Merawat Kodok Pacman Dan Setting Kandang

Merawat Kodok Pacman Dan Setting Kandang

Masih belum mengetahui cara merawat dan memelihara kodok pacman, makanan apa saja yang harus diberikan dan bagaimana settingan kandangnya? Harga mereka saat ini berkisar antara Rp.100 Ribu – Rp.700 ribu di pasaran. Sobat Exotic, bagi keeper pemula yang belum mengetahui hewan peliharaan amfibi ini, akan EMI flashback kembali.

Kodok pacman sangat populer dalam perdagangan hewan peliharaan amfibi, bahkan mungkin yang paling populer. Bentuk tubuh bulat besar dan mulut besar. Kodok ini juga dikenal sebagai kodok bertanduk Amerika Selatan dari genus Ceratophrys. Pastikan membeli kodok hasil budidaya peternakan dan telah diuji bebas penyakit serta parasite, ini untuk mencegah penurunan populasi kodok liar.

kodok pacman

Kodok Pacman berasal dari  hutan hujan Brasil, Uruguay dan Argentina, di mana mereka menghabiskan waktunya untuk mencari makan dan bersembunyi di bawah dedaunan. Kodok ini dikenal karena nafsu makannya yang besar. Di alam bebas, kodok ini memakan laba-laba besar, serangga, ular kecil, kadal, dan tikus. Pacman memiliki gigi depan yang tajam dan memungkinkannya untuk melahap mangsanya atau menimbulkan luka gigitan yang menyakitkan pada manusia. Terkenal sebagai kodok agresif, mereka dapat menggigit pemiliknya ketika merasa terancam, namun biasanya karena mereka mengira bahwa jari sobat Exotic adalah makanan..

Kodok ini bersifat terestrial. tidak mampu berenang dengan baik dan menyukai berendam di kolam dangkal. Memiliki kecepatan pertumbuhan yang luar biasa, hanya butuh waktu 3 minggu dari lahir hingga menjadi dewasa sepenuhnya dan dalam beberapa bulan dapat mencapai ukuran panjang 17 sentimeter. Betina dari genus ini tumbuh dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada kodok jantan.

Pemberian Makanan dan Setting Kandang Kodok Pacman

Jika sobat Exotic memutuskan untuk memiliki mereka sebagai hewan peliharaan, pastikan untuk menyediakan habitat alami. Letakkan satu kodok Pacman di dalam satu kandang, karena mereka bersifat kanibal, kodok yang lebih besar dapat memakan kodok yang lebih kecil.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara African Clawed Frog

Atur area menjadi beberapa bagian, mulai dari area yang sangat lembab kemudian bagian hangat, mirip dengan habitat aslinya. Berikan kolam air mineral dangkal dan tempat persembunyian.

Berikan pakan terbaik berupa cacing tanah, kelabang, jangkrik hidup dan tikus kecil. Jangan terlalu sering memegang kodok ini karena akan menyebabkan mereka menjadi stress.

Pertahankan suhu kandang di kisaran 22 hingga 25 derajat Celcius, jangan terpapar suhu yang lebih tinggi dalam waktu yang terlalu lama.

Kodok pacman sangat rakus, mudah diberi makanan hidup. Pemberian pakan mati sebaiknya di gerak-gerakkan di hadapan mereka.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemeliharaan Kodok Pacman :

* Beberapa jenis kodok memiliki persyaratan dasar mengenai intensitas cahaya, suhu dan kelembaban.

* Kodok hasil budidaya mungkin memiliki usia yang lebih panjang dengan perawatan yang tepat.

* Pengaturan makan yang rutin untuk semua kodok peliharaan.

Sobat Exotic, rawat kodok pacman dengan baik karena mereka bias memberikan banyak kesenangan selama bertahun-tahun dengan kepribadian mereka yang lucu dan penampilannya yang unik.

Panduan Memilih Katak Peliharaan

Katak bisa menjadi hewan peliharaan yang bagus, namun katak di alam liar menghadapi penurunan populasi dan kepunahan umumnya karena aktivitas manusia. Sayangnya, perdagangan hewan peliharaan mungkin menyebabkan krisis kepunahan amfibi dan juga penyebaran kontaminasi yang menghancurkan oleh jamur Chytrid. Karena itu, sobat Exoric hanya boleh membeli kodok yang dikembangbiakkan di daerah tersebut dan relah diuji tanpa penyakit apa pun. Mungkin tidak mungkin mendapatkan kodok yang memenuhi semua syarat tersebut, tetapi seringkali kodok peliharaan dapat menyebabkan penurunan populasi kodok liar.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

* Menjaga kandang kodok tetap rapi mungkin membutuhkan banyak waktu. Beberapa kodok memiliki persyaratan cahaya, suhu, dan kelembaban yang relatif mendasar, namun mereka sensitif terhadap kontaminan dan limbah di sekitarnya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Snapping Turtle Baby

* Katak di penangkaran mungkin berumur panjang dengan perawatan yang tepat, jadi bersiaplah untuk komitmen yang langgeng.

* Sobat Exotic harus memiliki stok serangga untuk pemberian makan sebagian besar kodok.

Di sisi lain, sebagian besar kodok yang lebih besar mungkin tidak banyak bergerak.

* Sulit untuk mendapatkan orang untuk merawat kodok jika sobat Exotic berencana untuk bepergian untuk waktu yang lama.

Siapkan akuarium dengan semua peralatan yang diperlukan sebelum membeli katak.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan meliputi:

Beberapa kodok terkecil yang mungkin sobat  lihat di toko hewan peliharaan bisa tumbuh menjadi besar. Biasanya nama mereka menambah harapan palsu, misalnya kodok “pixie,terdengar seperti katak yang seharusnya berukuran kecil, Bulltoad Afrika yang dewasa dengan panjang 20Cm dan sangat gemuk. Kodok ini mendapatkan nama lucu dari nama latin mereka, Pyxicephalus adspersus.

* Jenis akuarium yang mereka butuhkan, akuatik, terestrial, arboreal atau semi-akuatik ( setengah daratan dan setengah air, yang mungkin paling sulit untuk dipasang dan salah satu jenis akuarium paling umum yang dibutuhkan untuk kodok).

* Jenis makanan yang diperlukan, banyak kodok membutuhkan berbagai serangga dan jenis kodok yang lebih besar bahkan dapat memakan tikus mencit

* Apakah katak perlu hibernasi?

Pilihan Kodok peliharaan untuk pemula:

* Katak Dwarf: kecil, aktif  dan merupakan salah satu kodok yang paling mudah dipelihara di penangkaran.

* Oriental Fire Bellied Toads: kodok semi-terestrial yang cukup lincah dan relatif mudah dipelihara sebagai hewan peliharaan.

* Katak Pohon Putih: terestrial (katak pohon) yang jinak dan mudah dipelihara, namun mereka cenderung tidak aktif.

* Katak Cakar Afrika: kodok air yang akan menjadi sangat besar dengan perawatan yang tidak terlalu sulit.

* Katak Pohon Hijau Amerika: katak pohon keren lainnya yang cocok untuk pemula.

Info Pets Selanjutnya  Membeli Reptil Menjual Salmonella

* Katak Pacman: kebanyakan kodok darat cukup mudah dirawat, tetapi menjadi sangat besar dan juga agak menetap.

 

Top