ball python adalah bagaimana mereka bereproduksi, ular boa bertelur di usia yang relatif lebih muda.

Mereka sangat mudah dirawat dan menjadi reptil yang fantastis untuk keeper pemula. Perlu diingat bahwa boa yang dijual lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, jadi sobat perlu memperhatikan untuk menjaga kandang dan suhu yang tepat. Mereka juga dapat tumbuh cukup besar dan mungkin memerlukan kandang yang lebih besar.

Ular boa bisa hidup cukup lama bahkan hingga 40 tahun. Meskipun ular boa tidak memiliki nafsu makan yang besar seperti ular ball pthon, ular boa dewasa tetap membutuhkan hewan besar untuk dimakan, termasuk lebih banyak tikus atau bahkan pakan yang lebih besar seperti anjing.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Kura-Kura Air Di Kolam

Selalu Beli Reptil Dari Penjual Yang Bereputasi Baik.
Aturan pertama  saat membeli reptil secara online adalah pastikan sobat membeli dari penjual yang memiliki reputasi baik. Sobat harus memastikan bahwa membeli ular hasil budidaya. Banyak ular yang dijual di toko hewan peliharaan atau yang sobat beli di pameran sering kali merupakan tangkapan dari alam liar yang dapat menimbulkan serangkaian masalah baru bagi reptil. Jangan takut untuk bertanya sebelum membeli reptil,  sehingga sobat Exotic bisa membuat keputusan yang tepat.

Pada akhirnya, setiap individu ular akan berbeda dan setiap jenis memiliki karakteristiknya sendiri yang harus dipertimbangkan ketika memilih calon ular peliharaan. Komitmen jangka panjang juga merupakan keharusan untuk memastikan ular peliharaan dapat berkembang biak. Jadi jangan hanya menganggap hewan peliharaan ini sebagai investasi jangka pendek melainkan anggota keluarga jangka panjang.

Daftar Spesies Ular Yang Cocok Dijadikan Ular Peliharaan

Boa adalah salah satu ular terbaik untuk dijadikan hewan peliharaan. Kebanyakan boa adalah ular besar dan belum tentu cocok untuk pemilik yang belum memiliki pengalaman.

Secara umum, ular boa berukuran besar dan kuat, biasanya menyenangkan untuk ditangani dan jinak. Ada 28 spesies boa yang diakui dan banyak dari mereka dapat dipelihara di penangkaran. Ini adalah daftar spesies boa yang paling cocok untuk penangkaran.

Common Boas (Boa Constrictor Imperator)

Common Boas juga dkenal sebagai Boa Amerika Tengah atau Boa Kolombia, habitat asli mulai dari Meksiko hingga Amerika Selatan bagian tengah. Dengan tampilan dan habitat yang bervariasi, mereka berkembang-biak di mana-mana mulai dari hutan hujan hingga semak belukar. Mayoritas Boa Constrictors di penangkaran adalah Common Boas, yang sebagian besar berasal dari Columbia.

Meskipun tidak ada jenis boa yang merupakan ular peliharaan sempurna, Common Boa paling mendekati reputasi ini. Mereka cenderung jauh lebih murah daripada boa jenis lain seperti Red Tailed, namun masih merupakan ular yang memiliki tampilan indah, sering dengan tanda mencolok. Mereka biasanya sangat jinak, bisa memakan mangsa yang dicairkan tanpa kesulitan dan secara umum mudah dirawat.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Darat: Tips Membeli dan Memelihara

Cenderung sedikit lebih kecil dari Boa Ekor Merah, Boa Constrictor Imperator umumnya akan mencapai panjang3 meter saat dewasa. Pejantan akan cenderung sedikit lebih pendek dan kurang tegap dibandingkan betina dan jenis kelamin biasanya dapat ditentukan oleh taji anal yang cukup menonjol pada jantan.

Neonatus akan berukuran sekitar 45cm saat lahir dan biasanya akan mulai bisa makan dengan baik jika diberikan pakan berupa tikus.

Jika sobat Exotic menginginkan ular cantik yang relatif mudah dirawat dan  ditangani, Common Boa mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Red Tailed Boas (Boa Constrictor Constrictor)

Boa Ekor Merah hanya ditemukan di lembah Amazon dan Orinoco, Brasil utara, Peru timur, Suriname, Guyana dan Kolombia selatan. Mereka umumnya berwarna terang dengan tanda punggung mencolok yang berwarna merah, hitam, pada sepertiga bagian depan ular.

