Merawat Kura-Kura Darat Di Luar Ruangan

Merawat Kura-Kura Darat Di Luar Ruangan

Saat sobat Exotic berencana untuk merawat kura-kura darat di luar ruangan, pastikan bahwa kandang yang disediakan akan menjadi lingkungan terbaik dan teraman untuk hewan peliharaan. Sobat harus  hati-hati tentang kandang seperti apa yang akan dibangun. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

Habitat Kura-kura Darat Di Luar Ruangan

Bahkan jika sobat Exotic sering memelihara hewan peliharaan di dalam ruangan, kura-kura darat akan menghargai waktu yang dihabiskan di luar ruangan. Jika tinggal di kota dengan iklim yang mirip dengan habitat alami kura-kura darat, sobat bisa meletakkan kura-kura di luar ruangan sepanjang tahun, asalkan memiliki kandang yang aman.

  • Kandang eksternal

Seperti halnya kandang dalam ruangan, ukuran yang perlu disediakan tergantung pada jenis dan ukuran kura-kura. Kura-kura berukuran 30 cm akan membutuhkan kandang seluas 3×3 meter.

  • Konstruksi kandang eksternal

Habitat Kura-kura Darat Di Luar Ruangan

Jika memilih menggunakan struktur kayu, pertama-tama gali parit dengan kedalaman minimal 20 cm dan lebar 20 cm. Ketinggian dinding harus setidaknya dua kali panjang kura-kura darat. Harus ada dasar kawat ayam yang dipasang di bagian bawah struktur dan kemudian dikubur.

Jika sobat tidak membuat pondasi seperti ini, kura-kura darat mampu menggali di bawah dinding kayu dan melarikan diri. Beberapa peternak menggunakan beton untuk bagian dinding, tetap menggunakan kawat tanam untuk bagian bawahnya.

Jangan membangun dinding kandang hanya menggunakan kawat ayam, kura-kura darat akan terus-menerus mencoba melarikan diri. Selalu sediakan penutup untuk kandang sebagai perlindungan dari predator seperti anjing atau tikus.

  • Rumah Kura-kura Darat

Kura-kura darat membutuhkan rumah untuk tinggal di dalam kandang. Bisa berupa kotak kayu, sedikit terangkat dari tanah. Pilihan yang baik adalah menggunakan kandang plastik, karena tidak bocor atau membusuk dan mampu menahan panas dengan relatif baik.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kura-Kura Radiata Selalu Sehat Dan Produktif

Pastikan pintu tidak memiliki bagian yang terlalu menonjol yang bisa menghambat kura-kura darat masuk dan keluar. Mungkin perlu waktu bagi kura-kura sobat Exotic untuk terbiasa ditempatkan di rumah baru ini.

Masukkan kura-kura darat di malam hari dan blokir pintu keluarnya, karena ada kemungkinan predator mengganggu mereka.

Hewan peliharaan akan segera belajar menggunakan rumah baru ini. Pastikan untuk membuka pintu di pagi hari, jika tidak maka akan menjadi terlalu panas.

  • Substrat

Sobat Exotic memiliki banyak pilihan bahan untuk substrat, tetapi ingat untuk membersihkannya secara teratur.

Kulit kayu adalah substrat yang sangat baik untuk penutup kandang luar ruangan, karena merupakan produk alami dan mudah dibersihkan serta diganti.

  • Pemanasan

Kehangatan ekstra untuk kandang luar ruangan sangat penting jika sobat Exotic tinggal di kota dengan iklim yang tidak mirip dengan habitat alami kura-kura darat. Letakkan lampu pemanas infrared untuk penghangat di atas rumah kura-kura.

Kebutuhan Dasar Yang Harus Diperhatikan

  • Air

Semua kura-kura darat membutuhkan air, tetapi pastikan air mineral berada di wadah dangkal yang tidak akan membuatnya terbalik.

  • Tempat Persembunyian

Sobat Exotic perlu menyiapkan tempat di mana kura-kura darat bisa bersembunyi agar tidak terlalu stres. Pot tanaman dan bunga yang aman dan tidak beracun juga akan menyediakan makanan serta juga naungan.

