Mengatasi Egg Binding Pada Iguana

Mengatasi Egg Binding Pada Iguana

Egg binding / Egg bound adalah suatu kondisi di mana indukan betina iguana tidak dapat mengeluarkan telur dari sistem reproduksi, sehingga membuat induk iguana terus mengejan dan mengeluarkan banyak tenaga hingga akhirnya lesu dan menyakiti iguana. Ini hanya terjadi pada indukan betina iguana dewasa saja. Kondisi ini sangat serius dan bisa berakibat fatal. Jadi apa penyebab egg binding pada indukan betina iguana?

Penyebab Egg Binding/Egg Bound Pada Iguana

egg binding pada reptil

Ada banyak penyebab kenapa terjadi egg binding (Egg Bound) pada iguana saat bertelur. Hal ini bisa saja karena betina yang bertelur memiliki cacat anatomi maupun cacat bawaan yang mencegah indukan betina iguana untuk bertelur dengan lancar.

Jika sobat Exotic tidak menyediakan tempat bertelur yang sesuai, beberapa betina  iguana akan menunggu sampai telurnya terlalu besar untuk dikeluarkan dari sistem reproduksi. Penyebab umum lainnya termasuk obesitas, kekurangan kalsium, malnutrisi dan kelainan ginjal.

Gejala Egg Binding/Egg Bound Pada Iguana

Betina Iguana yang sedang hamil dapat mengalami pembengkakan. Namun ini juga merupakan tanda umum dari kehamilan reptil. Sobat Exotic juga akan melihat bahwa iguana kurang aktif dan tampak tertekan. Meski indukan betina iguana terus berusaha untuk bertelur, mereka tidak akan bisa.

Identifikasi Egg Binding/Egg Bound Pada Iguana

Sulit bagi dokter hewan untuk menentukan apakah iguana sedang mengalami sindrom egg binding 9Egg Bound) atau sedang hamil hanya dengan melakukan pemeriksaan secara fisik saja. Pemindaian menggunakan X-ray maupun metode ultrasonography diperlukan untuk menentukan keberadaan telur.

Perawatan Egg Binding/Egg Bound Pada Iguana

Dokter hewan langganan sobat Exotic tentu mempunyai beberapa pilihan untuk merawat telur didalam sistem reproduksi iguana. Dokter hewan bisa saja cukup melumasi kloaka dan mencoba mengeluarkan telur secara manual. Ini cukup berisiko, jika telur pecah di dalam sistem reproduksi iguana betina seringkali berakibat fatal. Pembedahan adalah pilihan yang paling umum. Selama operasi pengambilan telur, seluruh saluran genital iguana dapat diangkat untuk mencegah masalah tersebut berulang dimasa depan.

Info Pets Selanjutnya  Bagaimana Merawat Bayi Iguana

Egg Binding pada Reptil

Disebut juga distosia dan retensi telur, pengikatan telur umum terjadi pada beberapa spesies reptil termasuk iguana, ular, dan kura-kura. Namun lebih sering terjadi pada ular dan kura-kura. Ini terjadi ketika seekor betina tidak dapat mengeluarkan telur matang yang terbentuk dalam sistem reproduksinya. Satu survei kami menemukan bahwa hampir 10% populasi reptil terkena pengikatan telur.

Potensi bahaya

Komplikasi yang dapat timbul dari pengikatan telur meliputi:

· Kematian anak atau telur

· Peritonitis

· Peradangan dan jaringan parut pada saluran reproduksi. Ini mengarah pada penurunan kesuburan di masa depan

· Kematian betina

Penyebab distosia

Ada berbagai faktor yang berkontribusi yang dapat menyebabkan pengikatan telur. Jika betina memiliki cacat anatomi yang obstruktif, secara fisik telur tidak mungkin lewat. Juga saat sang induk betina dalam kondisi yang buruk ketika tiba waktunya untuk bertelur, betina mungkin akan kelelahan sebelum selesai bertelur. Ini bisa jadi karena tidak aktif, yang mengarah pada tonus otot yang buruk dan ketidakmampuan untuk menghasilkan kontraksi yang kuat dan berulang.

Lokasi bersarang adalah kontributor lain. Area bersarang harus memiliki kedalaman dan pemilihan substrat yang tepat untuk spesies tersebut. Ini harus menjadi area pribadi yang tenang.

