Memelihara Ikan Lungfish di Akuarium

Lungfish adalah ikan purba yang umum ditemukan di Australia, Amerika Selatan dan Afrika. Kelompok lungfish hanya berisi beberapa spesies dan tidak lebih dari total enam spesies yang diketahui. Keenam spesies ini dapat dibagi menjadi dua keluarga yang berbeda. Satu famili, Lepidosirenidae, berisi lima spesies yang ditemukan di Amerika Selatan dan Afrika. Famili lainnya disebut Ceratodidae ad hanya berisi satu spesies, yaitu Australian lungfish.

Semua jenis lungfish berbagi satu organ umum yang kemudian menjadi nama mereka. Benar, mereka telah mengembangkan paru-paru yang memungkinkan mereka bertahan hidup di air dengan kadar oksigen yang sangat rendah di mana ikan lain tidak dapat bertahan hidup. Paru-paru ini juga memungkinkan mereka bertahan hidup di luar area air. Paru-paru yang ditemukan pada lungfish sangat mirip dengan paru-paru yang ditemukan pada reptilia primitif.

Lungfish telah ada sejak zaman Devonian Bawah yang berarti mereka telah ada selama lebih dari 100 juta tahun. Jumlah spesies dulu jauh lebih banyak di masa lalu, tetapi semua kecuali enam spesies yang ada sekarang sudah punah.

Harga

Harga ikan lungfish bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Namun, diketahui bahwa ikan lungfish termasuk ikan yang cukup langka dan sulit didapat, sehingga harganya cenderung cukup tinggi. Harga rata-rata untuk ikan lungfish dapat mencapai jutaan rupiah, tergantung pada jenis dan ukuran yang diinginkan. Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang langka atau memiliki warna yang unik. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.

Karakteristik Ikan Lungfish

Lungfish mudah dikenali dari penampilannya. Mereka memiliki tubuh seperti ular yang tampak primitif. Semua spesies lungfish dapat tumbuh sangat besar dan African lungfish dapat tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 2 meter.

African Lungfish

Mereka adalah spesies ikan predator yang memakan atau mencoba memakan segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut besar mereka. (Termasuk dekorasi dan pemanas akuarium) Makanan alami mereka terdiri dari ikan, kepiting, udang karang dan apa pun yang mungkin mereka temukan.

Keluarga Lepidosirenidae dari lungfish dapat bertahan hidup dalam air yang sangat sedikit dan lungfish Afrika dapat bertahan hidup tanpa air hingga dua tahun lamanya. Lungfish Amerika Selatan bertahan hidup di permukaan air yang rendah dengan menggali lubang di dasar lumpur tempat mereka membangun sarang. Mereka kemudian menunggu di sarang sampai air kembali. Lungfish Afrika adalah penyintas yang lebih baik.

Mereka tidak puas membangun sarang tetapi juga menutupi tubuh mereka dengan sekresi. Sekresi ini membentuk kulit seperti kepompong yang membantu menjaga kelembapan ikan lungfish sampai airnya kembali. Mereka berhibernasi saat menunggu air kembali dan dapat, seperti yang disebutkan sebelumnya, bertahan hidup di gurun selama dua tahun atau mungkin lebih lama.

Lungfish Australia tidak berhibernasi seperti beberapa lungfish lainnya. Ini membuat mereka bergantung pada air tetapi dapat ditemukan dan bertahan hidup di badan air yang sangat sedikit.

Semua spesies ikan lungfish Lepidosirenidae membangun beberapa jenis sarang tempat mereka menyimpan telurnya. Pejantan menjaga telur sampai menetas. Lungfish Australia tidak membuat sarang. Mereka hanya meletakkan telur di dasar habitatnya.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memilih Antara Ikan Cardinal Tetra VS Neon Tetra

Memelihara Ikan Lungfish

Lungfish dapat bertahan hidup di perairan dengan aerasi yang buruk karena memiliki paru-paru yang memungkinkan mereka memperoleh oksigen langsung dari udara. Paru-paru mereka terkait dengan paru-paru pada hewan amfibi primitif. Saat ini, ada enam spesies Lungfish yang dikenal di dunia, tetapi dulunya mereka jauh lebih umum.

Lungfish telah ada sejak era Devonian Bawah dan selama tahap awal sejarah planet terdapat lebih dari enam spesies lungfish. Spesies yang selamat hanya sedikit berubah sejak zaman Devonian Bawah. Ikan paru-paru Australia misalnya terlihat hampir sama selama 100 juta tahun terakhir.

Saat ini, Sobat Exotic akan menemukan Lungfish liar di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Spesies Lungfish Afrika dan Amerika Selatan semuanya milik keluarga Lepidosirenidae, sedangkan Lungfish Australia memiliki keluarga sendiri – Ceratodidae. Seperti disebutkan sebelumnya, semua spesies Lungfish mampu menghirup oksigen dari udara.

