Memelihara Ular, Berapa Suhu Kandang Yang Tepat?

Memelihara Ular, Berapa Suhu Kandang Yang Tepat?

Dalam memelihara ular, setiap jenis ular memiliki kebutuhan khusus termasuk makanan, substrat, kelembaban dan terutama suhu kandang. Beberapa ular peliharaan bahkan membutuhkan penurunan suhu harian dan musiman untuk meniru habitat alami.

Meskipun cara ini sangat penting untuk budidaya beberapa spesies python, boa dan colubrid yang lebih eksotis, langkah ini juga merupakan bagian penting dari kebutuhan suhu harian dan musiman.

Menjaga kondisi ular peliharaan sobat Exotic tetap sehat adalah langkah pertama dan terpenting setelah menemukan jenis ular yang keren untuk dibeli.

Kebutuhan Suhu Kandang Ular Python

Ular python ditemukan di daerah tropis di seluruh dunia mulai dari Afrika, Australia hingga Indonesia. Ular ini ditemukan pada iklim yang berbeda tetapi selalu di bagian bumi yang lebih hangat.

Kebutuhan Suhu Kandang Python

Python Afrika seperti Ball Python, Rock Python dan Angola Python menyukai suhu harian yang mencapai tinggi 27 derajat celsius dan turun ke 20 derajat celsius pada malam hari.

Python Asia seperti Indian Rock Python, Burma Python dan Reticulated Python terbiasa dengan suhu dan kelembaban yang lebih tinggi sementara python Australia menyukai kondisi cuaca yang lebih hangat dan lebih kering.

Selama musim kawin, kelembaban dan suhu kandang yang lebih rendah akan cukup untuk mendapatkan jumlah sperma yang sehat dari jantan dan menginduksi perkembangan folikel pada betina.

Kebutuhan Suhu Kandang Boa

Boa ditemukan di Amerika, Indonesia dan Madagaskar. Mereka adalah kelompok  ular yang lebih besar daripada Python dan memiliki variasi dalam persyaratan suhu kandang. Ular Boa tanah seperti Redtails dan Dumeril bahkan mampu beradaptasi dengan suhu malam yang lebih rendah yang dapat mencapai kisaran 14 derajat celsius, sementara mereka menghadapi suhu siang hari yang ekstrem dikisaran 33 derajat celsius dengan tingkat kelembaban yang rendah.

Info Pets Selanjutnya  Cara Gampang Merawat Kadal Berber Skink

Kebutuhan Suhu Kandang Boa

Boa pohon seperti Emerald dan Cook memiliki afinitas yang lebih rendah terhadap panas dan sebagai gantinya memilih untuk tinggal ke daerah yang teduh dan lebih dingin di bagian dalam hutan dan juga dapat mentolerir tingkat kelembaban yang jauh lebih rendah.

Sedangkan anaconda dan sand boa, kedua jenis ular ini memiliki gaya hidup yang cukup ekstrim di mana anaconda mampu hidup di air dengan kelembaban setinggi mungkin sementarasand boa mampu hidup di bawah tanah dalam kondisi yang sangat kering.

Suhu Kandang Colubrid

Colubrid ditemukan di berbagai belahan bumi. Mereka terdiri dari ular tikus, ular susu, ular raja, ular pinus dan banyak cabang lain dari keluarga ular yang sangat berkembang dan beragam ini.

Memelihara Ular

Suhu kandang yang relatif lebih dingin dengan periode pendinginan tidak aktif saat istirahat adalah suatu keharusan dalam budidaya colubrids, ular jenis ini tampaknya lebih menyukai tingkat kelembaban yang lebih rendah juga.

Suhu siang hari di 27 derajat celsius dengan penurunan suhu malam di 15 derajat celsius menjadi suhu kandang yang sempurna untuk mempertahankan kesehatan colubrids. Beberapa peternak memberikan wadah air secara terbatas.

