Memelihara Kura-kura Darat Leopard Pardalis

Memelihara Kura-kura Darat Leopard Pardalis

Kura-kura darat leopard pardalis atau biasa dikenal dengan sebutan pardalis adalah salah satu jenis kura-kura darat yang paling populer untuk dipelihara, terutama karena daya tariknya pada motif cangkangnya, dari mana kura-kura darat ini mendapatkan nama? Polanya menjadi kurang terlihat seiring bertambahnya usia kura-kura leopard, tetapi corak tempurung leopard pardalis dewasa masih terlihat cukup bagus, meskipun tidak begitu terlihat indah seperti  pardalis yang masih kecil.

Leopard Pardalis merupakan jenis kura-kura darat besar dan jarang sekali ada spesies yang lebih besar yang dijadikan hewan peliharaan. Ukuran kura-kura leopard pardalis dewasa bisa menimbulkan beberapa masalah karena jelas, tidak semua orang memiliki lahan yang luas.

Kura-kura Darat leopard Pardalis

Pada malam hari atau selama musim hujan, kura-kura pardalis akan masuk ke dalam kandang untuk tidur atau berlindung dan harus dipanaskan. Memelihara satu atau lebih kura-kura leopard pardalis adalah usaha yang serius. Misalnya, usia kura-kura leopard pardalis mungkin bertahan lebih lama dari sobat Exotic. Kura-kura leopard pardalis juga bukan hewan peliharaan yang murah. Biaya utama lebih banyak ke anggaran perawatan, terutama bagi sobat Exotic yang tinggal didaerah dengan suhu dingin. Harga lampu UVB, heater pad, kotak kandang, membuat kepemilikan kura-kura leopard pardalis menjadi sangat mahal bagi masyarakat umum.

Info ini mungkin terdengar sangat negatif, tetapi jika sobat Exotic memiliki lahan dan uang, memelihara kura-kura leopard pardalis bisa sangat bermanfaat. Kura-kura darat ini lebih menghibur daripada yang sobat Exotic pikirkan dan memiliki kepribadian unik. Jika sobat Exotic belum pernah memiliki kura-kura darat sebelumnya, maka ini adalah salah satu pilihan yang tepat, tetapi sobat Exotic harus yakin dan memiliki lahan dan uang terlebih dahulu.

Info Pets Selanjutnya  Perbedaan 6 Jenis Iguana

Membuat Kandang Kura-kura Darat Leopard Pardalis

Bahkan jika sobat Exotic sering memelihara pardalis di dalam kandang, mereka akan menyukai waktu yang dihabiskan di luar ruangan (tergantung pada iklim). Jika sobat Exotic tinggal di iklim yang mirip dengan habitat alami kura-kura, Sobat bisa memelihara di luar sepanjang tahun asalkan memiliki kandang yang aman.

Kandang Luar Ruangan

Seperti halnya kandang dalam ruangan, ukuran yang perlu diediakan akan tergantung pada spesies kura-kura dan seberapa besar mereka akan tumbuh. Spesimen 20cm akan membutuhkan kandang seluas 2x2m.

Konstruksi Kandang Luar

Jika sobat Exotic memilih struktur kayu, pertama-tama gali parit dengan kedalaman minimal 15x15cm. Ketinggian dinding harus setidaknya dua kali panjang kura-kura. Harus ada alas kawat ayam yang dipasang di bagian bawah struktur dan kemudian dikubur. Jika sobat tidak memperbaiki beberapa bentuk alas, hewan peliharaan pada akhirnya akan menggali di bawah dinding kayu dan melarikan diri. Beberapa breder tortoise menggunakan beton untuk dinding, tetapi sobat masih perlu memperbaiki bagian bawah kandang yang anti rembes.

Jangan membuat kandang hanya dengan bermodalkan kawat ayam atau kura-kura akan terus-menerus mencoba melarikan diri. Selalu sediakan penutup untuk kandang sebagai perlindungan dari predator seperti tikus, anjing atau kucing.

Box Kura-kura Leopard Pardalis

Kura-kura  membutuhkan box untuk tinggal di dalam kandang. Ini bisa berupa kotak kayu yang sedikit ditinggikan dari alas tanah. Pilihan yang baik adalah menggunakan rumah anjing plastik karena tidak bocor atau membusuk dan mampu menahan panas dengan relatif baik. Pastikan ambang pintu tidak terlalu menonjolkan dan menghambat untuk masuk dan keluar. Mungkin perlu beberapa waktu agar kura-kura terbiasa ditempatkan di rumah baru ini. Di malam hari, blokir pintu keluar karena ada lebih banyak peluang pemangsa. Kura-kura peliharaan akan segera belajar masuk ke rumah barunya secara sukarela. Ingatlah untuk membuka blokir pintu di pagi hari.

Info Pets Selanjutnya  Cara Membersihkan Akuarium Kura-Kura

Substrat

Sekali lagi sobat Exotic memiliki pilihan bahan untuk ini, sobat harus membersihkannya secara teratur, jadi pilihlah yang sanggup dibeli dan diganti secara teratur. Kulit kayu adalah substrat yang sangat baik untuk bagian luar karena merupakan produk alami dan mudah dibersihkan serta diganti.

Pemanasan Kandang

Panas tambahan untuk kandang luar penting jika sobat Exotic tinggal di kota dengan iklim yang tidak mirip dengan habitat alami kura-kura. Tempatkan lampu pijar dengan bola lampu merah (untuk panas bukan cahaya) di atas box kura-kura.

Elemen lain untuk Disertakan di Kandang Leopard Pardalis

Air: Semua kura-kura membutuhkan air tetapi pastikan air berada di piring dangkal yang tidak akan membuatnya tenggelam.

Tempat persembunyian: Sobat perlu menyediakan tempat bersembunyi agar tidak membuat kura-kura darat stres. Pot tanaman di sisinya (dibersihkan tanpa sisa pupuk) Tanaman dan bunga yang aman dan tidak beracun juga akan menyediakan sumber makanan dan juga naungan.

Bebatuan atau Balok Kayu: Kura-kura suka memanjat, jadi letakkan beberapa batu dan balok kayu di dalam kandang tetapi pastikan mereka tidak terlalu dekat dengan dinding kandang karena kura-kura mungkin dapat melarikan diri. Jangan letakkan apapun yang terbuat dari plastik seperti mainan anak-anak karena kura-kura akan menggigitnya dan bisa sakit.

Burrowing: Sediakan area untuk digali oleh kura-kura. Mereka akan cenderung mencoba menggali jalan keluar di bawah dinding. Sobat harus menyediakan tanah berpasir yang lembut bagi betina untuk bertelur jika sobat ingin membiakkan kura-kura darat.

Membersihkan Kandang: Sobat harus menjaga kebersihan kandang luar untuk mencegah penyakit dan parasit. Bersihkan sisa makanan dan kotoran setiap hari. Gosok kulit kayu yang mungkin dibawa ke dalam rumah kura-kura. Sediakan air bersih setiap hari.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Kura-Kura Darat Di Luar Ruangan

Di atas segalanya jika berencana untuk merawat kura-kura darat di luar ruangan, Sobat harus memastikan kandang yang di sediakan akan menjadi lingkungan terbaik dan aman untuk kura-kura darat peliharaan. Jika melakukannya dengan benar, sobat akan memiliki kura-kura darat yang sangat bahagia.

 

Ivan

Top