Persamaan lainnya adalah tubuh mereka yang besar, memanjang dan seperti ular. Mereka juga predator dan akan memakan apa saja yang berhasil mereka tangkap. Ikan adalah makanan pokok mereka, tetapi mereka juga akan dengan senang hati menelan krustasea, serangga yang lebih besar dan makhluk air lainnya.

Mereka sangat kuat dan dapat bertahan hidup di perairan yang dijauhi oleh sebagian besar spesies ikan lainnya. Namun, jika Sobat Exotic ingin memelihara Lungfish di akuarium, Sobat Exotic harus menghindari nilai pH tertinggi. Sebelum Sobat Exotic membeli Lungfish untuk akuarium, Sobat Exotic harus mempertimbangkan ukurannya.

Lungfish terbesar adalah salah satu spesies African lungfish, ikan yang dapat mencapai ukuran maksimal 2 meter sehingga tidak cocok untuk akuarium penghobi. Bahkan spesies Lungfish yang lebih kecil tumbuh sangat besar dan hanya boleh ditempatkan di Akuarium besar.

Di Afrika, Sobat Exotic akan menemukan empat spesies Lungfish yang berbeda. Protopterus annectens adalah spesies paling populer di kalangan aquarists. Tiga lainnya adalah Protopterus aethiopicus, Protopterus amfibi dan Protopterus dolloi. Sobat Exotic tidak boleh mendapatkan ikan paru-paru Afrika kecuali akuarium Sobat Exotic sangat besar, karena mereka tumbuh dengan cepat. Selama Sobat Exotic bisa memberi mereka ruang yang cukup, bagaimanapun mereka adalah ikan yang akan mentolerir berbagai kondisi air. Mereka akan makan segala macam makanan.

Meskipun mereka adalah ikan predator, tidak terlalu sulit untuk membuat mereka menerima makanan kering dan beku. Ketika menjalani diberikan makanan siap saji, mereka masih akan menyukai suguhan hidup sesekali. Ini berarti bahwa ikan lungfish Afrika Sobat Exotic idealnya ditempatkan sendiri karena ia akan dengan senang hati melahap teman Akuarium lainnya. Jika ikan lain terlalu besar untuk ditelan, ikan lungfish Afrika akan menggigitnya sampai habis.

Di benua Amerika Selatan Sobat Exotic hanya akan menemukan satu jenis Lungfish, Lepidosiren paradoxa. Lungfish ini juga bisa dipelihara di akuarium dan persyaratannya sangat mirip dengan spesies African lungfish. Sama seperti sepupunya di Afrika, ia harus diberi banyak ruang. Lepidosiren paradoxa bisa mencapai ukuran maksimal 1,5 meter.

Info Pets Selanjutnya  Tips Membuat Kolam Koi

Australian Lungfish, Neoceratodus forsteri, juga dapat dipelihara di akuarium tetapi Sobat Exotic harus mengetahui fakta bahwa mereka terdaftar dalam CITES. Sobat Exotic hanya diizinkan membeli Lungfish Australia dari peternak berlisensi dan jika Sobat Exotic tinggal di mana saja di luar Australia, akan sulit untuk mendapatkan izin ekspor dan impor. Lungfish Australia juga dikenal sebagai Queensland Lungfish.

3 Jenis Ikan Akuarium Eksotis

Ada ikan tertentu yang bisa ditambahkan ke akuarium mana pun. Ada beberapa jenis ikan unik yang cantik untuk dimiliki, tetapi Sobat Exotic harus tahu cara merawatnya. Beberapa dari mereka memerlukan perawatan khusus.

Sailfin mollies adalah makhluk cantik dengan warna metalik. Jantan berwarna biru kehijauan dengan sirip oranye dan hitam. sailfin molly betina memiliki sirip berwarna abu-abu kebiruan. Ikan ini dicirikan oleh sirip punggungnya yang panjang dan tinggi.

Kondisi akuarium: Sailfin mollies menikmati air hangat. Suhu harus antara 25 derajat Celcius dengan pH antara 7,5 dan 8,2. Sobat Exotic harus memiliki banyak tanaman di dalam akuarium karena ikan unik ini menikmati kehidupan dengan banyak tanaman. Sobat Exotic juga harus secara teratur menambahkan garam ke dalam air untuk mendorong pertumbuhan alga karena mereka adalah makhluk omnivora.

Makanan: Ikan unik ini akan memakan umpan hidup, tetapi juga menikmati sayuran. Sobat Exotic dapat menambahkan beberapa zucchini, kacang polong, atau bayam ke dalam Akuarium. Sobat Exotic dapat memelihara ganggang di dalam Akuarium karena molly sirip layar akan memakannya.

