Mengenal Penyu Belimbing Yang Hampir Punah

Penyu belimbing atau Leatherback Sea Turtle adalah reptil hidup terbesar di dunia dan terberat dalam keluarga penyu.

Tidak seperti kura-kura air tawar, penyu belimbing memiliki cangkang lunak, dari situlah namanya berasal. Cangkangnya terdiri dari tulang-tulang kecil yang ditutupi dengan kulit keras seperti karet dang memberikan struktur kasar. Penyu dewasa umumnya berwarna kecoklatan atau hitam dengan tanda pucat di tubuh mereka.

Tumbuh hingga 2 meter dengan berat hampir 900 kilogram saat penyu jantan dan betina dewasa, penyu belimbing adalah satu-satunya penyu tanpa cangkang bertulang keras.

Masa hidup penyu belimbing adalah sekitar 45 tahun, kadang-kadang masa hidup ini terpotong oleh tali pancing dan jaring nelayan.

Yang terbesar, terlihat di dekat Wales, tidak jauh berbeda dari buaya muara berukuran besar, reptil terbesar keempat di dunia berukuran lebih dari tiga meter dengan berat sekitar 900 kilogram.

Penyu belimbing telah ada sejak berevolusi 110 juta tahun yang lalu

Dengan bercak putih pucat dan merah muda di bagian atas kepala, penyu belimbing hitam dewasa berukuran lebih besar dari penyu lainnya.

Penyu belimbing muda memiliki tanda putih pada siripnya. Umumnya, sobat Exotic akan menemukan jenis penyu ini di laut yang lebih hangat, di mana mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya. Diketahui, mereka bisa menyelam sedalam 4.200 kaki. Kemampuan menyelam yang sangat mengesankan.

Sirip depan mereka tidak memiliki cakar dan sisik dan sirip belakang mereka berbentuk dayung. Tidak adanya karapas bertulang (tetapi ditutupi oleh kulit jenis kulit tebal dengan pelat tulang yang sangat kecil) membedakan penyu belimbing dari penyu lainnya.

Penutup permukaan punggung penyu belimbing memiliki corak abu-abu tua hingga hitam yang tersebar dengan bercak dan bintik-bintik putih sedangkan bagian bawahnya berwarna pucat.

Info Pets Selanjutnya  Alasan Mengapa Tempat Jual Beli Hewan Eksotis Selalu Ramai Pelanggan

penyu belimbing

Penyu belimbing dikenal sebagai hewan pelagis yang mencari makan di perairan pantai.

Mereka suka bermigrasi dan merupakan salah satu spesies penyu laut terluas yang ditemukan di setiap bagian dunia.

Dari Selandia Baru, melewati Tanjung Harapan hingga Norwegia dan Alaska yang dingin, penyu belimbing hadir secara global.

Sub-populasi penyu belimbing diketahui ada di Malaysia, di pantai Pasifik dan Atlantik, Afrika, Karibia, Kanada, Newfoundland dan Labrador dan juga di banyak daerah lain yang tidak diketahui.

Penyu belimbing dapat berkembang di perairan dalam (di laut terbuka) tetapi ditemukan di perairan lepas pantai yang dekat dengan tanah dekat tempat mencari makan.

Para ilmuwan melacak penyu belimbing untuk mencari makanan selama hampir 13.000 mil dalam 647 hari dari Indonesia hingga ke Aamerika Serikat.

Mereka dapat bertahan hidup di perairan dingin dengan suhu serendah 4,5 derajat C .

Sayangnya, telah terjadi penurunan drastis populasi penyu belimbing dalam tiga dekade terakhir.

Penyu betina akan merangkak ke pantai pasir untuk menggali lubang telur. Ini adalah satu-satunya kesempatan, bahwa jenis kura-kura ini datang di tanah kering. Betina bertelur hingga 80 telur dan kemudian menutupinya dengan pasir halus dan kembali ke air. Setelah dua bulan bayi penyu pergi ke laut.

Penyu belimbing mencari makanan di daerah pesisir. Mereka dapat bergerak dalam jarak yang sangat jauh jika terancam punah, atau ketika mencari tempat makan baru. Seringkali, sobat Exotic akan menemukan kura-kura ini mulai dari Norwegia hingga Selandia Baru. Sangat mudah untuk menemukannya di lautan Pasifik dan juga lautan Atlantik. Sebenarnya, ada beberapa lautan di mana penyu belimbing tidak dapat ditemui.

Populasi betina yang bersarang dilaporkan sekitar 26.000 hingga 43.000 di seluruh dunia karena hanya sekitar satu dari seribu penyu belimbing yang bertahan hingga dewasa.

Info Pets Selanjutnya  Dua Jenis Reptil Peliharaan Terbaik

Sementara hilangnya habitat bersarang dan pengambilan telur ilegal adalah penyebab kematian dini bagi sebagian orang, banyak penyu belimbing juga binasa karena memakan sampah plastik, mengira mereka sebagai ubur-ubur favorit mereka.

Eksploitasi sarang penyu di Asia juga berkontribusi terhadap penurunan populasi penyu belimbing.

Telur mereka, yang dianggap sebagai makanan lezat di Malaysia dan afrodisiak di beberapa bagian Karibia, juga berkontribusi pada kepunahan mereka.

Penurunan signifikan juga dilaporkan di Meksiko dan Kosta Rika.

Telur penyu dianggap sebagai makanan lezat di banyak negara di dunia. Di Malaysia dan banyak bagian Karibia, telur dianggap sebagai afrodisiak. Meskipun tindakan menyakiti dan melukai penyu belimbing adalah melanggar hukum, hal ini tidak menghentikan semua orang. Penyu yang hidup lebih dari 100 juta tahun, kini terancam punah.

Penyu belimbing diburu untuk diambil dagingnya, terperangkap di jaring nelayan dan diusir dari sarangnya sendiri. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah yang luar biasa dan pada awal tahun 70-an penyu belimbing masuk daftar penyu yang terancam punah. Tidak sedikit penyu yang hidupnya terpotong jauh sebelum mencapai usia rata-rata.

Menyakiti atau membunuh penyu belimbing sekarang dianggap ilegal. Mereka terdaftar di Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna Liar yang Terancam Punah.

Harga Penyu Belimbing

Harga penyu belimbing bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, dan tempat pembelian. Tanpa informasi lebih lanjut, kami tidak dapat memberikan harga pasti. Namun, harga penyu belimbing biasanya lebih mahal dibandingkan dengan jenis penyu lainnya karena populasi mereka sangat terbatas dan sulit ditemukan.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kadal Anole Hijau