Mengenal Aneka Warna Ikan Koi Untuk Pemula

Dengan begitu banyak warna dan varietas ikan Koi yang berbeda cenderung menjadi hal yang membingungkan bagi penghobi pemula untuk memahaminya. Selama empat dekade terakhir telah terjadi peningkatan besar dalam variasi dan warna yang tersedia. Kali ini kami akan menjelaskan varietas warna utama yang umum pada jenis ikan Koi.

Kohaku

Sejak awal pemeliharaan Koi lebih dari 300 tahun yang lalu, salah satu varietas paling populer adalah Kohaku. Kohaku adalah Koi putih dengan pola merah besar di tubuhnya. Sobat Exotic pasti pernah melihatnya secara online atau di buku dan pasti di toko ikan Koi lokal tetapi masih banyak lagi varietas cantik ini.

Jika Sobat Exotic berharap untuk membeli Kohaku untuk mengisi kolam koi milik Sobat Exotic, carilah ikan dengan warna yang berbeda. Merah yang harus berwarna merah cerah dan tepi pola merah ini tidak boleh memudar menjadi warna jingga muda. Putih harus putih murni bukan warna merah muda.

Sanke

Sanke adalah salah satu varietas warna ikan Koi yang paling indah. Sangat mirip dengan koi Kohaku, Koi putih dengan tanda merah tetapi juga memiliki tanda hitam (sumi) di atas gurat sisi.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membeli Sanke adalah tanda hitamnya, pastikan itu adalah tanda hitam murni dan bukan bintik kecil yang pudar. Bintik-bintik ini bisa menjadi jauh lebih besar dan akhirnya menutupi warna merah dan putih.

Showa

Showa pada dasarnya adalah Koi hitam dengan tanda merah (hi) dan putih. Aspek terpenting dari warna Showa Koi adalah harus ada warna hitam di kepala. Berbeda dengan Sanke yang disebutkan di atas yang tidak memiliki warna hitam di kepalanya. Ini juga cara termudah untuk mengetahui perbedaan antara kedua varietas tersebut.

Bekko

Meskipun Bekko adalah salah satu ikan yang terlihat lebih sederhana dengan hanya dua warna, mereka adalah ikan yang sangat cantik. Bekko adalah Koi putih atau merah dengan tanda hitam (sumi) di tubuhnya. Bekko tidak boleh memiliki warna hitam (sumi) di kepalanya tetapi selalu berwarna putih bersih atau merah.

Ogon

Salah satu ikan terpenting yang harus ada di kolam Sobat Exotic. Ogon adalah Koi berwarna tunggal yang biasanya berwarna putih atau kuning. Meskipun mereka memiliki banyak variasi warna metalik, cara termudah adalah mengidentifikasi ikan satu warna.

Jika diamati lebih dekat, Sobat Exotic akan sering menemukan tanda kecil berwarna merah atau hitam (sumi). Jika Sobat Exotic memperhatikan hal ini pada ikan yang ingin Sobat Exotic beli, lebih baik mencari yang lain.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Ikan Cupang Di Akuarium

Asagi

Asagi adalah salah satu varietas warna Koi yang lebih istimewa, juga membanggakan sebagai salah satu jenis yang tertua. Dengan kepala berwarna putih bersih, Asagi memiliki sisik berwarna biru yang indah di sepanjang punggung dan di atas samping.

Di bawah sisinya harus ada warna merah, putih di sepanjang tubuh. Menemukan koi Asagi yang sempurna adalah salah satu tantangan terbesar dari hobi memelihara Koi dan tentunya salah satu kepuasan tersendiri.

Shusui

Shusui adalah salah satu varietas kulit atau dikenal sebagai doitsu Koi, yang berarti memiliki sedikit sisik besar di tubuhnya. Paling sering ditemukan pada bagian tulang belakang dan di sepanjang gurat sisi.

Dalam kasus Shusui memiliki garis sempurna berupa sisik biru tua yang besar di sepanjang tulang belakang dan kadang-kadang di sepanjang gurat sisi juga.  Mereka adalah varietas warna Koi yang paling umum dan paling terkenal. Ingatlah bahwa saat Sobat Exotic membeli ikan koi baru untuk memeriksa warnanya seperti yang disebutkan diatas, pastikan tandanya jelas dengan tepi yang jelas.

