Memelihara Kura-kura Darat yang Lucu

Memelihara Kura-kura Darat yang Lucu

Jadi sobat Exotic telah memutuskan untuk memiliki baby kura-kura darat sebagai hewan peliharaan. Seperti semua hewan peliharaan lainnya, ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui sebelum membeli kura-kura darat. Tortoise adalah kura-kura yang hidup di darat dan termasuk dalam keluarga reptil. Mereka juga memiliki cangkang yang sama dengan penyu. Mereka memiliki eksoskeleton dan endoskeleton. Permukaan atas cangkang disebut karapas dan permukaan bawah juga disebut karapas. Hewan ini pemalu juga aktif di siang hari.

Meskipun mereka adalah makhluk yang sangat menarik, kebutuhan makanan mereka berbeda dari spesies lain dan setiap spesies memiliki makanan yang berbeda. Kura-kura darat memakan banyak makanan, jadi sobat perlu memperhatikan keseimbangan protein dan fosfor dalam makanannya. Kura-kura darat juga sensitif terhadap perubahan suhu. Biasanya disarankan untuk membawa kura-kura darat ke dalam rumah pada malam hari. Dalam cuaca dingin, kura-kura darat harus benar-benar berada di dalam. Jika kura-kuranya besar, ini bisa menjadi masalah. Beberapa spesies berhibernasi di musim dingin, yang dapat membuat stres bagi hewan dan pemiliknya.

kura-kura darat

Untuk tempat berteduh kura-kura darat, sobat bisa membuat kandang di pekarangan. Beberapa kura-kura darat tertarik untuk menggali, jadi sobat harus memiliki pagar yang kuat. Mereka juga reptil yang sangat kuat. Tortoise dapat dengan mudah mematahkan pagar yang lemah. Beberapa kura-kura darat juga pandai memanjat, jadi sobat harus memasang tenda di atap. Ini juga melindungi mereka dari bahaya lain, seperti gigitan anjing, serangan burung, dll. Lihat juga potensi ancaman terhadap hewan kandang kita. Beberapa tanaman dapat berbahaya bagi kura-kura darat jika dimakan, jadi hanya tanaman yang dapat dimakan yang bisa ditanam.

Air mineral juga harus disediakan, tetapi airnya harus cukup dalam agar kura-kura darat bisa minum.. Tidak seperti kura-kura air, kura-kura darat tidak pandai berenang. Tangga di dalam kandang juga harus dihindari. Hal ini karena bisa berakibat fatal jika tersandung dan jatuh saat mendaki.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Indian Star Tortoise, Pengaturan Suhu Dan Setelan Kandang

Beberapa spesies tumbuh sangat besar, jadi faktor ini juga harus dipertimbangkan saat membuat kandang. Sebenarnya, sobat harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli kura-kura. Spesies yang berbeda tumbuh dalam ukuran yang berbeda. Mereka memiliki kebiasaan makan, kondisi hidup, dan kemampuan beradaptasi suhu yang berbeda. Domestikasi harus dipertimbangkan, karena lebih mudah daripada hewan liar yang bisa sakit atau bahkan mati karena stres berat. Juga baik untuk diingat bahwa beberapa jenis hewan membawa berbagai macam parasit yang dapat berbahaya bagi pemiliknya. Jika sobat mempertimbangkan untuk membeli kura-kura, pastikan ia diperiksa secara menyeluruh oleh dokter hewan.

Kura-kura darat suka menyendiri. Mereka tidak boleh dicampur dengan hewan peliharaan lain dan kedua pejantan tidak boleh dibiarkan bersama, karena mereka bisa berkelahi dan melukai satu sama lain. Kura-kura darat memiliki umur yang sangat panjang. Mereka bisa hidup hingga dua ratus tahun. Hewan peliharaan dapat hidup lebih lama dari pemiliknya, jadi rencanakan untuk berkomitmen jangka panjang pada saat membeli kura-kura darat.

Ada beberapa hal yang perlu sobat Exotic pertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Ketika sobat berpikir ingin membeli kura-kura darat daripada jenis hewan peliharaan keluarga lainnya, ini beberapa daftar yang perlu dipertimbangkan.

Pertimbangan Sebelum Membeli Kura-kura Darat

1. Jenis apa yang paling sesuai dengan gaya hidup dan anggaran?
2. Berapa banyak waktu dan uang yang sobat Exotic miliki untuk merawat kura-kura darat peliharaan?
3. Berapa banyak ruang yang dibutuhkan kura-kura darat peliharaan untuk hidup bahagia dan sehat?
4. Diet seperti apa yang dibutuhkan kura-kura darat peliharaan sobat?
5. Apa yang harus disediakan di kandangnya agar bisa berkembang?
6. Dapatkah sobat  memelihara lebih dari satu jenis atau spesies dalam satu kandang?
7. Apa yang harus dicari ketika berpikir untuk memelihara baby kura-kura darat ?
8. Daftar pertanyaan kepada peternak atau pemilik toko hewan peliharaan?
9. Bagaimana cara mengetahui apakah kura-kura darat peliharaan sobat sakit atau terluka sebelum dibeli?
10. Apa persyaratan hukum (jika ada) untuk memelihara kura-kura darat ?

Info Pets Selanjutnya  Review Buku Perawatan Kura-kura Gurun

Ini hanya beberapa pertanyaan yang perlu dijawab bahkan sebelum sobat Exotic melihat chelonian mana pun. Sobat harus mencari banyak informasi tentang cara menjaga dan merawat kura-kura darat peliharaan karena pada pandangan pertama mungkin terlihat hampir bebas perawatan, lagipula sobat tidak perlu mengajak mereka jalan-jalan dua atau tiga kali sehari.

Namun, makhluk-makhluk kecil ini membutuhkan perawatan yang relatif tinggi dari sobat untuk memastikan mereka memiliki kondisi hidup yang benar, pola makan yang benar dan dapat hidup tanpa stres dan ketidaknyamanan.

Jika sobat Exotic ingin membeli kura-kura untuk hewan peliharaan keluarga, mereka dapat menjadi pendamping yang sempurna tergantung pada harapan dan tingkat komitmen sobat. Ada begitu banyak spesies berbeda untuk dipilih dan akan ada yang cocok untuk keadaan sobat.

Hal terburuk yang dapat sobat Exotic lakukan adalah tidak mencari banyak informasi dan penelitian. Menemukan situasi dimana kura-kura raksasa seperti Aldabra yang ternyata membutuhkan dana yang besar uang dan waktu. Juga perlu di ingat, kura-kura darat berumur sangat panjang sehingga harus memastikan diri dan keluarga akan senang untuk mengambil komitmen seumur hidup ini.

 

Ivan

Top