Kandang Iguana Memerlukan Lampu Pemanas

Kandang Iguana Memerlukan Lampu Pemanas

Semua kandang iguana membutuhkan tempat berjemur agar menjadi habitat ideal bagi iguana yang sehat dan nyaman. Iguana sobat Exotic membutuhkan tempat untuk berjemur dengan nyaman dan menyerap panas dari lampu atau sinar matahari. Akses ke area berjemur yang hangat sangat penting bagi iguana untuk meningkatkan kemampuan mencerna makanan dan merupakan bagian integral dalam menjaga tulang, hati dan ginjal iguana agar tetap sehat dan kuat.

Di alam liar, iguana sobat Exotic akan bersantai diatas batu dan cabang pohon di bawah sinar matahari dan menghabiskan waktu di sana. Untuk memastikan iguana peliharaan sobat terpapar sinar matahari dengan baik setiap hari, sediakan kandang iguana luar ruangan dengan tempat berjemur atau biarkan iguana peliharaan sobat menggunakan area luar ruangan yang aman dan terlindungi di bawah sinar matahari setidaknya selama 60 menit.

Namun jika sobat Exotic tidak dapat melakukan aktifitas perawatan iguana secara outdoor, sobat Exotic memiliki pilihan lain. Dengan sedikit perencanaan dan beberapa perlengkapan sederhana, sobat dapat membuat area berjemur pribadi di dalam kandang iguana dalam ruangan. Baca terus artikel ini untuk mengetahui jenis bola lampu pemanas yang sobat  butuhkan, di mana ditempatkan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan iguana agar tetap sehat

Pemilihan Lampu Pemanas Kandang Iguana

Diperlukan jenis bola lampu khusus pemanas untuk area berjemur kandang iguana. Lampu dengan daya minimal 60 watt dapat memberikan suhu yang dibutuhkan dan mungkin memerlukan daya hingga 100 watt. Bola lampu dalam kisaran ini bisa menjadi bola lampu yang ideal untuk memberikan kehangatan dan cahaya ke area berjemur dalam sangkar iguana. Yang penting cari lokasi lampu yang menghasilkan suhu ideal. Exotic Market Indonesia menargetkan area dengan suhu antara 29 dan 30 derajat celcius.

Info Pets Selanjutnya  Leopard Gecko Albino Dalam 3 Variasi Genetik

Gantungan Lampu Pemanas

Untuk menjaga iguana sobat Exotic cukup aman dan hangat di area berjemur, letakkan lampu UV -+ 15 Cm dari tempat iguana duduk di dalam kandang. Namun, semakin tinggi watt bola lampu yang digunakan, sebaiknya semakin tinggi menggantungnya. Suhu yang tidak sesuai akan mempersulit proses iguana mencerna makanan.

Untuk memastikan bohlam lampu pemanas dimasukkan dengan benar, letakkan termometer di kandang iguana Gunakan termometer sebagai panduan saat mengatur bohlam lampu pemanas sedekat atau sejauh yang diperlukan hingga sobat mendapatkan hasil yang di inginkan.

Tempat Berjemur Iguana

kandang iguana

Sobat Exotic perlu memasang rak dan cabang agar iguana dapat beristirahat sambil menikmati kehangatan. Rak atau cabang pohon setidaknya dua kali lebih panjang dari ukuran iguana peliharaan sobat.

Menggantung rak atau cabang cokelat di dalam kandang iguana adalah salah satu contoh terbaik yang dapat sobat lakukan untuk iguana peliharaan.

Faktor Keamanan Kandang

Yang EMI maksud disini bukan berarti sobat harus menggunakan jasa satpam untuk menjaga keamanan kandang, namun cukup sobat pastikan melakukan langkah-langkah berikut untuk melindungi iguana peliharaan sobat :

Saat menggantung bola lampu pemanas, berhati-hatilah untuk tidak membiarkan iguana peliharaan sobat menyentuh bola lampu pemanas secara langsung. Jika iguana secara tidak sengaja menyentuh bola lampu, dapat menyebabkan luka bakar yang serius.

Untuk mencegah area berjemur iguana peliharaan sobat menjadi terlalu panas, gunakan termometer untuk mengatur kalam kisaran suhu yang diinginkan. Selain memantau suhu, perhatikan apakah iguana sobat menunjukkan tanda-tanda kepanasan.

Tips Jitu Membangun Kandang

Iguana berasal dari habitat di mana mereka bebas berkeliaran di pohon dan semak belukar. Iguana suka berkeliaran dan menjelajah. Iguana juga membutuhkan pencahayaan yang tepat untuk berkembang. Tips jitu membangun kandang iguana di bawah ini akan membantu memandu sobat Exotic menciptakan suasana yang biasa digunakan iguana.

Info Pets Selanjutnya  Mencegah Kematian Iguana Karena Suhu Yang Panas

Tips jitu 1: Berikan Pencahayaan yang Tepat

Hewan peliharaan sobat Exotic akan membutuhkan banyak UVB. Sobat harus memberi iguana peliharaan pencahayaan khusus ini dan bisa mendapatkan jenis lampu ini di toko hewan peliharaan setempat. Iguana peliharaan akan membutuhkan sinar jenis ini karena UVB memberi iguana nutrisi penting yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup.

Tips jitu 2: Bangun Kandang Tanpa Ribet

Perhatikan bahwa kulit iguana sangat sensitif dan kandang hewan peliharaan tidak boleh memiliki apa pun yang menempel atau menonjol, seperti kawat lepas atau serpihan kayu. Iguana akan ingin menjelajahi kandang yang telah sobat bangun untuknya dan mereka akan menggosok apa pun yang dapat disentuhnya. Jadi, jika sobat memiliki benda lepas yang mencuat dan dapat menggores atau melukai iguana, kemungkinan besar mereka akan melakukannya.

Tips jitu 3: Berikan Makanan dan Air Bersih

Iguana peliharaan harus tetap sehat setiap saat. Oleh karena itu hewan peliharaan harus memiliki makanan yang masih alami dan air bersih setiap saat di dalam kandangnya. Jika sobat Exotic meninggalkan makanan basi untuk hewan peliharaan, kemungkinan besar iguana  akan sakit. Jadi jika menemukan makanan sudah basi, buang saja.

Tips jitu 4: Semak dan Batuan

Iguana suka bersembunyi di bawah semak-semak dan memanjat batu dan peralatan lainnya, oleh karena itu sobat harus memberikannya kepada iguana peliharaan. Gunakan semua jenis batu dan semak didalam kandang. Iguana akan menyukai mainan yang dimasukkan ke dalamnya.

Tips jitu 5: Sediakan Kandang Besar

Tolong jangan membuat kandang iguana yang terlalu kecil di mana mereka tidak bisa bergerak bebas. Iguana butuh ruang. Namun dalam mengatakan ini, kandang iguana tidak perlu terlalu besar. Iguana memang berasal dari alam liar dan terbiasa dengan lingkungan besar. Perlakukan iguana peliharaan dengan baik dan buatkan kandang besar untuk mereka.

Info Pets Selanjutnya  Perbedaan 6 Jenis Iguana

 

Keanu

Top