Yang terpenting, pilihlah warna Koi yang paling menarik bagi Sobat Exotic.

Fakta Lain Tentang Warna Pada Ikan Koi

Pada mulanya hanya ada Ikan Mas kuno, Magoi, berwarna gelap dan tidak menarik, mata rantai penting dalam makanan di Cina, yang kemudian ditakdirkan untuk menjadi cikal bakal Permata Hidup yang luar biasa yang bisa kita nikmati saat ini.

Maju cepat ke awal abad ke-19, di mana potensi warna ikan mas ini ditemukan oleh orang Jepang, lebih karena kebetulan dan kemudian dimanipulasi menjadi spesimen indah yang saat ini dikenal sebagai Nishikigoi.

Dibesarkan karena keindahan artistiknya, Koi modern hadir dalam banyak pilihan warna, pola dan berbagai tingkat kecerahan sisik, menjadikan ikan koi tambahan yang menakjubkan untuk kolam ikan di taman rumah.

Sangat dihargai karena kemampuannya untuk memberikan ketenangan dan menginspirasi rasa kedamaian batin, Koi juga sangat disukai karena kepribadiannya yang unik dan beragam. Tidak terlalu pemalu, mereka biasanya sangat senang diberi makan dengan tangan dan akan segera naik ke permukaan untuk menyambut Sobat Exotic begitu mereka dipelihara.

Kisaran warna ikan Koi yang selalu meningkat, dulunya terbatas pada Merah, Hitam, Putih, Oranye dan Kuning tetapi sekarang mencakup nuansa Indigo, Biru, Abu-abu, Hijau dan Krim.

Kombinasi Warna

Bagi seorang penghobi ikan koi pemula untuk sepenuhnya menghargai Koi, seseorang harus mulai dengan pengetahuan dasar tentang nomenklatur Jepang untuk menggambarkan ciri-ciri warna, tanda, bentuk, skala dan kecemerlangan.

Ini mungki terasa sedikit berlebihan untuk memulai, tetapi Sobat Exotic akan memahami bahwa metode di balik penamaan menjadi mudah dipahami.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Serpae Tetra

Dimulai dengan warna, selalu penting untuk dicatat bahwa seringkali ada dua atau lebih kata bahasa Jepang untuk warna yang sama, hanya karena yang satu berhubungan dengan warna dasar kulit dan yang lainnya berhubungan dengan tSobat Exotic berwarna di atasnya.

Misalnya, kata dalam bahasa Jepang untuk “Merah” bisa jadi “Hai” yang menunjukkan tSobat Exotic merah di atas warna yang berbeda, atau bisa juga “Aka” yang berarti warna kulit dasar merah terus menerus. Nama klasifikasi dihasilkan dari kombinasi deskriptor yang sesuai.

Daftar Identifikasi Koi Jepang :

Ai – Warna biru atau nila

Aigoromo – Koi Goromo berwarna biru atau nila

Ai Showa – Showa Koi berwarna biru atau indigo

Aka – Merah – hanya berkaitan dengan warna dasar ikan

Asagi – Biru berkaitan dengan koi dengan tubuh kebiruan dan tanda merah di bagian bawah, sirip dada dan pipi

Bekko – Warna dasar solid merah (alias), kuning (ki) atau putih (shiro) dengan tanda hitam (sumi)

Beni – Warna merah tua

Budo – Warna anggur

Cha – Warna coklat

Warna Ikan Koi
Warna Ikan Koi

Chagoi – Varietas Koi Coklat terkenal karena pertumbuhannya yang luar biasa

Doitsu – ikan mas Jerman – baik yang tidak bersisik disebut sebagai Leather Carp; atau memiliki garis sisik besar sepanjang garis lateral dan garis punggung disebut sebagai Mirror Carp

Fukurin – Area di sekitar sisik koi metalik yang menampilkan kilau lebih dari area lainnya

Gin – Perak (putih metalik)

