Menu Makanan Kura-kura Red Eared Slider Dijamin Jitu

Menu Makanan Kura-kura Red Eared Slider Dijamin Jitu

Kura-kura air Red Eared Slider mampu hidup selama bertahun-tahun. Cara mudah untuk memperpanjang umur mereka adalah dengan pemberian makanan sehat. Manfaat lain dari memperkenalkan variasi makanan adalah agar kura-kura sobat Exotic tidak bosan dengan menu makanan rutin.

Sayuran dan buah berisi setengah porsi dari menu makan Red Eared Slider dewasa dan sisanya harus terdiri dari menu berprotein.

6 Jenis Makanan Kura-Kura Red Eared Slider Dijamin Suka

Red Eared Slider

Saat memberi makan kura-kura air dengan menu sayuran, Sobat Exotic tidak perlu lagi memberikan selada. Lalu apa lagi sayuran yang suka dimakan kura-kura air Red Eared Slider?

* Wortel – Kura-kura RES akan sangat menikmati parutan wortel. Wortel sangat bergizi dan juga hemat.

* Kubis – Lebih bergizi daripada selada biasa dan Red Eared Slider suka mengunyahnya.

* Buah Bit – Mungkin pilihan yang tidak biasa untuk memberi makan kura-kura RES.

* Kacang Hijau – Sobat Exotic, Apa yang lebih baik dari kacang hijau segar?

* Labu  – Makanan yang mudah ditemukan yang akan dinikmati kura-kura RES.

Saat memberi makan, sayuran dan buah harus dipotong atau diiris kecil-kecil agar kura-kura sobat exotic dapat dengan mudah memakannya dan memasukkannya ke dalam air kolam.

Catatan Pemberian Makan

Setelah mengetahui makanan tambahan Kura-Kura air, Sobat Exotic juga perlu mengetahui cara pemberian makanan yang tepat. Berikut catatan dalam pemberikan makan pada Red Eared Slider :

  1. Berikan makan kura-kura Red Eared Slider pada waktu ideal, yaitu pagi dan sore hari. Pada waktu-waktu ini, kura-kura Red Eared Slider lebih aktif bergerak.
  2. Jangan langsung memberikan makanan menggunakan tangan.
  3. Sobat Exotic perlu memberikan Kura-Kura Red Eared Slider suplemen tambahan berupa vitamin dan kalsium agar mereka mendapatkan nutrisi yang cukup. Pemberian suplemen sebanyak empat kali dalam seminggu.
Info Pets Selanjutnya  Tips Sebelum Membeli Kadal Peliharaan

Membeli Red Eared Slider

Red Eared Slider dapat menjadi hewan peliharaan hebat yang menarik sekaligus unik. Jika sobat Exotic mempertimbangkan untuk membeli kura-kura RES sebagai hewan peliharaan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa sobat telah siap untuk tambahan peliharaan baru di rumah serta untuk memastikan bahwa kura-kura yang dibeli akan tumbuh. sehat.

Pelajari tentang kebutuhan Red Eared Slider, mereka adalah kura-kura semi-akuatik yang perlu dirawat dengan baik untuk kesehatan maksimal. Sebelum membawa pulang RES, sobat harus meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang habitat dan kebutuhan lingkungannya, kebutuhan dan preferensi makanan, serta temperamennya.

Siapkan kandang, Sebelum membawa pulang RES, pastikan sobat Exotic telah menyiapkan habitat barunya. Ini termasuk memiliki akuarium, memastikan ada bagian  air dan area tanah kering untuk berjemur dan mendapatkan kebutuhan penting lainnya seperti sistem penyaringan air dan lampu UV agar kura-kura dapat berjemur. Sobat bisa sangat berkreasi dengan akuarium tetapi bahkan jika  ingin meminimalkan tampilan, pastikan bahwa ada beberapa tanaman, batu, bahkan mungkin beberapa batang kayu kecil agar kura-kura merasa betah.

Memilih kura-kura

Sebelum  membeli Red Eared Slider, ada juga beberapa hal yang harus di pertimbangkan untuk memastikan sobat Exotic mendapatkan RES yang sehat dan bahagia. Ini termasuk:

Beli Red Eared Slider penangkaran: Sobat harus selalu memilih RES yang telah dikembangbiakkan di penangkaran daripada yang ditangkap di alam liar. Hal ini karena hewan liar dapat menjadi sangat stres dan sangat sakit sebagai akibat dari perubahan lingkungan..

