Mengenal German Giant Bearded Dragons

Mengenal German Giant Bearded Dragons

Sobat Exotic mungkin kerap mendengar nama German Giant Bearded Dragons ketika mencari breeder yang kredibel untuk membeli kadal peliharaan. German Giant Bearded Dragons berasal dari garis keturunan yang dibiakkan secara selektif oleh Milo ahli herpetologi Jerman, terfokus pada pengembangbiakan spesies Pogona Vitticeps dengan ukuran sangat besar. Karena bentuk tubuhnya yang besar, keturunan dari garis morphologi bearded dragon ini sangat dicari para kolektor reptil. Membeli kadal langka, seperti German Giant Bearded Dragons, disarankan membeli langsung dari importir untuk menghindari mendapatkan kadal palsu. Jika hendak membeli dari peternak, selidiki reputasi peternak untuk memastikan bahwa mereka dapat dipercaya. Meskipun tidak ada yang salah dengan membeli dari peternak baru namun tidak ada bukti bahwa mereka cukup kredibel.

Disaat breeder Asia fokus mengembang-biakkan bearded dragon morph dengan corak yang menarik, sementara breeder Eropa mengembangkan jenis bearded dragons unggul. Ada beberapa cerita yang beredar dikalangan breeder mengenai bagaimana versi lain dari pagona vitticep jumbo berhasil dikembangbiakkan. Sebuah cerita menyatakan bahwa Milo herpetologis Jerman menemukan spesimen Pogona Vitticeps berukuran jumbo di wilayah barat laut Australia. Milo terus mengumpulkan kadal raksana ini, lalu mengekspornya ke Jerman dan mulai membiakkannya. Cerita kedua adalah kelompok hepetologis yang sama menyilangkan Pogona Vitticeps dengan Pogona Barbata. Walau tidak satu pun dari cerita ini dapat dibuktikan atau disangkal tetapi diterima secara luas oleh para breeder bahwa salah satu dari cerita ini adalah nyata.

German Giant Bearded Dragon dapat tumbuh memanjang sampai 80 Cm dengan berat mencapai 1 Kg. Lebih besar dari rata-rata Pogona Vitticeps. Seiring dengan besarnya ukuran, kesehatan dan stamina yang lebih baik. German Giant Bearded Dragon betina mampu bertelur hingga 90 butir telur!

Info Pets Selanjutnya  Tips Sebelum Membeli Kadal Peliharaan

Kanada awalnya tidak memperhatikan untuk mengembangbiakan bearded dragon unggulan ini hingga awal tahun 1970, hingga herpetologis kelahiran Jerman, Hann Schmidt mengimpor German Giant Bearded Dragon ke fasilitas breeding di Toronto.

Di tahun 2022, diyakini bahwa garis keturunan German Giant Bearded Dragon yang asli telah menghilang. Setidaknya di Kanada. Karena ukurannya yang jumbo, kesehatan, dan mampu bertelur dengan jumlah yang banyak, German Giant Bearded Dragon biasanya dikawinkan dengan bearded dragon normal untuk meningkatkan ketahanan bearded dragon. Namun hal ini juga menipiskan garis keturunan / gen di setiap generasi yang dihasilkan. Para breeder yakin bahwah garis keturunan asli German Giant Bearded Dragon masih dapat ditemukan di Jerman.

Saat ini, sobat Exotic bisa melihat banyak breeder dan seller reptil di Indonesia yang mengklaim memiliki German Giant Bearded Dragon, tetapi fakta bahwa kadal beaded dragon ini mampu tumbuh dengan ukuran jumbo yang terkait dengan garis keturunan asli, belum ada. Sobat Exotic biasanya diberikan photo dan video baby atau juve dari bearded dragon yang diyakini memiliki garis keturunan German Giant Bearded Dragon, namun tidak pernah ada bukti bahwa kadal yang ditawarkan ini mampu tumbuh menjadi German Giant Bearded Dragon sejati.

Spesies Bearded Dragon Dalam Perdagangan Reptil Peliharaan

Delapan jenis Bearded Dragon dapat ditemukan tersebar di seluruh pedalaman Australia. Namun undang-undang yang ketat terhadap pengumpulan satwa liar di Australia, hanya sedikit dari spesies ini yang dapat ditemukan di seluruh perdagangan reptil peliharaan. Saat ini Pogona vitticeps, P. henrilawsoni, dan P. barbata sedang dibiakkan dan dijual dengan harga yang terus meningkat di seluruh Indonesia. Mari kita lihat lebih dekat masing-masing spesies ini.

Info Pets Selanjutnya  3 Jenis Kura-kura Populer

Pogona vitticeps – Bearded Dragon Daratan

Juga dikenal sebagai Beardie Berkepala Kuning, ini adalah jenis Bearded Dragon yang paling umum ditemukan di toko hewan peliharaan dan peternak saat ini. Beardie ini berasal dari Australia Tengah, meskipun mereka ditemukan di hampir setiap negara bagian. Warna jenis ini sangat bervariasi, mulai dari coklat dan abu-abu hingga merah, oranye, putih dan kuning.

Bearded Dragon pedalaman adalah yang terbesar di antara semua spesies dan kadal dewasa dapat tumbuh hingga sekitar 60cm panjangnya. Versi yang lebih besar dari spesies ini sedang dibiakkan secara selektif di Jerman, membuat mereka mendapatkan julukan Raksasa Jerman.

Pogona henrylawsoni – Bearded Dragon Tanah Hitam

Spesies menarik ini umumnya dikenal sebagai Beardie Lawson untuk menghormati penulis dan penyair terkenal Australia Henry Lawson, tetapi juga disebut sebagai Breadie berjenggot Rankin atau P. brevis.

Bearded Dragon ini adalah spesies beardie paling populer kedua untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan. Kebanyakan dari kadal ini berasal dari Queensland, dan beberapa dapat ditemukan di Northern Territory. Mereka memiliki warna seperti pasir dan hampir tidak memiliki janggut. Saat tingkat keberhasilan penangkaran meningkat, begitu juga popularitas beardie spesial ini dalam perdagangan hewan peliharaan.

Pogona barbata – Bearded Dragon Timur

Bearded Dragon timur paling umum di bagian hutan Australia Timur, selatan Semenanjung Cape York. Barbata (Latin untuk berjanggut), adalah spesies beardie pertama yang ditemukan. Mereka menyerupai Beardie daratan yang lebih kecil dan umumnya lebih agresif.

Mereka berwarna abu-abu gelap-hitam dan kadang-kadang berwarna coklat kekuningan, coklat kemerahan, atau coklat tua. Bayi beardie timur berwarna lebih pucat daripada dewasa dan memiliki pola yang memudar saat dewasa. Saat dewasa mereka mengembangkan semburat kuning pucat, biru, atau hijau halus di bagian depan kepalanya. Jantan dewasa memiliki “jenggot” abu-abu gelap hingga hitam.

Info Pets Selanjutnya  Iguana Laut Peliharaan Mewah Namun Mudah Berkembang-biak

Dalam beberapa tahun terakhir, para peternak telah mengasah keterampilan mereka hingga menciptakan beberapa kadal yang tampak luar biasa. Sobat Exotic dapat menemukan keturunan silang seperti Vitikin (vitticeps dan rankins) atau kombinasi warna indah yang dihasilkan melalui morphing. Morph lebih dihargai mahal. Ada juga yang dikenal sebagai Beardie “berpunggung kulit”, yaitu beardie lain yang dibiakkan secara selektif yang hampir tidak memiliki duri.

Top