Mudah Merawat Ikan Rummy Nose Tetra

Ikan Rummy Nose Tetra (Hemigrammus rhodostomus) yang berasal dari lembah Amazon Bawah dan Sungai Orinoco bukan tentang Tetra Hidung Rummy Palsu, Hemigrammus bleheri dari lembah sungai Rio Negro dan Rio Meta atau Petitella georgiae dari lembah Amazon Atas di Daerah aliran sungai Peru, Rio Purus, Rio Negro dan Rio Madeira.

Pengalaman kami dalam memelihara ikan cantik ini terutama dengan Hemigrammus rhodostomus, bukan dengan dua spesies lainnya, tetapi banyak informasi tentang Hemigrammus rhodostomus, juga berlaku untuk yang lainnya.

Rummy Nose Tetra mampu tumbuh dengan panjang sekitar lima cm. Rentang hidup mereka adalah sekitar sembilan tahun.

Kondisi Air Akuarium

Pengalaman kami sendiri dengan Rummy Nose Tetra tidak sama dengan banyak informasi yang dipublikasikan dan informasi perawatan ini didasarkan pada pengamatan kami sendiri. Perhatikan bahwa kami belum pernah membiakkan ikan ini, jadi kami harus menggunakan informasi yang dipublikasikan untuk bagian budidaya.

Rummy Nose Tetra adalah ikan kuat yang cocok untuk Akuarium campuran ikan kecil. Kami menyarankan suhu 24 derajat C dan pH netral untuk Akuarium campuran. Ini sangat berbeda dengan kondisi air alami ikan ini, tetapi ikan dewasa tampaknya dapat beradaptasi dengan mudah.

Di sungai asalnya, suhu air lebih tinggi dari ini dan lebih asam, serta sangat lunak. Jika ikan akan digunakan untuk berkembang biak, mereka harus dipelihara dalam air yang serupa dengan kondisi alamnya sepanjang hidup mereka. Kadar ion kalsium yang tinggi dapat menyebabkan kemandulan permanen pada Rummy Nose Tetra.

Menurut pengalaman kami, ini adalah ikan yang kuat.

Pendamping Akuarium

Ikan pendamping yang cocok untuk sekumpulan Glass Bloodfin Tetra meliputi: Guppies, Platies, Swordtails, Mollies, Cupang, Paradise Fish, Bronze Catfish, Albino Catfish, Peppered Catfish, lele kecil lainnya, Pemakan Alga, Scissortail Rasboras, Harlequin Rasboras, semua duri ukuran kecil dan sedang, semua tetra, dan semua gurami biasa. Untuk Akuarium campuran kami merekomendasikan Ph sekitar 7 (netral).

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Serpae Tetra

Ikan Rummy Nose Tetra

Glass Bloodfin akan menerima air yang lebih keras daripada kebanyakan tetra tanpa efek buruk dan mengatasi air yang berasal dari keran selama Chloramine dihilangkan terlebih dahulu, dan Ph diturunkan menjadi sekitar 7,2.

Ikan ini adalah omnivora dan makanan serpihan pelet ikan tropis yang baik adalah makanan pokok yang paling umum diberikan kepada mereka. Mereka juga menyukai makanan hidup seperti daphnia dan penggeliat serta makanan beku seperti cacing darah. Mereka akan memakan makanan ikan biasa.

Glass Bloodfin lebih disukai sebagai pemakan umpan permukaan dan tengah air akuarium, tetapi pasti akan pergi ke dasar Akuarium untuk mencari makan jika perlu.

Harga ikan Rummy Nose Tetra

Harga ikan Rummy Nose Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Rummy Nose Tetra adalah jenis ikan yang dikenal dengan warna merah di bagian hidung dan dada, yang merupakan ikan yang populer di dunia akuarium. Harga rata-rata untuk ikan Rummy Nose Tetra berkisar antara Rp.40.000 hingga Rp.150.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.

Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.