Ikan Lungfish Afrika adalah kelompok ikan unik lainnya yang mungkin ingin dipelihara orang. Mereka umumnya penghuni bawah dan di habitat aslinya, memakan hewan dari dasar laut seperti kerang, ikan kecil dan cacing. Saat pertama kali membeli ikan lungfish Afrika, panjangnya mungkin hanya beberapa cm. Ikan ini bisa tumbuh hingga 2 meter, jadi pastikan Sobat Exotic memiliki Akuarium yang cukup besar.

Kondisi akuarium: Ikan ini menyukai area yang sepi dan redup. Mereka umumnya ditemukan di lembah Sungai Zaire, jadi cobalah untuk meniru jenis lingkungan tersebut. Suhu air harus sekitar 24 derajat dan ada lumpur segar di dalam Akuarium. Ini dapat berkembang dalam kondisi air yang berbeda, tetapi usahakan untuk tetap konstan. Peliharalah ikan yang membutuhkan lingkungan yang sama dengan African lungfish untuk hasil yang optimal.

Makanan: Ikan ini cenderung memangsa hewan kecil lainnya. Sobat Exotic harus memberinya makan cacing atau daging tanpa lemak. Sobat Exotic juga bisa memberikannya hati sapi.

Piranha bukanlah ikan favorit semua orang. Mereka terkenal karena menggigit mangsanya dengan gigi tajamnya. Mereka adalah ikan yang menarik untuk dimiliki, jika Sobat Exotic mencari ikan yang unik. Jika Sobat Exotic baru memulai di dunia ikan, jangan beli piranha. Mereka mungkin menggigit tangan Sobat Exotic jika Sobat Exotic tidak berhati-hati. Juga, cobalah untuk tidak memiliki terlalu banyak ikan lain hidup bersama dengan piranha Sobat Exotic. Mereka bisa menjadi ikan yang sangat agresif dan teritorial.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Kondisi akuarium: Piranha ditemukan di Amazon dan membutuhkan air hangat untuk berkembang. Jaga suhu Akuarium sekitar 26 derajat celsius. Sobat Exotic membutuhkan pemanas dan termometer untuk memantau air. Berhati-hatilah agar Akuarium tidak terlalu panas karena jika terlalu panas dapat mengakibatkan kekurangan oksigen. Hal lain tentang piranha adalah Sobat Exotic harus sering membersihkan Akuarium. Ikan unik ini sangat berantakan. Sobat Exotic membutuhkan filter yang baik agar air tidak menjadi beracun.

Makanan: Piranha akan makan apa saja. Penting untuk memberi piranha makanan yang bervariasi. Sebagian besar makanan ikan beku baik untuk piranha. Mereka juga makan sayur. Sobat Exotic harus mencoba memberi piranha makanan yang berbeda untuk dimakan agar lingkungan yang dikandungnya terasa sealami mungkin. Piranha hanya perlu diberi makan sekali sehari.

Pelihara Ikan Istimewa Jika Ingin Lebih Istimewa

Tidak semua orang mengambil jalan yang lebih mudah dan mereka takut mengambil resiko atau mencoba sesuatu yang baru. Namun, jika menyangkut ikan, sangat disarankan untuk mencoba memelihara beberapa jenis ikan yang tidak umum karena terbukti sangat menarik dan mengesankan.

Berikut adalah contoh bagaimana Sobat Exotic dapat menarik perhatian semua orang dengan memelihara beberapa ikan yang luar biasa.

Misalnya, Sobat Exotic dapat memilih Ikan Lungfish Afrika. Spesies ini adalah salah satu jenis ikan yang paling damai yang pernah Sobat Exotic temui dan mereka juga memiliki kemampuan beradaptasi yang berkembang. Mereka menyukai suhu mulai dari dua puluh dua hingga dua puluh empat derajat Celsius dan mereka adalah ikan yang luar biasa dari semua sudut pandang.

Ikan ini dapat memakan apa saja yang mungkin merayap di akuarium mereka, apakah itu siput atau cacing dan mereka juga menyukai ikan yang dipoting. Ikan ini juga memiliki rasa keibuan yang sangat berkembang, merawat ikan yang lebih muda dari spesies mereka dengan sangat baik.

Juga, Lungfish Afrika adalah ikan yang membutuhkan banyak oksigen di habitatnya, itulah mengapa Sobat Exotic harus memenuhi persyaratannya jika menyangkut organisme yang dapat hidup bersamanya. Ikan ini juga dapat beradaptasi dengan zona sungai, tetapi pada saat yang sama mereka menyukai iklim kering, yang entah bagaimana terasa aneh.

Namun, ini bukan satu-satunya pilihan unik yang bisa Sobat Exotic pilih, tetapi terkadang makhluk paling unik juga yang paling menarik. Bahkan ada orang yang memelihara Piranha di rumahnya dan mereka berhasil menemukan bagian menarik dari jenis ikan ini. Jadi, jangan takut membuat pilihan yang lebih unikĀ  karena itu bisa menjadi pilihan yang Sobat Exotic cari.