Mengatasi Kutu Tungau Reptil

Mengatasi kutu tungau reptil bisa menjadi kegiatan yang menakutkan dan membuat frustrasi untuk sebagian kecil Sobat Exotic, tetapi jangan khawatir, kami akan menjelaskannya caranya di sini.

Saat sobat Exotic telah menemukan kutu tungau di vivarium, terarium atau pada tubuh reptil peliharaan, pertama-tama sobat perlu menentukan jenis kutu tungau ini. Ada ribuan spesies kutu tungau sehingga hampir tidak mungkin untuk menentukan dengan tepat kutu tungau yang menjadi masalah tetapi EMI dapat mengelompokkan parasit ini menjadi tiga kategori dasar yang mungkin salah satunya tengah menjangkit di habitat reptil sobat.

2 Jenis Kutu Tungau Reptil

Ada dua jenis kutu tungau yang paling sering ditemui dan menjadi momok menakutkan bagi pemelihara reptil tetapi parasit ini tidak seburuk yang sobat Exotic pikirkan, mereka adalah tungau yang bersarang di substrat dan makanan. Kutu Tungau ini biasanya berwarna putih kusam dan berukuran sebesar titik seperti ini. Sobat Exotic akan menemukan tungau ini jika menggunakan substrat berbahan dasar kayu atau tanah di vivarium yang lembab, kutu tungau ini tidak harus berasal dari mana pun, mereka bisa muncul begitu saja.

Mereka muncul karena memiliki semua elemen yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Misalnya hawa yang hangat, kelembapan, makanan dan tempat tinggal (substrat kayu). Dalam jumlah kecil mereka tidak akan menimbulkan masalah, hanya dalam jumlah besar yang tidak terkendali mereka akan menimbulkan risiko bagi reptil, kadal, ular atau amfibi. Kutu Tungau ini dapat dengan mudah dibasmi dengan membersihkan substrat secara teratur setiap bulan dan cuci atau ganti substrat kulit kayu. Dengan melakukan cara ini dan membuang makanan sisa yang tidak dimakan dan membersihkan kotoran setiap hari akan memastikan populasi kutu tungau tidak lepas kendali.

Info Pets Selanjutnya  Mengatasi Stres Pada Kura-Kura Darat

Kutu Tungau lain yang sering ditemui adalah tungau biji-bijian, lagi-lagi kondisi yang disukai seperti yang disebutkan di atas dan dapat dikontrol dengan cara yang sama, ini biasanya diperkenalkan saat pecinta reptil mencoba menyimpan atau membiakkan makanan hidup di rumah, tungau ini suka memakan dedak dan biji-bijian dll, mereka kemudian masuk ke dalam vivarium bersama makanan hidup.

kutu tungau reptil

Jenis Kutu Tungau Ketiga yang mungkin sobat Exotic temui, tetapi kecil kemungkinannya untuk menemukan tungau yang serius, namun jenis ini dapat menyebabkan masalah dan harus segera diobati adalah tungau ular, tungau reptil dan kutu. Sekali lagi, ada ratusan spesies kutu tungau tetapi semuanya memiliki kesamaan. Mereka hidup di tubuh reptil dan menggunakannya  sebagai inang yang mereka hisap darahnya.

Cara mengidentifikasi tungau reptil/ular, Tungau ini biasanya berwarna merah atau coklat atau bahkan coklat kemerahan, ukurannya dapat bervariasi dari titik kecil hingga sseperti seperti kutu yang sangat besar, kutu biasanya sedikit lebih besar. jika diremas biasanya akan meninggalkan bercak darah merah.

Tanda Reptil Terkena Kutu Tungau

Tanda pertama yang harus diperhatikan adalah pengelupasan kulit yang berlebihan dan nampak tungau mati di wadah air. Reptil yang terjangkit kutu tungau akan menghabiskan banyak waktu berendam di air untuk mencoba dan menenggelamkan tungau karena mengganggu mereka.

Jika  mencurigai kadal atau ular peliharaan sobat Exotic terjangkit tungau, keluarkan mereka dari vivarium dan amati dari dekat, dalam serangan yang parah , sobat Exotic akan melihat tungau merayap di seluruh tubuhnya dan bahkan di tangan sobat. Dalam infestasi yang tidak terlalu parah dan pada sebagian besar situasi tungau ular, Sobat akan melihat tungau di bawah sisik, biarkan ular merayap melalui tangan sobat  saat ia membengkokkan sisi bawah sisiknya akan terlihat, jangan heran jika sobat melihat tungau bersembunyi di bawahnya.

Info Pets Selanjutnya  Tips Merawat Ular Untuk Pemula

Bagaimana cara mengobati?

Sobat Exotic harus membasmi kutu tungau reptil dengan cepat dan keras, sobat tidak dapat melakukan setengah-setengah. Pertama-tama keluarkan reptil dan semua teman tangki atau vivarium (jika satu reptil terjangkit, sobat harus menganggap semua reptil didalam vivarium itu juga terinfeksi), buang semua substrat, jika sobat dapat membuang semua furnitur kayu seperti cabang, maka lakukan jadi tetapi jika harganya mahal atau unik, sobat perlu mencuci dan menggosoknya lalu merendamnya dalam air panas.

Semua tempat air dan makanan harus diangkat, digosok dan direndam dalam air panas. Saat merendam furnitur vivarium, pastikan semuanya terendam penuh atau tungau hanya akan naik ke bagian yang kering untuk hidup di hari lain.

Jika vivarium memiliki sambungan yang tidak tertutup maka perawatan ekstra harus dilakukan karena akan ada tungau yang bersembunyi di celah-celah. setelah vivarium kosong, cuci bersih dengan air sabun panas. Jika bisa mengeluarkannya dari rumah dan menyemprotnya secara menyeluruh dengan insektisida.

Untuk merawat reptil dari tungau, sobat Exotic perlu menyemprotnya dengan pembunuh tungau, ada dua jenis semprotan tungau yang tersedia, yang dengan bahan aktif dan yang tidak, yang tidak mengandung zat alami dan bekerja dengan mengiritasi atau mencekik. tungau, yang bahan aktifnya mengandung bahan kimia yang akan membunuh tungau. Dalam pengalaman kami, semprotan anti kutu reptil adalah yang paling efektif dan setelah merawat ular yang terjangkit tungau dengan produk ini, perawatan pertama sangat efektif dan hanya memerlukan perawatan sekunder cukup sedikit.

Hewan tangkapan liar kerap membawa kutu tungau. Selalu ikuti instruksi pada botol semprotan anti tungau dengan hati-hati karena beberapa reptil mungkin tidak dapat diobati.

Info Pets Selanjutnya  Ular Pohon Boomslang Paling Beracun di Afrika

Saat merawat reptil yang terkena tungau, kami selalu memakai masker, menyemprotkan produk obat ke tubuh reptil dan mengoleskannya ke kulit reptil, di bawah semua sisik, perhatikan telinga dan lubang hidung karena di sinilah tungau suka bersembunyi.