Budidaya Ikan Rummy Nose Tetra

Bloodfin Tetra adalah petelur yang menyukai privasi mereka selama berkembang biak.

Akuarium budidaya harus memiliki penerangan yang sangat rendah dan airnya harus lebih asam.

Untuk meningkatkan kondisi kesehatan  dan membuat mereka dapat berkembang biak dengan baik, berikan makanan berkualitas tinggi yang kaya nutrisi, seperti udang air asin.

Setelah beberapa hari, 3000 hingga 5000 telur akan diletakkan pada tanaman berdaun lebar, jadi pastikan Sobat Exotic menyediakan tanaman ini dalam jumlah yang sesuai.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Glowlight Tetra

Ingatlah untuk memisahkan induknya setelah betina bertelur jika Sobat Exotic ingin memelihara burayak.

Glass Bloodfin akan berkembang biak di air yang lebih keras daripada banyak jenis tetra. Mereka adalah penebar telur, bertelur semi perekat, seringkali di atas tanaman.

Makanan Ikan Rummy Nose Tetra

Secara alami Rummy Nose Tetra merupakan pengumpan di tengah air. Mereka juga akan makan dari dasar dan akan belajar makan dari atas air. Rummy Nose Tetra akan memakan makanan pelet ikan biasa. Di alam liar mereka adalah omnivora dengan preferensi menyukai makanan hidup.

Makanan terbaik untuk mereka mungkin cacing darah hidup (Berbagai spesies dari genus Chironomus, larva air dari midge yang tidak menggigit.) Larva nyamuk (penggeliat) juga merupakan makanan yang baik, tetapi beberapa ikan lain mungkin lebih baik dalam menangkap mereka daripada Rummy Nose Tetra.

Cacing Darah Beku adalah makanan yang baik dan lebih umum tersedia daripada makanan hidup.

Tips Budidaya Ikan Rummy Nose Tetra

Rummy Nose Tetra dianggap sebagai ikan yang sulit berkembang biak. Ion Kalsium tingkat tinggi dapat menyebabkan kemandulan pada ikan ini, sehingga mereka perlu dipelihara dalam air yang serupa dengan kondisi alaminya sepanjang hidup mereka. Ini berarti banyak dari ikan Rummy Nose Tetra yang Sobat Exotic beli tidak cocok untuk dikembangbiakkan.

Kondisi pemijahan adalah: air yang sangat lunak yang sangat rendah Kalsium dengan pH sekitar 6,5, dan untuk pemijahan yang sebenarnya suhu sekitar 33 derajat C dan pencahayaan rendah. Lumut gambut atau menggunakan kondisioner air hitam akan membantu.

Rummy Nose Tetra bertelur menempel pada tanaman berdaun halus, Java Moss adalah salah satu tanaman yang cocok. Ikan mungkin hanya bertelur beberapa butir sekaligus, dan sering bertelur di malam hari. Ini bukan pemakan telur yang rajin, tetapi kebanyakan orang memisahkan induknya setelah bertelur.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Telur membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk menetas. Kegelapan total tidak diperlukan, tetapi tingkat cahaya harus rendah. Telur sangat rentan terhadap jamur dan obat antijamur akuarium harus digunakan. Asam tanat tingkat tinggi (dari gambut) akan membantu.

Membesarkan Burayak Ikan Rummy Nose Tetra

Burayak Rummy Nose Tetra adalah salah satu ikan akuarium umum yang pertumbuhannya paling lambat. Mereka mungkin perlu makan infusoria selama tiga minggu sebelum tumbuh cukup besar untuk memakan sesuatu yang lebih besar. Ini dapat dilengkapi dengan makanan burayak dari jenis terbaik. Benih sangat rentan terhadap penyakit, dan perawatan harus dilakukan dengan menjaga kebersihan Akuarium pembibitan.

Mungkin diperlukan waktu selama enam bulan bagi bayi untuk tumbuh cukup besar untuk makan makanan sebesar Daphnia dewasa.

Membiakkan ikan ini adalah untuk orang yang menyukai tantangan.