Mencegah Kematian Iguana Karena Suhu Yang Panas

Mencegah Kematian Iguana Karena Suhu Yang Panas

Sobat Exotic mungkin tahu bahwa iguana berasal dari daerah tropis nan eksotis dan membuat sobat berpikir bahwa panas berlebih bukanlah masalah bagi iguana. Di alam bebas, iguana dapat berlindung dari sinar matahari saat mereka membutuhkannya. Saat berada di penangkaran, iguana mengandalkan sobat untuk menjaga suhu tubuh dalam kisaran yang sesuai dan memberikan area yang lebih sejuk untuk berteduh.

Sangat penting untuk memiliki beberapa termometer di dalam kandang iguana sobat. Ini akan memungkinkan sobat untuk memantau suhu dan melakukan antisipasi jika suhu kandang iguana terlalu panas. Sobat Exotic harus memiliki setidaknya empat termometer yang tersebar di seluruh area kandang iguana.

iguana

Lokasi peletakan termometer juga penting. Jika sobat  akan menggunakannya untuk mengontrol suhu di tengah kandang, menempatkan termometer di dinding samping akan memberi pembacaan suhu yang tidak akurat. Itu sebabnya sobat harus meletakkan termometer di dekat area yang ingin dipantau.

Jika suhu di berada luar kendali, sobat Exotic perlu mewaspadai tanda-tanda kepanasan pada iguana. Gejala yang paling jelas adalah iguana nampak ngos-ngosan dan membuka mulut. Jika sobat merasakannya, kemungkinan besar tubuh iguana akan terasa hangat saat disentuh.

Jika iguana kepanasan, sobat Exotic harus segera memindahkannya keluar dari sumber panas. Setelah dikeluarkan, tubuh iguana akan mendingin tanpa intervensi lebih lanjut. Jika ingin mempercepat prosesnya, sobat Exotic bisa menuangkan air hangat ke dalam botol dan letakkan di dalam kandang.

Sobat Exotic juga harus menyadari bahwa tubuh iguana yang terlalu panas sangat rentan terhadap dehidrasi. Jadi jika iguana menderita kondisi ini, sobat Exotic perlu memastikan Iguana mendapat air mineral untuk minum. Cara terbaik  lainnya adalah dengan memberi makanan iguana dengan kandungan air tinggi seperti melon dan semangka.

Info Pets Selanjutnya  Perbedaan 6 Jenis Iguana

Kesalahan Dalam Merawat Iguana

Banyak orang mencari informasi tentang cara terbaik untuk merawat iguana albino peliharaan. Untuk memberikan gambaran umum tentang masalah di sini, sobat Exotic harus tahu bahwa membuat kesalahan ini dapat menyebabkan penyakit parah bagi iguana. Masalah-masalah ini sangat penting, sehingga mengabaikan daftar ini dapat menyebabkan masalah seperti kekurangan gizi atau pertumbuhan yang terhambat, bahkan kematian bagi iguana peliharaan.

Sobat  Exotic harus mengatasi kemungkinan kehilangan iguana atau tagihan tinggi untuk biaya dokter hewan untuk perawatan hewan dan obat-obatan, maka jelas sobat Exotic harus menghindari melakukan hal-hal yang membuat iguana sakit. Di bawah ini adalah poin yang harus diperhatikan dengan seksama:

  • Pertama, jangan pernah menggunakan pasir atau kerikil sebagai substrat di habitat iguana. Alasan di balik itu adalah iguana menggunakan lidah mereka untuk merasakan lingkungan mereka dan partikel kecil dengan mudah menempel di lidah. Pasir, kerikil, serpihan kayu atau benda kecil lainnya, bisa dan akan dimakan oleh iguana . Hal ini menyebabkan penyumbatan di perut dan usus yang bisa mematikan atau paling tidak berbiaya mahal dalam hal tagihan dokter hewan. Tidak ada kasus di mana nasihat ini harus diabaikan. Jangan pernah menggunakan substrat partikulat kecil. Sebagai gantinya gunakan karpet indoor maupun outdoor atau gunakan lantai keramik untuk habitat iguana peliharaan.
  • Kedua, jangan pernah memberi makan serangga atau daging kepada iguana. Mengapa? Iguana adalah herbivora dan bertahan hidup di alam liar dengan memakan tanaman. Meskipun terkadang mereka menelan serangga yang menempel di daun atau bunga, tubuh mereka tidak dirancang untuk mencerna protein hewani. Yang terjadi jika sobat Exotic tidak mengikuti aturan ini, iguana tidak akan bisa mencernanya. Meskipun sobat mungkin berpikir bahwa iguana peliharaan mendapatkan cukup makanan, sebenarnya mereka bisa mati kelaparan. Selain itu, jumlah protein yang tinggi dapat menyebabkan kegagalan sistem, menyebabkan kematian yang lambat dan menyakitkan bagi hewan peliharaan.
  • Ketiga dan terakhir, jangan pernah memelihara iguana di kandang yang terlalu kecil, karena berpikir bahwa ini akan mengendalikan pertumbuhan iguana. Iguana yang sehat dan diberi makan dengan baik akan terus tumbuh tidak peduli berapa pun ukuran kandangnya. Ide bahwa iguana tidak akan tumbuh lebih besar jika menggunakan kandang berukuran kecil adalah mitos. Bagaimana mengetahui jika kandang terlalu kecil? Kandang setidaknya berukuran dua kali lebih panjang dari iguana dan cukup lebar dari depan ke belakang untuk memungkinkannya berputar dengan nyaman. Selain itu, tingginya harus minimal satu setengah kali panjang iguana karena makhluk arboreal ini membutuhkan ruang untuk memanjat. Ini adalah salah satu kesalahpahaman terbesar yang sering dilakukan pemilik iguana, tidak mengerti seberapa besar habitat yang dibutuhkan.
Info Pets Selanjutnya  Rekomendasi Kura-Kura Darat Yang Mudah Di Pelihara

Jika sobat Exotic menghindari poin masalah diatas,  Ini akan sangat membantu dalam memecahkan, menghilangkan atau menghindari masalah apa pun yang dimiliki tentang merawat iguana peliharaan.

 

JnT

Top