Merawat Katak African Dwarf Frog

Merawat Katak African Dwarf Frog

Seperti hewan air lainnya, katak African Dwarf Frog (Hymenochirus Boulenger), memiliki berbagai persyaratan dalam perawatan yang membantu mereka untuk tetap sehat dan berumur panjang. Hanya karena katak ini berukuran kecil bukan berarti mereka tidak pantas memiliki banyak ruang untuk bergerak dan air hangat yang jernih. Tapi apa sebenarnya persyaratan perawatan dasar dari katak african dwarf frog yang luar biasa ini?

Katak African Dwarf Frog bisa sangat aktif dan sering berenang, terutama di malam hari karena mereka kebanyakan aktif di malam hari. Pedoman yang baik untuk diikuti, saat mempertimbangkan berapa banyak ruang yang dibutuhkan katak adalah setidaknya 10 liter perelor african dwarf frog. Hal ini memungkinkan banyak ruang bagi katak untuk berenang dan juga memungkinkan jumlah air yang layak untuk diencerkan sebelum penggantian air mingguan. Selain itu, pastikan akuarium yang sobat Exotic pilih memiliki penutup yang rapat karena katak ini adalah sangat ahli dalam melarikan diri.

african dwarf frog

Katak African Dwarf Frog tidak seperti ikan yang membutuhkan penggunaan filter untuk menambahkan oksigen ke dalam air. Katak ini berenang ke permukaan untuk menghirup udara. Namun keuntungan menggunakan filter sangat bermanfaat jika menggunakan akuarium 15 liter atau lebih besar yang memungkinkan tangki untuk didaur ulang dan hanya diperlukan penggantian air mingguan yang kecil. Jika menggunakan akuarium 10 Liter, sobat exotic harus melakukan penggantian air secara keseluruhan.

Persyaratan lain yang dimiliki katak ini adalah panas. Pemanas akuarium yang bagus yang menjaga air pada suhu stabil pada titik antara 23-28 derajat Celsius lebih disukai, dengan suhu tanah tengah yang baik adalah 25 derajat. Katak ini tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri, jadi air yang tidak terlalu dingin atau panas itu penting.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Kodok Pacman Dan Setting Kandang

Terakhir, jika sobat Exotic memiliki dekorasi, seperti gua, jembatan atau tanaman, pastikan tidak ada tepian yang kasar. Katak-katak ini suka menyelip ke dalam ruang kecil yang gelap dan dapat dengan mudah melukai diri mereka sendiri pada benda apa pun yang tidak rata. Namun, selalu pastikan untuk menyediakan tempat berlindung atau gua untuk katak. Mereka tidak menyukai ruang yang benar-benar terbuka dan suka bersembunyi di siang hari.

Merawat katak African Dwarf Frog tidaklah rumit, asalkan sobat Exotic mengikuti dasar-dasarnya.

Makanan Katak African Dwarf Frog

Katak African Dwarf Frog tampak seperti pemakan yang rewel dan memberi mereka makan bisa membuat frustrasi. Sadarilah, bahwa katak ini memiliki penglihatan yang buruk dan umumnya hanya melihat benda yang ada di depan mereka dan pada sudut tertentu. Selain itu, African Dwarf Frog cenderung berburu makanan dengan menggunakan indra penciuman, bukan penglihatan. Saat mencoba mencari tahu apa yang bisa diberi sebagai makanan katak, ada beberapa opsi yang tersedia untuk sobat Exotic pertimbangkan.

Saat membeli katak African Dwarf Frog, toko hewan peliharaan mungkin menyarankan sobat untuk memberi makanan kering atau beku, seperti bloodworm atau udang beku kering. Makanan kering beku belum tentu merupakan jenis makanan terbaik untuk hewan peliharaan baru ini. Makanan kering umumnya mengapung, ini cukup menyulitkan katak untuk menemukannya karena mereka hanya makan dari dasar akuarium. Selain itu, setelah makanan mengenai air, pakanbeku akan mengembang, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada African Dwarf Frog jika memakan sepotong saat masih mengembang.

Untuk menghindari masalah makanan kering beku, salah satu makanan terbaik yang bisa sobat Exotic berikan pada African Dwarf Frog adalah bloodworm beku atau udang air asin beku. Ini bisa dibeli dalam kemasan yang dapat ditutup kembali dan membuatnya lebih mudah digunakan.

Info Pets Selanjutnya  Tips Merawat Iguana Rhinoceros

Pilihan lain, yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi banyak pemilik katak African Dwarf Frog, adalah makanan berbentuk pelet. Jika toko hewan peliharaan memiliki bagian penjualan reptil atau katak, sobat Exotic seharusnya dapat menemukan makanan pelet kecil yang dibuat khusus untuk katak atau kura-kura air. Pelet ini bergizi dan cukup lembut untuk dimakan katak dengan mudah.

Ingat, katak African Dwarf Frog seperti semua hewan, memiliki variasi makanan tersendiri. African Dwarf Frog sobat Exotic mungkin akan lebih menyukai makanan beku dan pelet sebagai pilihan, jika memungkinkan.

Top