Panduan Merawat Ikan Phantom Glass Catfish

Phantom Glass Catfish sering diidentifikasi sebagai Kryptopterus bicirrhis tetapi yang umum dijual oleh toko ikan peliharaan Akuarium kemungkinan besar adalah Kryptopterus minor, spesies serupa tetapi agak lebih kecil. Kryptopterus bicirrhis mampu mencapai panjang sekitar 25cm sementara Kryptopterus minor hanya tumbuh sekitar 8cm.

Phantom Glass Catfish terkadang disebut Glass Catfish, Ghost Catfish atau Asian Catfish. Ada kemungkinan kebingungan lebih lanjut dengan Lele Kaca Afrika, Parailia pellucida, terkadang dijual sebagai Lele Kaca. Phantom Glass Catfish berasal dari Asia Tenggara termasuk Thailand, Malaysia dan Indonesia. Mereka berasal dari sungai dengan arus yang lamban, seringkali dengan area air yang tenang.

Cara Pemeliharaan Ikan Phantom Glass Catfish

Ikan Phantom Glass Catfish

Ikan Phantom Glass Catfish Paling baik dipelihara dalam pengaturan yang didekorasi dengan baik dengan beberapa tanaman permukaan atau vegetasi mengambang karena tampaknya ikan ini lebih menyukai kondisi yang relatif redup.

Penambahan serasah daun kering atau kerucut alder akan lebih menonjolkan rasa alami sementara tanin dan bahan kimia lain yang dilepaskan saat terurai dianggap bermanfaat bagi ikan dari lingkungan air gelap.

Jangan menambahkan ikan ini ke akuarium yang belum matang secara biologis karena rentan terhadap perubahan kimia air.

Kondisi Air

Di alam liar, air yang sering dihuni ikan ini cenderung keruh dengan sedimen tersuspensi. Dalam kondisi seperti ini ikan transparan ini sangat sulit dilihat, transparansi ikan bertindak sebagai kamuflase yang sangat baik. Ini bukan kondisi yang biasanya ditujukan untuk akuarium rumah.

Di akuarium mereka akan beradaptasi dengan air netral (7). Suhu 24 derajat C. Kami tidak memiliki masalah dengan kesadahan sedang air.

Akuarium harus banyak ditanami vegetasi.

Makanan Ikan Phantom Glass Catfish

Ikan ini adalah predator. Mereka akan memakan ikan lain hingga seukuran Guppy yang baru lahir. Makanan yang lebih normal untuknya termasuk jentik nyamuk dan Daphnia. Kami menemukan fakta bahwa mereka akan memakan serpihan pelet ikan yang normal dan berkualitas baik tanpa masalah, tetapi Kami telah melihat laporan bahwa mereka terkadang sulit diberi makan.

Info Pets Selanjutnya  Mudah Merawat Ikan Rummy Nose Tetra

Kawanan Akuarium

Phantom Glass Catfish jauh lebih nyaman dalam kawanan berisikan minimal 50 ekor.

Meskipun Phantom Glass Catfish adalah predator, mereka damai terhadap ikan lain asalkan tidak bisa menelannya dengan mulutnya yang kecil. Mereka pasti akan memakan bayi ikan, tetapi semua ikan dewasa berukuran wajar, bahkan Tetra Neon kecil, Tetra Kardinal, dan Tetra Neon Hijau aman.

Sahabat lain yang cocok termasuk Diamond Tetra, Splashing Tetra, White Cloud Mountain Minnows, Cherry Barbs, Penguin Tetra, Pristella Tetra, Glowlight Tetra, Red EyeTetra, Silvertip Tetra, Gold Barbs, Rummy Nose Tetra, Scissortail Rasboras, Lemon Tetra, Emperor Tetra, Head dan Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Swordtails, Platies, Mollies, Zebra Danios, Black Widow Tetra, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetra, Buenos Aires Tetra dan Colombian Tetra. Mereka juga cocok dengan Siamese Fighting Fish, Guppy dan Endlers Guppies.

Budidaya Phantom Glass Catfish

Menurut info orang dalam bahwa di Afrika, sebuah teknik telah dikembangkan untuk membiakkan Phantom Glass Catfish. Jika demikian, Kami tidak dapat menemukan metodenya. Mungkin orang-orang dari sektor komersial yang melakukan ini memilih untuk tidak memberi tahu calon pesaing tentang metode rahasia mereka.

Ada informasi cara lain tentang pengembangbiakan ikan ini dan saran ini berdasarkan pada laporan tersebut.

Beri makan dengan baik sebelumnya dengan makanan hidup seperti jentik nyamuk. Simulasikan awal musim hujan dengan penggantian air parsial setiap hari menggunakan air lunak. Turunkan ketinggian air dan turunkan suhu sekitar 2 derajat C.

Telur-telur itu, seandainya Sobat Exotic berhasil membudidayakan mereka, diletakkan di tanaman, mungkin beberapa ratus butir telur dari setiap betina.

Induknya harus dipisahkan dan burayak diberi makan makanan hidup kecil.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Harga

Harga ikan Phantom Glass Catfish bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Phantom Glass Catfish adalah jenis ikan yang dikenal dengan nama ikan kucing kaca atau ikan kucing dengan warna kaca yang transparan. Harga rata-rata untuk ikan Phantom Glass Catfish berkisar antara Rp.500.000 hingga Rp.900.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.

Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian. Namun, harus diperhatikan bahwa ikan ini cukup jarang ditemukan di pasaran, sehingga harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi dari harga rata-rata.

Bahan Saus ikan

Phantom Glass Catfish adalah bahan utama dari beberapa jenis saus ikan asin yang digunakan dalam masakan Asia.

Ekosistem

Tidak seperti sebagian besar ikan yang umum di jual, setidaknya beberapa  ratus ekor Phantom Glass Catfish ditangkap di alam liar. Ikan ini sangat umum di beberapa tempat dan tidak dalam status terancam punah. Ingat, Jangan lepaskan ikan peliharaan apa pun ke alam liar.