Panduan Merawat Ikan Silvertip Tetra

Ikan Silvertip Tetra (Hasemania nana) terkadang disebut dengan ikan Copper tetra. Mereka berasal dari Sungai Sao Francisco dan anak sungainya di Brasil. Meskipun SilvertipTetra bisa tumbuh hingga sekitar 5 cm, sebagian besar populasi yang terlihat berukuran kurang dari setengahnya.

Nama ilmiah lain yang pernah digunakan untuk ikan ini adalah Hasemania marginata, Hasemania nana, Hemigrammus nanus dan Tetragonopterus nanus.

Ukuran Akuarium

Karena ukurannya yang kecil, ikan silvertip tetra tidak membutuhkan akuarium berukuran besar untuk tetap sehat. Sekelompok ikan kecil ini dapat dipelihara dengan baik dalam Akuarium berukuran 75 Liter. Namun untuk hasil terbaik, sebaiknya pelihara dengan menggunakan ukuran Akuarium minimal 100 liter.

Akuarium berukuran 100 Liter cukup untuk mendukung kehidupan kawanan kecil ikan ini. Sebagai aturan praktis yang baik, sediakan volume 5 liter untuk setiap ikan tetra dewasa yang Sobat Exotic pelihara.

Perlengkapan Akuarium

Biasanya, persiapan pemeliharaan terbaik untuk jenis ikan apa pun adalah menciptakan kembali lingkungan alaminya semirip mungkin di akuarium milik Sobat Exotic. Meskipun cara itu masih berlaku dalam memelihara Silvertip Tetra, Sobat Exotic dapat mengcobal beberapa ide kreatif untuk memberikan kehidupan yang lebih memuaskan bagi ikan air tawar ini.

Ikan Silvertip Tetra

Mulailah dengan menggunakan lapisan substrat pasir halus. Substrat pasir sangat mirip dengan dasar sungai alami. Plus, aman dan cocok untuk semua ikan perenang bawah yang mungkin Sobat Exotic tambahkan nanti.

Di atas bahan substrat, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa potongan kayu apung dan batu. Sobat Exotic juga dapat meletakkan beberapa daun almond ke dalam substrat.

Selanjutnya, Sobat Exotic bisa menambahkan tanaman. Yang cukup menarik, silvertip tetra tidak banyak terpapar tanaman di alam liar. Habitat alami mereka dipenuhi dengan daun dan ranting tanaman yang tumbang daripada vegetasi yang subur.

Info Pets Selanjutnya  Begini Cara Merawat Ikan Glass Bloodfin Tetra

Namun, ikan ini tampaknya menikmati beberapa tutupan tanaman. Berfungsi sebagai tempat bermain dan bersembunyi. Gunakan tanaman berdaun halus yang kuat.

Kondisi Air Akuarium

Tetra kecil ini tidak terlalu cerewet dibandingkan beberapa jenis ikan tetra mengenai parameter airnya. Mereka dapat hidup di kisaran suhu yang sedikit lebih lebar daripada kebanyakan ikan tropis, tetapi mereka  jelas merupakan ikan tropis, bukan ikan air dingin. Mereka harus hidup bahagia di Akuarium kelompok pada suhu 24 derajat C.

Ini dapat mmenerima pH antara 6 dan 8. Netral (7).  Meskipun di alam liar, Silvertip Tetra memiliki air yang lembut, namun dapat bertahan dengan kekerasan sedang.

Akuarium harus di atur dengan baik.

Makanan Ikan Silvertip Tetra

Silvertip Tetra adalah ikan omnivora yang mudah diberi makan. Mereka akan memakan semua jenis makanan ikan normal meskipun kadang-kadang akan menyukai makanan hidup seperti jentik nyamuk dan Daphnia. Makanan beku seperti Cacing Darah juga bagus.

Harga

Harga ikan Silvertip Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Silvertip Tetra adalah jenis ikan yang dikenal dengan nama ikan tetra perak atau ikan tetra dengan warna perak di ujung ekor dan pada bagian dada. Harga rata-rata untuk ikan Silvertip Tetra berkisar antara Rp.100.000 hingga Rp.500.00 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan. Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.