Telur itu sendiri juga bisa berperan. Jika telur terlalu besar, cacat, tidak dalam posisi normal, pecah atau bergabung dengan telur lain, hampir tidak mungkin untuk melewati kloaka.

Tindakan Yang Harus Dilakukan

Untuk reptil jenis kadal, pengobatan harus segera dilakukan. Dehidrasi atau kondisi lain yang mengancam nyawa harus ditangani sebelum mencoba mengeluarkan telur.

Empat langkah pengobatan utama meliputi:

· Manipulasi fisik

· Stimulasi hormonal

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kadal Anole Hijau

· Pembuangan isi telur

· Operasi pengangkatan telur

Manipulasi fisik membutuhkan herpetologis atau dokter hewan khusus reptil yang sangat berpengalaman. Ini melibatkan pemberian tekanan dengan lembut setelah melumasi kloaka. Perawatan ekstrim diperlukan untuk menghindari pecahnya saluran reproduksi, prolaps dan kematian.

Suntikan oksitosin atau arginin vasotocin dapat menyebabkan kontraksi saluran reproduksi dan keluarnya sel telur. Kalsium juga dapat diberikan melalui suntikan sebelum penggunaan hormon. Tak satu pun dari hormon harus digunakan jika ada hambatan, suntikan hormon paling efektif bila diberikan dalam 48 jam pertama setelah egg binding. Metode hormon paling efektif pada reptil jenis kura-kura dan paling tidak efektif pada ular.

Memilih Dokter Hewan Untuk Anda dan Hewan Peliharaan Anda

Hewan peliharaan membutuhkan dokter sama seperti kita. Ketika sobat Exotic memilih dokter untuk diri sendiri, sobat mungkin meluangkan waktu untuk memastikan bahwa sobat menyukainya dan merasa nyaman di klinik medis. Sebagai pemilik hewan peliharaan, kita harus melakukan hal yang sama saat memilih dokter hewan. Dokter hewan membantu menjaga hewan peliharan kita tetap sehat dan kuat.

Saat mencari dokter hewan, sobat perlu melakukan lebih dari sekadar melihat kredensial medisnya. Kunjungan ke klinik dokter hewan seringkali menciptakan suasana menakutkan dan tidak nyaman bagi hewan peliharaan, jadi sobat juga harus memastikan bahwa calon dokter hewan tersebut ramah dengan hewan. Selain itu, dokter hewan sering mengandalkan bantuan staf medis seperti teknisi dan perawat. Jadi, sobat Exotic harus memeriksa ulang untuk melihat apakah menyukainya dan apakah hewan peliharaan juga menyukainya.

Saat mencari dokter hewan, hal yang baik untuk dipikirkan adalah apakah mereka ada di daerah sobat atau tidak. Tentu saja, kadang-kadang ada baiknya berkendara untuk mendapakan perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan tetapi  sobat harus memilih dokter hewan yang cukup dekat jika harus buru-buru ke klinik dokter hewan jika terjadi keadaan darurat pada hewan peliharaan. Setelah daftar dokter hewan potensial dipersempit, sobat Exotic mungkin ingin berkunjung ke klinik vet.

Info Pets Selanjutnya  Iguana Laut Peliharaan Mewah Namun Mudah Berkembang-biak

Seorang dokter hewan harus terbuka terhadap pertanyaan dari sobat Exotic, pastikan untuk mengajukan pertanyaan penting mengenai kualifikasi dokter, sertifikasi, informasi pendidikan atau latar belakang terkait lainnya.

Selanjutnya, akan sangat membantu untuk melihat-lihat kondisi klinik dokter hewan saat berada di sana. Ruang tunggu harus bersih dan teratur. Akan sangat membantu jika klinik dokter hewan memiliki area diagnostiknya sendiri. Ini dapat membuat waktu tunggu menjadi lebih mudah karena tes apa pun dapat dilakukan di klinik daripada harus membawa hewan peliharaan ke tempat lain.

Terakhir, pastikan tagihan dokter hewan sesuai dengan anggaran sobat Exotic. Dengan cara ini, sobat dapat yakin untuk selalu memiliki kemampuan dalam merawat hewan peliharaan. Menemukan dokter hewan yang sempurna untuk sobat Exotic dan hewan peliharaan adalah tugas penting.

 

Ivan S

Top