Mengenal Iguana Gurun

Mengenal Iguana Gurun

Iguana gurun juga dikenal dengan nama binomialnya Dipsosaurus Dorsalis, merupakan kadal yang mendiami daerah gersang dan gurun. Ada banyak informasi yang perlu sobat Exotic ketahui tentang iguana gurun. Mempelajari makhluk ini akan memungkinkan sobat menikmati keindahannya.

Karakteristik Iguana Gurun

Panjang iguana dewasa bervariasi mulai 23 cm sampai 40 cm. Panjang ekornya melebihi tubuh iguana. Tubuhnya bulat dan besar dan sering disebut berkepala tumpul. Warna iguana gurun mudah dibedakan.

Kepala iguana gurun berwarna coklat. Pola coklat kemerahan pada di tubuh iguana menyerupai jaring. Batang dan leher memiliki bintik abu-abu. Bagian ekor yang berwarna putih atau abu-abu ditutupi bintik-bintik gelap. Bagian belakang ditutupi sisik punggung yang membentang dibagian tengah.

Habitat Ideal

Iguana Gurun

Gurun adalah rumah bagi Dipsosaurus Dorsalis, seperti namanya. Di Amerika Serikat, gurun Mojave dan Sonora di barat daya adalah lokasi di mana iguana gurun biasa ditemukan. Mereka juga dapat ditemukan di beberapa pulau di Teluk California dan di Meksiko Barat Laut. Iguana gurun juga ditemukan mendiami beberapa daerah subtropis yang gersang di daerah selatan habitatnya.

Semak-semak creosote sangat penting bagi iguana gurun karena mereka menggunakan tanaman ini sebagai makanan dan tempat berteduh. Sobat Exotic, selain mudah ditemukan dekat area tumbuhnya semak-semak creosote, sarang yang ditinggalkan oleh tikus kanguru juga menyediakan perlindungan tambahan bagi iguana gurun.

Iguana gurun adalah makhluk yang tangguh dan dapat ditemukan sangat aktif saat cuaca panas melanda gurun, kegiatan yang dihindari oleh hewan lain.

Kebiasaan Makan

Iguana gurun adalah pemakan tumbuhan dan dengan demikian dapat diklasifikasikan sebagai hewan herbivora. Mereka memakan berbagai tanaman yang dapat ditemukan di habitatnya berupa Daun, kuncup bunga dan buah walaupun terkadang memakan serangga jika ditemukan. Iguana ini memiliki kecintaan terhadap tanaman creosote karena tertarik pada tanaman bunga berwarna kuning.  Meskipun sebagian besar kadal vegetarian, ada kalanya hewanini memakan serangga untuk mengisi perutnya. Serangga seperti kumbang, semut, dan jenis serangga lain yang dapat dijangkau biasanya diburu oleh iguana gurun untuk mendapatkan protein hewani.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Iguana Di Rumah

Perilaku Iguana Gurun

Di bawah panas yang hebat, iguana gurun akan tetap aktif meskipun mungkin memanjat semak-semak dan pohon untuk mencari suhu yang lebih dingin. Hewan gurun ini memiliki tingkat kepercayaan diri dan kewaspadaan yang tinggi. Mereka dapat menyeberang jalan dengan mudah dan ketika bahaya sudah dekat, mereka dapat berlari dengan kecepatan tinggi.

Kadal gurun ini biasanya ditemukan di daerah gersang, berpasir dan gurun. Ketika ditemukan di daerah gurun, mereka suka menggali ke dalam pasir terutama di sekitar tanaman kaktus. Daerah ini biasanya panas dan kering dan sebagian besar tanda kehidupan memiliki satu atau lain cara untuk menghemat air dan menahan kekeringan.

Sebagai mode adaptif untuk bertahan hidup, iguana gurun ini lebih suka tinggal di antara bebatuan, di liang tikus kanguru yang ditinggalkan dan semak-semak kreosot. Hewan-hewan ini akan mencari perlindungan di area gurun mana pun yang lebih sejuk. Bahkan pada suhu tinggi 47 derajat celsius, mereka tidak pernah lamban dalam aksinya, Dipsosaurus Dorsalis akan berlari maju dengan melipat kaki depan, mendorong dirinya ke depan dengan menggunakan kaki belakang, mirip t-rex ya sobat Exotic. Mereka mendiami hutan gugur dan daerah subtropis kering di bagian selatan dunia.

Sama seperti hewan berdarah dingin lainnya, Iguana gurun juga berhibernasi dan mereka keluar dari hibernasi sekitar pertengahan Maret untuk memulai musim kawin yang biasanya berlangsung selama dua bulan. Rona merah muda yang khas terlihat di samping perut hewan-hewan ini selama musim kawin mereka. Seekor iguana betina dapat bertelur satu telur per tahun dan setiap clucth akan menghasilkan sekitar 2 sampai 10 telur. Telur akan nmenetas sekitar akhir Juli dan Agustus dan rentang hidup masing-masing biasanya antara 10 sampai 15 tahun.

Info Pets Selanjutnya  Melatih Bearded Dragon Makan Sayur

Musuh Alami

Iguana gurun sama seperti hewan lain dalam rantai makanan, mereka memiliki musuh alaminya sendiri. Telur iguana dimangsa oleh berbagai jenis hewan. Beberapa species burung pemangsa diketahui berburu iguana. Predator umum lainnya termasuk rubah , tikus, musang dan ular. Manusia juga muncul sebagai salah satu musuh alami iguana.

 

Ivan

Top