MengenalĀ Akuarium Air Asin

Akuarium air asin tidak direkomendasikan untuk aquarist pemula. Namun jarang bagi aquarist pemula untuk memulai langkah dengan memilih akuarium air asin daripada akuarium air tawar. Menyiapkan akuarium air asin jauh lebih mahal daripada menyiapkan akuarium air tawar dan ini berarti bahwa biasanya aquarist berdedikasi dengan pengalaman bertahun-tahun di akuarium air tawar yang memutuskan untuk menghabiskan uang yang diperlukan untuk akuarium air asin.

Namun film “Finding Nemo” menyebabkan ledakan peminat akuarium air asin, karena banyak orang yang menonton film tersebut ingin memelihara “ikan Nemo”, yaitu ikan badut laut. Sayangnya, banyak ikan badut berakhir di tangan pemelihara pemula yang tidak bersedia menghabiskan cukup waktu, tenaga dan uang untuk hewan peliharaan baru mereka.

Jika Sobat Exotic seorang aquarist yang relatif tidak berpengalaman, Sobat Exotic masih bisa menjadi aquarist air asin yang sangat sukses jika Sobat Exotic siap menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mempelajari cara kerja akuarium air asin yang sebenarnya.

Beli Perlengkapan Yang Sesuai

Berinvestasi dalam peralatan yang sesuai dan memilih beberapa spesies air asin yang paling kuat juga akan meningkatkan peluang Sobat Exotic untuk sukses. Jangan ragu untuk menghubungi klub akuarium air asin atau forum online dan meminta saran dan panduan. Kebanyakan aquarists air asin dengan senang hati berbagi pengetahuan mereka dengan calon aquarists air asin baru.

Salah satu alasan mengapa akuarium air asin lebih sulit dipelihara daripada akuarium air tawar adalah karena spesies laut cenderung kurang toleran terhadap produk limbah organik dan bentuk polusi lainnya. Massa air yang sangat besar yang membentuk lautan akan dengan cepat mengencerkan sampah organik ke tingkat yang sangat rendah.

Oleh karena itu, makhluk laut tidak terbiasa dengan limbah terlarut tingkat tinggi dan tidak tahu cara mengatasinya. Tentu saja ada banyak spesies air tawar yang juga sangat sensitif terhadap limbah organik dan sangat sulit dipelihara di akuarium.

Namun secara umum, lebih mudah untuk menemukan spesies ikan air tawar yang kuat karena ikan air tawar dapat hidup di danau kecil dan bahkan genangan air di mana tingkat limbah organik dapat mencapai tingkat yang sangat tinggi. Dibandingkan dengan spesies laut, ikan ini juga biasanya lebih cocok untuk mengatasi segala bentuk perubahan. Dalam badan air yang lebih kecil, suhu misalnya dapat berubah dengan cepat.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Penguin Tetra

Kekerasan air dan pH juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Oleh karena itu, mencoba menjaga lingkungan di akuarium air tawar sestabil mungkin merupakan pelatihan yang baik jika Sobat Exotic berencana memiliki akuarium air asin di masa mendatang.

Kimia dan ekologi keseluruhan juga berbeda dalam akuarium air asin, karena keberadaan garam memengaruhi proses kimia dan biologis. Namun ini bukan hanya masalah, itu juga kemungkinan. Misalnya, Sobat Exotic dapat menggunakan skimmer protein di akuarium air asin; bentuk filtrasi yang sangat kuat yang akan menghilangkan partikel sampah organik kecil sebelum mulai membusuk.

Keunikan Akuarium Air Asin

Mengapa orang ingin memiliki akuarium air asin? Nah, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini secara alami akan berbeda dari aquarist ke aquarist. Beberapa aquarist merasa tertantang. Mereka mulai dengan spesies air tawar yang mudah, maju untuk membiakkan spesies air tawar yang hampir tidak dapat dipertahankan oleh siapa pun di akuarium, dan sekarang mereka mencari tantangan lain untuk dihadapi.

Akuarium Air Asin

Kebanyakan aquarist memiliki akuarium air asin hanya karena mereka terpesona oleh bentuk kehidupan laut. Dengan memiliki akuarium air asin, Sobat Exotic akan dapat memilih dari spesies yang jauh lebih luas daripada sebelumnya.

Beberapa spesies ikan paling berwarna di dunia misalnya adalah spesies laut yang harus dipelihara di air asin. Angelfish Laut, Damselfish, dan Clownfish adalah tiga contoh spesies air asin populer yang akan Sobat Exotic temukan di banyak akuarium laut.

3 Jenis Akuarium Air Asin

Selain ikan, Sobat Exotic dapat memelihara karang, anemon, krustasea laut, dan hewan unik dan menakjubkan seperti ubur-ubur dan gurita. Ada tiga jenis utama akuarium air asin: FO, FWLR, dan akuarium Reef. Singkatan FO adalah singkatan dari Fish Only sedangkan FWLR berarti Fish With Live Rock.

