Mengenal Macaw Parrot Untuk Pemula

Mengenal Macaw Parrot Untuk Pemula

Sobat Exotic, saat ini keberadaan macaw parrot dialam liar diambang kepunahan, 5 spesies burung macaw telah dinyatakan punah. Ancaman terbesar bagi populasi burung macaw di alam bebas adalah penggundulan hutan dan penangkapan ilegal burung-burung eksotis untuk dijual sebagai burung peliharaan.

Parkit adalah istilah yang mengacu pada parrot berukuran kecil dan menengah yang tidak saling berhubungan, umumnya memiliki ukuran sayap dan ekor yang panjang.

macaw parrot

Parrot yang paling umum dikalangan pecinta satwa adalah macaw besar berwarna-warni seperti scarlet macaw, blue and gold macaw, macaw militer (Ara militaris) dan macaw hyacinth.

Macaw mini sangat sulit ditemukan tetapi jenis ini termasuk juga spesies seperti hans macaw (Diopsittaca nobilis), macaw ningrat (Ara nobilis cumanensis) dan macaw berkerah kuning (Primolius auricollis).

Macaw parrot diketahui memiliki umur 40 hingga 60 tahun, namun beberapa breeder beranggapan bahwa burung macaw mampu mencapai umur 100 tahun dengan asupan nutrisi yang baik dan perawatan yang handal.

Spesies Parrot

Beberapa spesies burung macaw dikenal karena ukurannya yang besar. Burung macaw dengan panjang dan lebar sayap terpanjang adalah macaw Hyacinth (Anodorhynchus hyacinthinus).

Spesies yang lebih besar umumnya berkisar dari sekitar 50 Cm (macaw militer) hingga 100 Cm (macaw Hyacinth), termasuk ukuran panjang ekor.

Macaw mini lebih mudah ditangani jika panjangnya dikisaran 20 hingga 40 Cm.

Di alam liar, suara burung macaw dapat terdengar hingga jauh, sehingga burung macaw cenderung dianggap berisik. Hal ini membuat macaw menjadi burung yang sangat memerlukan skill handal pemiliknya untuk perawatannya.

Burung macaw memiliki kemampuan yang cukup baik untuk meniru ucapan  (berbicara burung beo) meski suara burung macaw mungkin tidak sejelas burung Amazon parrot dan African Gray Parrots.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Burung macaw memakan kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan terkadang serangga. Sebagai burung peliharaan,sobat Exotic harus mulai dengan makanan pelet sebagai dasar pemberian pakan dan suplemen dengan berbagai makanan segar yang sehat seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Pelet dapat diberikan  hingga 30 sampai 50 persen dari asupan makanan tetapi pemberian biji-bijian harus kurang dari 5 persen karena mampu membuat burung macaw menjadi obesitas. Kacang adalah makanan yang cukup enak.

Jika toko hewan peliharaan terdekat tidak dapat menyediakan pasokan pakan burung macaw sobat, berbelanja di online shop bisa menjadi pilihan.

Burung macaw membutuhkan kandang yang besar dan kokoh, jadi bersiaplah untuk mengeluarkan dana yang lumayan besar.

Mini macaw dapat disimpan di kandang berukuran 60×90 x120 Cm, sedangkan burung macaw  berukuran besar membutuhkan kandang dengan ukuran setidaknya 90x120x150 Cm.

Diperlukan kandang yang cukup kuat untuk menahan kekuatan gigitan paruh burung macaw, kandang berbahan dasar stainless steel adalah pilihan yang baik.

Burung Macaw peliharaan berkembang sejalan dengan interaksi dan perhatian dari sobat Exotic dan kurangnya aktifitas ini dapat menyebabkan tekanan mental dan fisik bagi burung macaw peliharaan sobat Exotic.

Genus Macaw Parrot

Sekarang kita akan berbicara tentang genus parrot Macaw. Ada sekitar 17 spesies berbeda dalam genus parrot Macaw. Mereka semua ada dalam indeks CITES, yang berarti bahwa parrot Macaw, seperti parrot Amazon, Pionus, Caique, dan Kakatua, semuanya melindungi ekspor dari alam liar seperti Brasil, Amerika Tengah dan Selatan, dan seperti Meksiko; juga termasuk Australia. Tentang apa yang disebut Perjanjian CITES, CITES adalah singkatan dari Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna. CITES juga dikenal sebagai Konvensi Washington dibuat oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Diadopsi pada tahun 1963, konvensi kemudian dibuka untuk ditandatangani pada tahun 1973 dan mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 1985.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Merawat Brazilian Rainbow Boa

Parrot macaw berada di apendiks CITES mulai dari kepunahan hingga rentan. Dari 17 spesies Macaw ada dua yang telah punah di alam liar, mereka adalah Spix Macaw dan Glaucous Macaw. Alasan mengapa Macaw ditempatkan di Indeks CITES adalah karena penggundulan hutan Amazon dan penangkapan ilegal makhluk-makhluk ini. Ada banyak tindakan konservasi yang telah dilakukan dalam 20 tahun terakhir.

Ada parrot Macaw besar seperti Blue and Gold, Scarlet, Green Wing dan Hyacinth yang dikenal. Ada parrot Mini-Macaw dan mereka berperilaku seperti rekan-rekan mereka dengan kepribadian besar, kasih sayang dan ya vokalisasi mereka; mungkin tidak sekeras tapi sama vokalnya. Beberapa jenis parrot mini Macaw mereka adalah Severe, Kerah Kuning, Illeger dan tentu saja Hahn macaw.

Parrot macaw bersuara dengan jeritan,  ini adalah cara berkomunikasi dalam kawanan (keluarga). Mengidentifikasi satu sama lain dan menandai wilayah mereka. Sobat Exotic mungkin mengira  bahwa perilaku ini hanya ditampilkan di alam liar? Tidak, mereka juga melakukan ini di rumah sobat. 

Makanan mereka terdiri dari biji-bijian, buah-buahan seperti apel, jeruk, mangga, pepaya, pisang, beri dan sayuran seperti labu, ubi jalar, kacang hijau, wortel, paprika merah dan banyak lagi. Ingatlah bahwa semua buah dan sayuran perlu dicuci karena ada pestisida. Buah dan sayuran yang dikeringkan sangat baik karena tidak merusak. Hindari juga asparagus, terong, kubis, produk kafein, junk food, susu dan krim, kentang mentah.

Perlengkapan Kandang

Parrot macaw seperti anak  berusia 3 tahun yang akan sobat Exotic bawa ke rumah. Mereka sangat suka diemong dan bersemangat, pilihan yang sangat baik untuk dimiliki di rumah mana pun, karena mereka membentuk ikatan yang sangat kuat dalam dinamika keluarga.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Hal yang menyenangkan tentang parrot Macaw adalah banyak yang bisa tinggal di enclosur bermain atau berdiri saat sobat Exotic pergi dan akan tetap tinggal. Meskipun seperti parrot lainnya, mereka harus memiliki kandang untuk mencari makanan atau hanya untuk tidur siang.

Jika memutuskan untuk mengurung parrot Macaw, sobat Exotic memerlukan kandang berukuran besar. Parrot macaw besar memiliki rentang sayap hingga 1 meter dan dari kepala hingga ekor sepanjang 1,5 meter. Mereka perlu memiliki ruang untuk bergerak dari tempat bertengger ke tempat bertengger lain, bermain dengan mainan dan memanjat kandang mereka. Kandang mereka harus dua kali ukuran rentang sayap dan dua kali ukuran ekor.

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=izQg4jFoqyg
Top