Kawanan Akuarium

Silvertip Tetra adalah ikan kawanan dan di dalam kawanan biasanya sangat damai. Kami menyarankan agar setidaknya memelihara 10 ekor Silvertip Tetra secara bersama. Lebih banyak akan lebih baik. Mereka kompatibel dengan ikan lain yang cukup damai.

Info Pets Selanjutnya  Alasan Mengapa Tempat Jual Beli Hewan Eksotis Selalu Ramai Pelanggan

Silvertip Tetra juga cukup cepat untuk dipelihara dengan ikan yang sedikit lincah seperti: Black Widow Tetra, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetra, Buenos Aires Tetra, dan Colombian Tetra.

Sekumpulan Silvertip Tetra terkadang baik-baik saja bahkan dengan ikan bersirip panjang dan bergerak lambat seperti ikan cupang, Guppies, dan Endlers Guppies, tetapi kami akan sangat berhati-hati dalam menyatukannya. Jika Sobat Exotic memiliki jumlah Silvertip tetra yang lebih sedikit sehingga mereka tidak dapat membentuk kawanan, kami pasti tidak akan merekomendasikan mereka sebagai teman untuk ketiga jenis ikan ini.

Hindari ikan besar atau sangat agresif untuk hidup bersama ikan kecil ini.

Membedakan Jenis Kelamin

Silvertip Tetra jantan cenderung memiliki warna lebih cerah daripada betina serta lebih ramping. Betina menjadi lebih gemuk saat mengandung telur.

Cara Budidaya Ikan Silvertip Tetra

Silvertip Tetra adalah penebar telur yang mudah dibudidayakan. Mereka bisa dibiakkan baik di kawanan kecil atau sebagai pasangan.

Idealnya, jantan dan betina harus dipisahkan dan dikondisikan dengan baik dengan makanan yang kaya protein seperti jentik nyamuk dan Daphnia serta makanan beku seperti Cacing Darah.

Jika kawin berpasangan, pilih jantan dengan warna paling cerah, dan betina paling montok dan berpenampilan terbaik.

Jika mencoba budidaya kawanan, pilih beberapa dari setiap jenis kelamin.

Akuarium budidaya harus remang-remang, dan berisi tanaman berdaun halus seperti Java Moss. Jika memungkinkan, letakkan sesuatu di bagian bawah tanaman untuk mencegah indukan memakan telur yang jatuh. Beberapa orang menggunakan kelereng untuk mengatasi ini, meskipun yang lain lebih menyukai jaring dengan ukuran yang sesuai.

Induk Akan Memakan Telur Silvertip Tetra

Induk akan memakan telur dan bayinya sehingga biasanya harus segera dikeluarkan setelah pemijahan.

Info Pets Selanjutnya  Beternak Ikan Oscar Dan Cara Perawatan

Telur akan menetas dalam waktu lebih dari satu hari, dan burayak akan berenang bebas dalam 3-4 hari. Mereka akan membutuhkan makanan enak seperti infusoria (Protozoa) selama beberapa hari. Proses ini dapat dilengkapi dengan makanan burayak komersial yang sangat halus. Segera mereka akan bisa makan makanan yang sedikit lebih besar. Pada semua tahap, makanan hidup dengan ukuran yang sesuai baik untuk mereka.

Perhatikan bahwa telur dan burayak bisa rusak oleh cahaya terang, pencahayaan rendah harus digunakan untuk pembibitan dan pemeliharaan Akuarium.

Menjaga Ekosistem Lokal

Meskipun Silvertip Tetra adalah ikan yang damai dan berperilaku baik di akuarium kawanan, tindakan pencegahan yang sama perlu dilakukan untuk mencegah pelepasannya secara tidak sengaja ke ekosistem yang bukan di tempat asalnya. Mereka pasti bisa merusak ekosistem lokal.