GinRin – Sisik reflektif mutiara-perak

Goke – Sisik ikan

Gosanke – Kelompok tiga varietas utama koi – Kohaku, Sanke, dan Showa

Goshiki – Jepang berarti “lima warna.” Mengacu pada koi dengan warna dasar putih, penampilan hitam dan biru, dilapisi dengan tanda merah

Gotensakura – Varietas koi Kohaku dengan banyak bintik merah

Hageshiro – Sebagian besar serba hitam dengan kepala dan moncong ditambal dengan warna putih atau coklat

Hagoroma – Variasi tertentu dari Aigorormo

Hajiro – Sebagian besar serba hitam dengan ekor dan sirip bertepi putih

Hariwake – Koi putih metalik dengan tSobat Exotic emas atau kuning

Hai – Merah – hanya berkaitan dengan tambalan ikan yang berwarna

Hikari – Mengkilap atau metalik

Hikari Moyo – Metalik dengan platinum dan merah atau kuning

Hikari Utsuri – koi metalik tiga warna dengan tanda hitam – versi metalik dari Showa dan Utsuri

Hikari Muji – Koi metalik berwarna tunggal termasuk Ogon dan Matsuba

Inazuma – Pola “Petir” yang paling terkait dengan varietas Kohaku

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Ikan Lungfish di Akuarium

Kabuto – Arti Jepang “helm.” Mengacu pada Koi dengan warna kepala berbeda dengan warna tubuh

Karas – Arti Jepang “Gagak” – varietas tua dengan sirip hitam dan tubuh hitam legam

Kawarimono – Istilah yang diterapkan pada Koi yang tidak dapat diklasifikasikan ke dalam tipe standar

Ki – Kuning – berkaitan hanya dengan warna dasar ikan

Kin – Emas (kuning metalik)

Kin Rin – Sisik reflektif mutiara-emas

Kiwa – Tepi tambalan atau tanda

Kuchibeni – Lipstik

Matsuba – Istilah untuk timbangan dengan pola kerucut pinus atau jaring

Midori – Warna hijau

Mono – Tipe

Moyo – Jenis pola

Muji – Warna tunggal

Nezu – Warna abu-abu

Orenji – Warna oranye

Rin – Skala Mengkilap

Shiro – Putih – berkaitan hanya dengan warna dasar ikan

Sumi – Hitam – hanya berkaitan dengan tambalan ikan yang berwarna

Tancho – Satu titik merah kuat di kepala saja

Yamabuki – Bentuk kuning pucat dari koi metalik Ogon

Fakta Menarik Lainnya Tentang Warna Koi

Kecerahan warna ikan Koi bukan hanya merupakan pilihan estetika,tetapi merupakan indikator kondisi kesehatan Koi. Jika merah atau oranye sama sekali tidak cemerlang, jika warna hitamnya kusam atau jika putihnya bukan putih salju, maka ini mungkin menunjukkan tanda kesehatan yang buruk. Bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk atau kualitas air yang buruk.

Beberapa varietas Koi sebenarnya mampu berubah warna sebagai akibat dari perubahan suhu bukannya kesehatan yang buruk.

Matsukawabake adalah salah satu ras yang memiliki kemampuan ini.

Warna Koi sebenarnya dapat ditingkatkan melalui suplemen makanan. Makanan dengan pigmen karotenoid konsentrasi tinggi sangat bermanfaat dan suplemen makanan seperti Spirulina (ganggang hijau), Udang, plankton, daphnia, dan marigold sangat ideal. Karoten mempengaruhi pigmentasi merah tetapi jika digunakan secara berlebihan dapat merusak warna koi.

Dari waktu ke waktu warna Koi mungkin kurang bagus karena belum mencapai potensi penuhnya. Koi muda akan sering terlihat sedikit kusam sepanjang perkembangan awal karena fokus awal adalah pada kesempurnaan bentuk dan bentuk tubuh, bukan perbaikan warna. Pada titik tertentu dalam kedewasaannya, warna akan mulai nampak.

Warna koi juga dapat ditingkatkan dengan menyediakan kondisi hidup yang berkualitas baik. Perairan yang kaya fitoplankton hijau dapat membantu mengembangkan warna kuning dan merah yang terang.