Waspadai tanda-tanda penyakit: Ada sejumlah tanda yang dapat menunjukkan kesehatan yang buruk pada kura-kura. Misalnya, cangkang lunak dapat mengindikasikan penyakit tulang, kurangnya respons dapat mengindikasikan penyakit, dan cangkang yang retak atau pecah dapat menyebabkan masalah serius. Pastikan RES tidak kurus tetapi tidak terlalu montok, mereka harus berdaging tetapi tidak dengan gulungan lemak. Juga, periksa apakah tidak ada cairan atau pembengkakan di area mata karena ini bisa menjadi tanda penyakit pada Red Eared Slider.

Info Pets Selanjutnya  Penyakit Umum Pada Ball Python Dan Cara Mengobatinya

Bagaimana Mengetahui Jenis Kelamin Red Eared Slider

Cara mengetahui jenis kelamin Red Eared Slider itu penting. Banyak pemilik hewan peliharaan menikmati kejenakaan Red-eared Slider mereka selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tanpa mengetahui apakah hewan peliharaan mereka jantan atau betina. Bagaimanapun, rasa ingin tahu menang dan mereka ingin tahu.

Selain itu, banyak pemilik hewan peliharaan yang bermimpi untuk mengawinkan kura-kura, melihat hewan peliharaan mereka bertelur dan sangat senang melihat telur-telur itu menetas menjadi baby kura-kura. Jika itu terjadi secara alami, ini keren. Tetapi pada umumnya tidak disarankan untuk mencoba menjodohkan jantan dan betina untuk menghasilkan anakan kecuali sobat Exotic seorang peternak kura-kura profesional.

Tapi sama saja, bagaimana sobat Exotic membedakan jenis kelamin?

Sebagai aturan umum, Red Eared Slider betina lebih besar daripada jantan. Betina dewasa mungkin memiliki cangkang berukuran panjang 28 cm, tetapi jantan jarang tumbuh lebih dari 20 cm. Betina dewasa juga lebih berat, dengan berat lebih dari 2 kg.

Tetapi bagaimana jika sobat Exotic tidak memiliki kura-kura peliharaan yang sepenuhnya dewasa? Bagaimana sobat tahu? Sampai panjang kura-kura setidaknya 10 cm, terkadang sulit untuk diketahui. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan panjang cakar depan, Red Eared Slider jantan biasanya memiliki cakar depan yang lebih panjang daripada betina. Jika kura-kura terlalu muda atau terlambat mengalami percepatan pertumbuhan, maka ini belum tentu merupakan cara yang pasti untuk mengetahuinya, setidaknya tidak dengan sendirinya.

Lihat Ciri-Ciri Red Eared Slider

Berikut hal lain yang harus dicari: Pejantan Red-eared Slider juga memiliki ekor yang lebih panjang dan lebih tipis daripada betina, dengan lubang kecil (cloaca atau lubang) di dekat bagian tengah ekor, di tengah antara cangkang dan ujung ekor. Betina memiliki ekor pendek dan lubangnya lebih dekat ke dasar cangkangnya, hampir di bawah tumpang tindih cangkang.

Info Pets Selanjutnya  Perilaku Ular di Sekitar Manusia

Salah satu cara yang jelas untuk mengetahuinya adalah apakah kura-kura peliharaan sobat Exotic bertelur, kura-kura betina terkadang bertelur tanpa kehadiran kura-kura jantan.

Pejantan juga memiliki perut yang melengkung ke dalam sementara vbetina memiliki perut yang melengkung atau rata. Namun, jangan membalikkan kura-kura untuk melihatnya, karena hal ini dapat merusak kesehatannya. Sebaliknya, angkat cukup tinggi untuk mengintip bagian bawahnya.

Beberapa metode di atas untuk menentukan jenis kelamin kura-kura memang kurang pasti dibandingkan yang lain, namun sebagian besar atau semua tanda menunjuk ke satu arah, maka cukup yakin bahwa sobat Exotic telah menentukan jenis kelamin kura-kura dengan benar. Jika masih ragu dan benar-benar ingin tahu, tanyakan kepada dokter hewan saat membawa kura-kura peliharaan.

Pengingat: cuci tangan dengan air dan sabun setiap kali memegang kura-kura. Kura-kura sering terkontaminasi Salmonella dan bakteri penyebab penyakit ini dapat menularkan penyakit yang disebut Salmonellosis kepada pemiliknya. Jadi berhati-hatilah!

 

Akbar

Top