Panduan Merawat Iguana Di Rumah

Iguana mencerminkan kesederhanaan, kesabaran, kedamaian dan daya tahan. Mereka dimiliki oleh orang-orang yang kepribadiannya dekat dengan karakter mereka.

Ya Sobat Exotic, Iguana adalah hewan peliharaan yang keren, mereka dapat dipelihara oleh semua pecinta reptil, tua maupun muda.

Namun untuk memelihara diperlukan pengetahuan yang tepat tentang karakteristik dan cara merawat.

Poin-poin Penting Yang Perlu Sobat Exotic Perhatikan

Kandang

Iguana harus diletakkan di dalam kandang dengan ruang yang cukup untuk bergerak dan memiliki beberapa cabang pohon untuk mereka panjat dan melatih otot mereka. Atur ventilasi udara dengan baik.

Jaga kebersihan karena mereka bisa tertular infeksi bakteri yang tumbuh subur di kotoran dan kandang.

Habitat

Lingkungan hidup iguana harus mencerminkan habitat asli. Dari segi bau, suara dan suhu, area habitat harus bebas dari pencemaran udara dan suara. Pengaturan suhu yang dibutuhkan antara 26 hingga 32 derajat selsius.

Pemanasan

Iguana membutuhkan sinar matahari tetapi terlalu banyak terkena terpapar juga berbahaya. Mereka sebagai hewan berdarah dingin harus tetap mendapatkan kehangat. Gunakan lampu UVB dan UVA yang banyak tersedia di toko online.

Makan

Merawat Iguana Di Rumah

Iguana muda memakan serangga karena tubuh mereka membutuhkan banyak protein. Seiring bertambahnya usia, mereka membutuhkan makanan nabati yang kaya akan kalsium, fosfor dan kalium.

Secara alami, iguana adalah herbivora. Mereka hanya memakan serangga sebagai naluri bertahan hidup ketika tidak ada makanan yang tersedia di alam liar.

Protein baik disaat iguana masih kecil tetapi untuk iguana dewasa, protein tidak dianjurkan karena sistem pencernaan tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Berikan sayuran dan buah-buahan.

Dari hasil pengamatan, perbandingan pertumbuhan antara iguana yang diberi makan serangga dan iguana yang diberi makan sayuran. Iguana yang diberi makan full sayuran dan buah mengalami pertumbuhan jauh lebih cepat dan hidup lebih lama dibandingkan jika mereka full memakan serangga.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kadal Dan Mitos Umum Mereka

Jika sobat Exotic serius dalam merawat iguana, sobat harus mempelajari terlebih dahulu karakteristik dan harus siap untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan dalam memelihara iguana, mencapai potensi pertumbuhan maksimal dan tetap sehat sepanjang hidup.

Iguana yang sehat, tumbuh sempurna bisa menjadi simbol kesuksesan bagi pemiliknya.

Apa Saja Jenis Pemanas Reptil?

Sudah menjadi sifat alami manusia untuk merawat hewan dengan baik. Inilah sebabnya mengapa banyak sobat Exotic memiliki hewan peliharaan di rumah dengan berbagai alasan, beberapa mengadopsi hewan untuk memberi mereka rumah dan keluarga sementara yang lain melakukannya karena mereka menginginkan perlindungan dan teman. Bagi sobat Exotic yang lain, mengadopsi hewan peliharaan menjadi hobi dan gairah, ini terutama berlaku untuk pecinta binatang. Beberapa hewan peliharaan yang biasa dimiliki orang di rumah adalah kucing, anjing, ikan, burung dan kelinci.

Tapi saat ini, ada tambahan hewan peliharaan yaitu reptil. Sementara kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa hewan ini terlalu berbahaya untuk dipelihara di rumah, ada banyak orang yang senang merawatnya. Jika sobat Exotic ingin memiliki reptil sebagai hewan peliharaan, penting bagi untuk memahami bahwa berbagai jenis reptil memerlukan persyaratan yang berbeda agar tetap sehat.

Karena reptil adalah hewan berdarah dingin, salah satu persyaratannya adalah penggunaan pemanasan tambahan. Hal ini karena sekali reptil menjadi dingin, mereka akan merasa lesu sampai-sampai mereka tidak bisa melakukan aktifitas. Terkadang, kasus seperti ini bahkan dapat menyebabkan kematian. Jika memberi mereka pemanas tambahan, sobat Exotic akan yakin bahwa reptil akan tetap sehat dan bugar.

Untuk dapat memberikan panas yang dibutuhkan reptil peliharaan, sobat Exotic memerlukan pemanas reptil. Berikut adalah beberapa jenis pemanas yang perlu diketahui:

Info Pets Selanjutnya  Iguana Mengalami Impaksi? Ini Solusinya

* Batu Pemanas. Dengan menggunakan batu panas buatan ini, sobat Exotic dapat mensimulasikan lingkungan gurun yang pasti dapat dinikmati oleh kadal peliharaan. Namun waspada dengan hewan peliharaan kerap mendapatkan luka bakar. Ini adalah masalah yang umumnya terkait dengan penggunaan batuan panas buatan tetapi jarang tejadi dalam penggunaan matras bantalan pemanas . Untuk mencegah hal ini, sobat Exotic harus menggunakan termostat yang tepat untuk iguana dan kadal.

* Pemanas Keramik. Menggunakan gaya lampu pijar yang mampu menghasilkan panas terbaik. pemanas jenis ini paling cocok untuk reptil yang hidup panas seperti ular, kura-kura dan beberapa jenis kadal. Menggunakan pemanas jenis ini membutuhkan termostat serta penutup dan lampu juga jika hewan peliharaan sobat Exotic adalah kadal.

* Lampu Pemanas. Ada berbagai macam bohlam yang tersedia untuk kebutuhan pemanasan yang berbeda untuk setiap jenis reptil. Lampu ini menggabungkan sumber panas dan cahaya dengan baik. Lampu pemanas merah atau di Indonesia dikenal dengan nama infrared heater juga tersedia untuk spesies reptil nokturnal. Dalam penggunaan lampu pemanas, kotak jala diperlukan untuk melindungi hewan peliharaan saat mendekatinya. Alat lain yang sobat Exotic butuhkan adalah termostat.

Bantalan pad pemanas. Dari semua jenis bahan pemanas yang ada, ini adalah yang paling murah dan juga memberikan panas paling sedikit. Panas yang diberikannya mungkin cukup untuk beberapa jenis reptil tetapi mungkin tidak cukup untuk ular dan reptil penyuka panas lainnya. Alat ini berupa potongan plastik tipis yang mengeluarkan sedikit panas, mudah digunakan dan membutuhkan sedikit biaya listrik.

Semua jenis alat pemanas diatas dapat digunakan untuk kebutuhan reptil sobat Exotic. Yang harus dilakukan adalah memilih yang terbaik untuk reptil.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ular Ball Python

Akbar