Memelihara Kura-Kura Darat , 5 Poin Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Memelihara Kura-Kura Darat , 5 Poin Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Sekilas memelihara kura-kura darat nampak mudah sekali, mereka berukuran kecil untuk muat di tangan sobat Exotic, kebutuhan hidup mereka yang spesifik bisa sangat kompleks, memakan waktu dan mahal! Harga kura-kura darat domestik  berkisar Rp.300.000-Rp.15.000.000 atau lebih, tapi ini baru permulaan.

Pada saat yang sama, penting untuk dicatat bahwa kura-kura  darat memang membutuhkan panduan diet khusus dan perawatan khusus lainnya. Oleh karena itu, sebelum sobat Exotic pergi ke toko hewan peliharaan dan membawa pulang kura-kura darat kecil yang lucu, pastikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang spesies yang dibeli dan apakah sobat Exotic benar-benar siap untuk merawatnya atau tidak.

Mempertimbangkan Ukuran

Banyak orang gagal menyadari betapa besar  ukuran kura-kura darat saat dewasa. Sangat mudah untuk tertipu oleh ukuran kura-kura yang sobat Exotic lihat di toko hewan peliharaan, karena banyak yang masih sangat muda dan kecil. Bahkan yang lebih besar yang sobat Exotic temukan di toko hewan peliharaan mungkin tampak berukuran wajar, tetapi sebagian besar spesies kura-kura darat akan tumbuh menjadi sangat besar. Oleh karena itu, sobat Exotic perlu membuat kandang besar untuk dinikmati kura-kura darat. Untuk alasan ini, banyak pemilik kura-kura membuat kandang outdoor untuk hewan peliharaan mereka. Namun jika sobat Exotic tinggal di daerah dengan cuaca dingin, kura-kura darat  tidak akan bisa tinggal di luar ruangan sepanjang tahun, yang berarti sobat Exotic juga perlu memiliki kandang di dalam ruangan untuk kura-kura darat.

Mempertimbangkan Umur

Jika dirawat dengan benar, kebanyakan kura-kura darat akan hidup antara 50 hingga 100 tahun. Oleh karena itu sebenarnya ada kemungkinan bahwa kura-kura darat akan hidup lebih lama dari sobat Exotic. Karena umur kura-kura darat sangat panjang, sobat Exotic perlu menyadari bahwa telah mengambil komitmen serius ketika memutuskan untuk membeli kura-kura darat.

Info Pets Selanjutnya  Info Seputar Ular Susu

Mempertimbangkan Aktivitas Kura-kura

Percaya atau tidak, kura-kura darat sebenarnya bisa cukup aktif dalam hal menggali liang atau bahkan memanjat. Oleh karena itu, saat membuat kandang untuk kura-kura, sobat Exotic harus memastikan bahwa kandang tersebut cukup kuat untuk menahan kura-kura yang demen memanjat. sobat Exotic mungkin juga perlu memasang atap di kandang untuk mencegah pelarian. Demikian pula, sobat Exotic mungkin perlu mengubur pagar untuk mencegah kura-kura darat menggali dan melarikan diri dari bawah kandang.

Mempertimbangkan Predator dan Masalah Keamanan Lainnya

Karena memberi kura-kura darat  banyak ruang untuk berkeliaran kemungkinan akan membuatnya tetap berada di luar ruangan, sobat Exotic  juga akan memiliki sejumlah masalah keamanan untuk dipertimbangkan. Misalnya, menjaga kura-kura sobat Exotic di luar kandang tanpa atap akan membuatnya rentan terhadap pemangsa. Selain itu, sobat Exotic harus memberi kura-kura semacam tempat berteduh di mana mereka bisa menjadi hangat jika terlalu dingin di luar, seperti rumah anjing berpemanas di dalam kandang.

sobat Exotic juga perlu mewaspadai potensi bahaya lain di dalam kandang kura-kura darat. Tanaman beracun atau benda kecil dapat membahayakan atau bahkan membunuh kura-kura darat jika tertelan. Demikian pula, kadar air yang tinggi dapat membahayakan kura-kura. Jadi, meskipun sangat penting untuk menyimpan persediaan air di kandang kura-kura, sobat Exotic juga perlu memastikan bahwa semua air di dalam kandang itu dangkal.

Memelihara kura-kura sebagai hewan peliharaan bisa sangat menyenangkan dan menarik, tetapi pastikan tahu apa yang sobat Exotic hadapi sebelum melakukan pembelian. Dengan begitu, sobat Exotic dapat yakin bahwa hewan peliharaan akan bahagia bersama untuk waktu yang sangat lama.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kura-Kura Darat

  • Jenis kura-kura darat yang akan dibeli
Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kura-Kura Red Foot Tortoise

Apakah membeli dari reseller online atau peternak reptil yang memiliki reputasi baik?

Apakah ini spesies reptil yang relatif mudah dipelihara di rumah? Pelajari setiap spesies kura-kura yang berbeda dan habitat alami mereka di alam liar.

Ini akan membantu sobat Exotic dalam memilih kura-kura terbaik yang akan dipelihara.

  • Tipe kandang yang dibutuhkan

memelihara kura-kura darat

Besar atau kecil? Di dalam ruangan atau di luar ruangan? Memelihara kura-kura darat domestik tidak seperti memelihara kelinci atau hamster.

Sobat Exotic perlu menghangatkan kandang dan menggunakan lampu pemanas UV untuk memastikan hewan peliharaan yang baru dibelitetap sehat dan bahagia.

  • Makanan apa yang di butuhkan?

Chelonian membutuhkan banyak sayuran tetapi ini tidak berarti hanya memberi kura-kura darat makan kaktus saja.

Jika sobat Eksotic melakukannya, kura-kura akan cepat sakit, karena kaktus memiliki nilai gizi yang sangat sedikit. Berikan pelet kura-kura Mazuri tortoise diet secara rutin, ini sebanding dengan hasilnya.

Jadi sekali lagi, sobat Exotic perlu meencari informasi mengenai makanan alami yang dibutuhkan spesies kura-kura yang akan diblei. Tergantung pada ukurannya dan dari mana habitat asalnya,Gurun yang kering atau hutan tropis yang lebat?

  •  Bagaimana cara merawatnya?

Kandang seperti apa yang harus sobat Exotic sediakan?Kura-kura peliharaan harus mendapatkan sumber panas dan cahaya UV.

Kura-kura adalah hewan ektotermik (berdarah dingin) dan bergantung pada sumber panas eksternal agar tetap hangat dan bergerak, makan dan tetap sehat.

Sebelum Memelihara Kura-kura Darat

Mempelajari saat hewan peliharaan sedang sehat akan membantu mengenali saat kura-kura mendapatkan gejala sakit. Belajar mengenali gejala stres dan infeksi. Ada banyak penyakit yang menyerang kura-kura darat.

Sobat Exotic bisa mengunjungi klinik dokter hewan terdekat untuk memeriksa kondisi kura-kura peliharaan. Ini bukan pilihan yang murah, tetapi mungkin diperlukan.

Info Pets Selanjutnya  4 Jenis Reptil Yang Ada Di Dunia

Jika saat ini sobat Exotic masih tertarik untuk memelihra kura-kura, pikirkanbaik-baik apakah bisa menyediakan habitat yang aman dan sehat untuk mereka.

Memiliki kandang yang tepat, dengan sumber cahaya UV dan panas yang tepat ditambah berbagai jenis makanan yang tepat akan membantu hewan peliharaan tetap bahagia dan sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Top