Umumnya lebih panjang dan lebih berat dari common boa, Red Tails Boa dapat tumbuh hingga lebih dari 4 meter panjangnya, meskipun umumnya hanya sepanjang 3 meter saja.

Red Tailed Boa dianggap cocok untuk pemelihara yang lebih berpengalaman, sebagian besar karena ukurannya yang lebih besar dan fakta bahwa mereka lebih sulit berkembang biak di penangkaran daripada boa biasa. Mereka juga jauh lebih mahal daripada boas biasa. Jika sobat Exotic siap untuk memelihara ular berukuran besar dan dapat menampung kandang yang cukup besar, mereka adalah hewan yang benar-benar hebat. Seekor ular dewasa besar akan membutuhkan kandang minimal 4×4 meter’ dan biasanya akan memakan tikus atau kelinci besar setiap dua minggu.

Dumeril’s Boas (Boa Dumerili)

Dumeril adalah spesies ular yang dilindungi oleh CITES dari Madagaskar. Status CITES dari spesies ini menyatakan bahwa spesimen budidaya WC atau CF tidak dapat diekspor, tetapi hal ini tidak mencegah ular CB untuk dipelihara. Jika sobat Exotic membeli Boa Dumeril, sobat memerlukan dokumen CITES untuk membuktikan asalnya dan chip mikro. Setiap peternak atau penjual terkemuka yang menawarkan Boa Dumeril dapat mengatur dokumen dan memberi nasihat tentang chipping mikro, ular dewasa harus sudah memasang chipping, tetapi juvenil terlalu kecil untuk proses chipping dan akan memerlukan kunjungan ke dokter hewan untuk memasukkan chip saat mereka cukup besar.

Mereka adalah alternatif yang sangat baik dibandingkan Common atau Red Tailed Boa untuk pemelihara yang menginginkan boa besar, tetapi ragu memiliki ular sepanjang 4 meter. Ular ini sangat jarang melebihi 3 meter dan ular dewasa sering tidak melebihi 2 meter.

Info Pets Selanjutnya  Tips Menjaga Kesehatan Iguana

Cara perawatan serupa dengan common boa, meskipun beberapa spesimen bisa lebih bermasalah saat diberi makan dan sedikit lebih rentan terhadap stres.

Rainbow Boas (Epicrates cenchria)

Rainbow boas mendapatkan nama ini karena warna-warni pada kulit mereka ketika terkena sinar matahari atau cahaya terang lainnya. Ada beberapa subspesies, ditemukan di sebagian besar Amerika Selata, dan di antaranya Brasil (E.c. CenchriaI) dan Kolumbia (E.c. Maurus) yang paling umum di penangkaran.

Rainbow Boas dianggap sebagai ular yang lebih maju dan hanya cocok untuk herpetokulturis berpengalaman. Ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa ular jenis ini biasanya kurang toleran terhadap penanganan daripada ular seperti boa constrictors.

Apakah Rainbows Boas cocok untuk dipelihara sebagai ular pertama sangat tergantung pada apa yang sobat Exotic inginkan dari seekor ular. Jika menginginkan ular yang dapat ditangani kapan pun dan tidak perlu terlalu khawatir tentang ular yang agresif, maka Rainbow Boa mungkin bukan pilihan untuk sobat Exotic. Jika menginginkan ular cantik yang dapat diamati dari vivariumnya seperti  menikmati ikan di akuarium, maka sebenarnya tidak ada alasan mengapa Rainbow Boa tidak dapat dipelihara sebagai ular pertama, asalkan sobat Exotic mampu memberikan lingkungan dan perawatan yang dibutuhkannya.

Suhu yang dikontrol oleh termostat sekitar 26 C di malam hari, naik ke 29 C di siang hari. Kelembaban harus dijaga cukup tinggi. Selain kolam maupun mangkuk air yang cukup besar untuk mereka berendam, kandang juga harus disemprot setiap hari. Ular ini sangat jarang minum dari kolam, tetapi akan mengambil tetesan air dari dahan dan daun, bahkan sisiknya sendiri.

Spesies boa lainnya

Tentu saja ada banyak spesies boa lain, termasuk spesies yang jauh lebih kecil seperti boa merah dan boa tanah. Tetapi bagi pecinta reptil yang menginginkan ular yang benar-benar luar biasa dan mampu berkomitmen untuk memelihara ular besar selama 25 tahun lebih, salah satu dari spesies luar biasa diatas pasti akan menjadi pilihan sobat Exotic.

 

Ivan

 

Top