Catatan Dalam Memelihara Ular

Ular sebagai hewan peliharaan yang telah teruji oleh waktu dan menjadi hewan fantastis yang bisa kita lihat hari ini. Ular memiliki toleransi yang tinggi terhadap kesalahan rawatan pemilik dalam hal memberikan setelan kandang dan habitat yang tepat, tetapi ini tidak menghalangi sobat Exotic untuk belajar tentang apa yang dibutuhkan ular dan memberikan kesempatan hidup yang sehat di lingkungan yang sesuai.

Tips Membeli & Memilih Reptil Yang Sehat Untuk Dijadikan Peliharaan

Apakah sobat Exotic mempertimbangkan untuk membeli reptil peliharaan? Kadal dan ular bisa menjadi hewan peliharaan yang luar biasa bagi mereka yang mencari sesuatu yang berbeda dari anjing atau kucing tradisional. Pada saat yang sama, seperti halnya setiap kali sobat Exotic membeli hewan peliharaan baru, penting untuk memastikan reptil yang sobat Exotic bawa pulang dalam keadaan sehat dan kemungkinan akan menemani selama bertahun-tahun yang akan datang.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Galapagos Bangkit Dari Kepunahan

Periksa Tubuh

Hal pertama yang harus sobat Exotica lakukan sebelum membeli reptil baru adalah memeriksa tubuhnya secara menyeluruh. Reptil yang sehat akan terlihat berdaging dan montok, tidak kurus dan bertulang. Jauhi kadal dengan tulang ekor yang terlihat dan tulang pinggul yang menonjol. Sobat Exotic seharusnya tidak dapat melihat tulang punggung ular dan harus ada banyak daging di antara kaki depan dan leher kura-kura yang akan dibeli .

Lihat Kulitnya

Kulit reptil juga akan membantu sobat Exotic menentukan apakah mereka sehat atau tidak. Jika kulit terlihat kusam atau berkerut, itu adalah tanda bahwa reptil tersebut mengalami dehidrasi dan tidak sehat. Kulit reptil yang sehat harus kenyal, sedangkan kulit kura-kura harus kencang. sobat Exotic juga harus memastikan tidak ada goresan, gigitan, atau cacat pada kulit atau cangkang reptil.

Periksa Mata

Melihat mata reptil juga akan memberikan sobat Exotic gambaran yang baik tentang apakah mereka sehat atau tidak. Mata reptil yang sehat akan jernih dan bersih, yang berarti tidak boleh ada bahan berkerak atau keluar cairan dari mata. Selain itu, mata reptil tidak boleh bengkak, karena ini merupakan tanda bahwa ia menderita penyakit sistemik.

Periksa Kepala

Selain mata, ada banyak area lain di kepala yang harus diperiksa. Hidung meler, misalnya, adalah tanda kesehatan yang buruk. Selain itu, mulut reptil harus berwarna merah muda dan halus. Mulut abu-abu atau merah muda pucat mungkin merupakan tanda penyakit, seperti juga bercak hijau, putih atau kuning di lidah atau di dalam mulut. sobat Exotic juga harus memeriksa belakang kepala reptil untuk memastikan tidak ada pembengkakan dan simetris. Ini termasuk melihat rahang reptil, karena rahang yang asimetris bisa menjadi tanda penyakit tulang atau abses.

Info Pets Selanjutnya  Breeding Binturong: Hobby Menghasilkan Cuan

Pelajari Kandangnya

Selain memeriksa reptil yang sebenarnya, sobat Exotic juga harus mempelajari tempat tinggalnya untuk mendapatkan gambaran seberapa baik mereka dirawat. kandang tempat reptil ditempatkan harus bersih dan terawat dengan baik. Selanjutnya, tidak boleh ada kotoran di punggung atau perut reptil. Demikian pula, kandang tidak boleh terlalu penuh dan tidak boleh ada tanda-tanda tungau di dalam kandang atau pada reptil yang hidup di dalamnya. Tungau dapat dilihat sebagai bintik kecil berwarna coklat, hitam atau oranye yang bergerak di dalam kandang atau di atas reptil. Meskipun tungau cukup mudah diobati, sobat Exotic tentu tidak ingin membawa hewan peliharaan yang sakit ke rumah.

 

Akbar

Top