  • Batu dan Kayu

Kura-kura darat akan ingin memanjat, jadi letakkan beberapa batu dan kayu di dalam kandang, tetapi pastikan tidak terlalu dekat dengan dinding kandang, karena kura-kura darat bisa menggunakan untuk melarikan diri.

Jangan menaruh apapun yang terbuat dari plastik, karena kura-kura akan bisa tidak sengaja memakan dan menyebabkan sakit.

  • Area berpasir

Sediakan area di mana kura-kura darat dapat menggali dan bersembunyi. Mereka cenderung tidak mencoba masuk ke bawah dinding jika ada area untuk digali.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Memelihara Kura-kura Darat Hermanni

Sobat  Exotic perlu menyediakan tanah berpasir yang lembut untuk digali oleh kura-kura betina saat bertelur.

  • Membersihkan kandang

Sobat Exotic harus menjaga kebersihan kandang luar ruangan untuk mencegah penyakit dan parasit. Bersihkan sisa makanan dan kotoran setiap hari.  Sediakan air bersih setiap hari.

Membuat Tempat Penampungan Kura-kura Darat

Tempat perlindungan kura-kura diperlukan baik di dalam maupun di luar kandang untuk menyediakan tempat bagi kura-kura  untuk bersembunyi. Semua kura-kura darat perlu merasa aman oleh karena itu tempat berteduh harus cukup besar agar dapat bergerak dengan gembira tetapi juga merasa aman.

Kandang kura-kura membutuhkan beberapa elemen berbeda untuk menjadi rumah yang aman dan bahagia bagi kura-kura darat peliharaan. Shelter hanyalah bagian dari keseluruhan dan sobat Exotic perlu mempertimbangkan berapa banyak ruang yang akan digunakan oleh shelter di dalam enklosur itu sendiri.

Sobat Exotic tidak hanya harus menyediakan tempat berteduh tetapi juga ruang yang cukup bagi kura-kura untuk bergerak dan menjelajah di dalam kandang itu sendiri. Tempatkan batu dan jika mungkin beberapa tanaman yang tumbuh di dalamnya untuk mereka makan. Area berjemur sangat penting seperti piring air, cukup dangkal sehingga hewan peliharaan tidak terjebak di dalamnya.

Ada beberapa jenis tempat perlindungan kura-kura darat yang bisa di beli dari toko hewan peliharaan atau sobat Exotic buat sendiri. Beberapa keeper tortoise menggunakan kandang anjing kecil di kandang luar yang merupakan pilihan bagus karena mudah dipindahkan dan tetap bersih. Selama pintunya cukup besar untuk kura-kura darat masuk dan keluar dengan mudah dan tidak memiliki bibir yang terlalu tinggi untuk, shelter seperti ini sudah cukup.

Beberapa tempat penampungan yang tersedia secara komersial terlihat fantastis dan sebenarnya sangat menarik tetapi harganya cukup mahal. Sobat Exotic  tidak membutuhkan shelter yang mewah hanya fungsional dan aman.

Info Pets Selanjutnya  Ciri-Ciri Kucing Serval, Harga Dan Makanannya

Namun, jika sobat Exotic memutuskan tampilan yang lebih alami, pilih tempat berlindung dari bahan kayu yang merupakan bagian dari meja kura-kura darat. Ini sangat memadai dan fungsional menyediakan semua kebutuhan kura-kura darat.

Tempat perlindungan kura-kura mana pun yang dipilih untuk dibeli, hal utama yang harus dipertimbangkan adalah  bagaimana kura-kura darat akan benar-benar hidup di dalamnya. Tampilan shelter yang menarik saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kura-kura selama bertahun-tahun yang akan datang.

Gunakan shelter yang dapat dibersihkan dengan mudah, dapat diakses dan cukup besar untuk kura-kura darat bersembunyi. Selalu lakukan penelitian mengenai habitat alami kura-kura darat yang sobat Exotic pelihara. Maka yang harus di lakukan adalah mencoba menirunya semirip mungkin. Hanya dengan begitukura-kura darat peliharaan dapat hidup bahagia dan sehat.

 

Ivan

Top