Beberapa aquarist juga akan memelihara lebih banyak spesies langka di akuarium mereka, seperti ubur-ubur, cumi-cumi, dan gurita. Akuarium karang umumnya dianggap yang paling rumit dari tiga bentuk utama akuarium. Di akuarium karang, ikan bukanlah pusat perhatian. Fokus malah ditempatkan pada berbagai bentuk karang halus.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Karang memiliki persyaratan yang sangat khusus dan misalnya membutuhkan kualitas air tertinggi, pola arus yang rumit, dan lampu yang sangat kuat.

Dekorasi Yang Tepat

Saat Sobat Exotic mengatur akuarium air asin, sangat penting bagi Sobat Exotic untuk hanya memilih peralatan dan dekorasi yang cocok untuk penggunaan air asin.

Seperti disebutkan sebelumnya dalam artikel ini, kimia dalam akuarium air asin berbeda dengan yang ditemukan di akuarium air tawar. Barang yang aman digunakan di akuarium air tawar bisa jadi tidak cocok untuk akuarium laut. Sobat Exotic juga harus ingat bahwa spesies laut cenderung sangat sensitif terhadap polusi dan perubahan kimia air.

Sepotong dekorasi akuarium yang mengeluarkan sejumlah kecil senyawa berbahaya bisa cukup untuk membunuh banyak bentuk kehidupan laut. Sebagian besar aquarist air asin mengandalkan kombinasi filtrasi biologis, kimia, dan mekanis untuk menjaga kualitas air di akuarium.

Dengan menggunakan akuarium yang cukup besar, Sobat Exotic juga akan lebih mudah memelihara lingkungan yang stabil dengan tingkat limbah terlarut yang rendah. Akuarium air asin yang lebih kecil dari 300 liter dianggap cukup sulit dirawat. Sobat Exotic dapat mengurangi biolode dengan tidak pernah memberi makan penghuni akuarium Sobat Exotic secara berlebihan.

Setiap makanan yang tidak dimakan secara alami harus dikeluarkan dari air sesegera mungkin dan hal yang sama berlaku untuk organisme mati. Juga umum bagi aquarists air asin untuk memperkenalkan organisme pemulung ke akuarium karena hewan ini akan mengkonsumsi sisa makanan sebelum mulai membusuk dan mencemari air.

Harga Akuarium Air Asin

Harga akuarium air asin bervariasi tergantung pada ukuran, fitur, dan kualitas akuarium tersebut.

  • Akuarium kecil dengan ukuran sekitar 20-30 liter berkisar antara Rp.700.000 – Rp.2.000.000
  • Akuarium menengah dengan ukuran sekitar 40-60 liter berkisar antara Rp.2.000.000 – Rp.6.000.000
  • Akuarium besar dengan ukuran sekitar 100-200 liter berkisar antara Rp.4.000.000 – Rp.9.000.000
  • Akuarium custom dengan ukuran besar dan fitur tambahan bisa mencapai harga ratusan juta rupiah.

Selain itu, Sobat Exotic juga perlu mempertimbangkan biaya peralatan, seperti filter, heater, iluminasi, dan perawatan kesehatan. Biaya ini bisa menambah harga akuarium.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Ikan Ekor Pedang

Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli akuarium air asin. Perhatikan juga kondisi lingkungan yang dibutuhkan ikan yang akan ditempatkan dalam akuarium. Pastikan Sobat Exotic dapat memberikan perawatan yang cukup dan memiliki pengalaman dalam memelihara ikan air asin.

Berapa Besar Ukuran Akuarium Untuk Ikan Peliharaan?

Ketika Sobat Exotic memutuskan untuk membeli akuarium air asin untuk ikan peliharaan, Sobat Exotic harus mempertimbangkan banyak faktor. Ukuran akuarium adalah salah satu faktor penting. Itu harus berukuran sedang. Ukuran terbaik yang tersedia di pasaran memiliki kapasitas sekitar 200 hingga 500 Liter.

Ukuran ini sesuai untuk akuarium Sobat Exotic karena sejumlah faktor. Inilah alasan-alasan tersebut:

Lebih mudah menjaga suhu akuarium berukuran sedang. Perlu untuk mempertahankannya pada suhu tertentu. Setiap perubahan suhu yang drastis akan merugikan kesehatan ikan Sobat Exotic. Termometer dapat digunakan untuk mengetahui apakah suhu konstan atau tidak.

Kimia air juga harus tetap konstan. Persentase bahan kimia seperti nitrat, fosfat di akuarium juga harus berada di sekitar tingkat rata-rata. PH akuarium harus sekitar 7. Jika Sobat Exotic memiliki akuarium kecil, setiap perubahan kimiawi air akan langsung mempengaruhi ikan. Di sisi lain, dengan menggunakan Akuarium besar mereka akan membutuhkan waktu untuk mempengaruhi ikan.

Di Akuarium besar ada lebih banyak ruang untuk bergerak dan ikan akan berenang dengan gembira di sana-sini. Ini akan memastikan ikan nyaman.

Biaya yang dikeluarkan karena perawatan seharusnya tidak terlalu tinggi. Sobat Exotic harus bisa merawat akuarium dengan cara yang mudah, meskipun harus dilakukan secara rutin. Kelalaian tidak dapat dibenarkan dalam hal ini.

Jika Sobat Exotic mengikuti tips ini, Sobat Exotic akan memiliki akuarium air asin untuk ikan yang dalam kondisi baik dan memiliki biaya perawatan yang rendah. S