Merawat Kura-Kura Air Di Kolam

Merawat Kura-Kura Air Di Kolam

Ada banyak jenis kura-kura air yang tersedia dipasaran saat ini meskipun yang paling umum dipelihara adalah kura-kura Brazil atau red eared slider yang berasal dari bagian Amerika Utara.

Dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya, kura-kura ini mudah didapat dari penjual hewan peliharaan.

Kura-kura air bisa menjadi hewan peliharaan yang mempesona karena berbagai alasan, termasuk penampilan fisik mereka yang menarik, dapat dengan mudah menjadi jinak untuk memakan makanan dari pemiliknya.

Menjaga hewan peliharaan ini tetap hidup bisa menjadi hobi yang menarik jika sobat Exotic mengerti kebutuhan hidup mereka.

Kebutuhan Hidup Kura-Kura Air

Peternakan Kura-Kura Air

Kura-kura membutuhkan sinar matahari agar sehat dan ini bisa dengan menggunakan lampu buatan (UVA,UVB) atau dengan membiarkan kura-kura mengakses sinar matahari alami.

Sobat Exotic, kura-kura air bisa menjadi hewan yang jorok dan karena itu ada kemungkinan kandang akan mengeluarkan bau yang menjijikkan.

Untungnya masalah ini mudah diatasi dengan memelihara kura-kura di kolam. Memelihara kura-kura di kolam memungkinkan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih alami dalam mencari makanan, berjemur di bawah sinar matahari dan menjelajahi habitat.

Kura-kura akan hidup lebih lama daripada yang dirawat di dalam rumah .

Kolam tidak hanya membuat kura-kura lebih sejahtera saja, ini akan membuat kegiatan perawatan kura-kura menjadi tidak merepotkan  jika dibandingkan dengan perawatan didalam rumah.

Kesimpulan

Jika sobat Exotic memilih cara ini, maka ada beberapa tips yang patut disimak dan yang pertama adalah pastikan kura-kura air terlindungi dari hewan peliharaan lainnya.

Untuk menghindari bahaya, disarankan untuk memasang jaring di atas kolam agar kucing tidak dapat menjangkau hewan peliharaan sobat.

Selain itu, cuaca yang lebih dingin harus dipertimbangkan karena kura-kura air menyukai lingkungan yang hangat.

Info Pets Selanjutnya  Tips Membeli Amfibi Sebagai Hewan Peliharaan

Lebih Detail Mengenal Kura-Kura Air Tawar

Masih merupakan anggota kelompok Testudines, kura-kura air tawar adalah reptil berdarah dingin yang dapat tumbuh hingga sekitar dua meter panjangnya. kura-kura ini dapat hidup untuk waktu yang sangat lama, sekitar 250 tahun dan mungkin lebih lama lagi di penangkaran. Kura-kura ini dapat ditemukan hidup di daerah seperti sungai, danau dan kolam.

Dalam hal pemberian pakan, kura-kura air tawar ini adalah omnivora yang berarti mereka akan memakan daging dan sayuran. Siput, lintah, ikan dan serangga adalah beberapa jenis makanan yang dikonsumsi kura-kura ini. Tumbuhan air, biji-bijian dan alga adalah salah satu bahan nabati yang juga mereka sukai.

Jika sobat Exotic membeli kura-kura air tawar, pastikan bahwa kura-kura sehat. Yang terbaik adalah memilih kura-kura hasil budidaya penangkaran, karena kura-kura liar akan menjadi sangat stres dan sakit jika tiba-tiba dipelihara di rumah sobat. Saat  membeli kura-kura, carilah tanda-tanda kesehatan yang baik seperti cangkang yang kokoh dan tidak rusak, mata yang jernih, kewaspadaan saat disentuh dan gerakan yang mantap dan kuat.

Pastikan bahwa sobat Exotic tahu tentang kondisi kehidupan kura-kura ini jika berencana untuk membelinya. Seperti banyak variasi spesies lainnya, kura-kura air tawar membutuhkan akses ke air serta akses ke lahan kering dan kehangatan untuk berjemur. sobat exotic perlu membeli akuarium yang menyediakan banyak ruang untuk kura-kura dan ingat bahwa kura-kura akan tumbuh besar jika sobat awalnya membeli kura-kura muda atau baby. Pastikan ada beberapa batu untuk berjemur bersama dengan bohlam pemanas eksternal atau lampu UV khusus untuk reptil. Selain itu, pastikan area air selalu bersih dan disaring secara teratur.

Info Pets Selanjutnya  Perawatan Ular Jagung - Tips Memberi Makan Ular Jagung

Jika berencana untuk memiliki lebih dari satuekor  kura-kura ini, penting untuk memastikan bahwa ada banyak ruang karena jika tidak, agresi teritorial dapat muncul. Juga, berhati-hatilah saat mencampur kura-kura,  jangan masukkan kura-kura yang sangat besar dengan yang sangat kecil karena ini akan menimbulkan masalah. Juga, hindari menempatkan kura-kura yang lebih aktif dengan yang pendiam.

Memiliki kura-kura air tawar sebagai hewan peliharaan bisa sangat bermanfaat dan makhluk ini memang menjadi hiburan yang sangat unik dan menarik untuk rumah tangga mana pun. Namun demi diri sobat Exotic sendiri dan yang lebih penting demi  kesehatan kura-kura, luangkan waktu untuk mempelajari kebutuhan kura-kura, mencari tahu tentang hal-hal seperti cara perawatan dan kebutuhan makanan mereka.

 

Gwen

Top