Memelihara Fennec Fox

Memelihara Fennec Fox

Jika sobat Exotic tertarik untuk memelihara hewan yang sedikit berbeda dari biasanya, tetapi sobat menyukai anjing, kami sarankan untuk membeli Fennec Fox. Rubah fennec mirip anjing kecil yang beratnya hanya 500 gram hingga 2 kg saat dewasa. Tidak banyak orang yang memiliki rubah, tetapi dengan perawatan yang tepat, fennec fox dapat menjadi hewan peliharaan yang hebat.

Mengenal rubah fennec fox

Sebagai anggota keluarga anjing, rubah fennec berfungsi sebagai anjing domestik. Penting juga untuk diingat bahwa anjing jenis ini sebenarnya tidak dijinakkan. Oleh karena itu, perawatan khusus harus dilakukan untuk mensosialisasikan fennec fox dan mencegahnya melarikan diri.

Seperti yang sobat duga, Fennec Fox adalah anjing yang sangat aktif dan cepat. Mereka juga sangat gesit. Di alam liar, rubah fennec adalah hewan nokturnal. Namun, ketika dipelihara sebagai hewan peliharaan, anjing ini agak bisa beradaptasi dengan jadwal pemiliknya. Hewan peliharaan sobat memiliki suara gonggongan keras yang dapat mengganggu di malam hari, jadi ada baiknya membantu mereka menyesuaikan diri dengan jadwal sobat sebanyak mungkin.

Perawatan Fennec Fox

fennec fox

Fennec fox mirip dengan anjing domestik dalam banyak hal, tetapi ada beberapa perbedaan. Misalnya, makanan rubah fennec fox agak berbeda dari makanan anjing peliharaan pada umumnya. Di alam liar, makhluk ini lebih menyukai makanan berupa hewan pengerat, serangga, buah-buahan, tanaman, dan reptil. Oleh karena itu, makanan yang ideal untuk hewan peliharaan adalah makanan kaleng komersial yang diformulasikan khusus untuk hewan liar. Namun, banyak pemilik hewan peliharaan memberi makan fennec fox mereka dengan campuran makanan anjing, makanan kucing, buah-buahan dan sayuran, sementara pemilik hewan peliharaan lainnya memilih campuran daging mentah, sayuran, dan vitamin.

Info Pets Selanjutnya  Tempat Jual Makanan & Aksesoris Hewan yang Siap Membantu dalam Memenuhi Kebutuhan Hewan Peliharaan Anda

Ada kemungkinan untuk melatih fennec fox untuk membuang kotoran seperti kucing, tetapi beberapa keeper menganggap prosesnya lebih susah. Jadi, itu adalah keputusan pribadi apakah sobat Exotic akan melatih fennec fox menggunakan toilet atau membawanya keluar ruangan. Bagaimanapun, fennec fox adalah hewan yang sangat aktif yang membutuhkan ruang untuk mengeluarkan semua kelebihan energinya, jadi pastikan untuk memberi rubah banyak kesempatan untuk keluar kandang.

Perlu juga dicatat bahwa rubah fennec adalah makhluk yang sangat ingin tahu segala hal, fennec fox memiliki kecenderungan untuk menggali. Oleh karena itu, jika sobat meninggalkan fennec fox di halaman, mereka harus diletakkan dalam pagar yang dirancang khusus untuk mencegah mereka menggali dan memanjat.

Perbedaan Antara Memelihara Fennec Fox dan Anjing

Banyak orang bermimpi memiliki rubah fennec peliharaan. Mereka menawan, hewan cerdas dan ada banyak daya tarik memiliki hewan “istimewa” yang tidak dimiliki banyak orang. Sementara rubah fennec dapat menjadi hewan peliharaan yang layak bagi seseorang dengan waktu dan sumber daya yang cukup untuk merawat mereka, banyak orang membuat kesalahan dengan membeli rubah fennec peliharaan dengan berpikir bahwa mereka akan menjadi seperti anjing.

1. Fennec Fox Susah Dilatih

Anjing dilahirkan dengan mentalitas kawanan yang sangat kuat. Seekor anjing melihat sobat Exotic sebagai alfa dan terprogram untuk ingin mematuhi pemimpinnya. Mereka hidup untuk menyenangkan sobat. Seekor rubah bagaimanapun, hidup untuk menyenangkan dirinya sendiri. Meskipun mereka sangat cerdas, motivasi inti rubah berbeda dengan anjing. Anjing ingin menyenangkan dan membuat sobat Exotic bahagia, sedangkan rubah fennec menginginkan hadiah.

2. Fennec Fox Sangat Bau

Rubah fennec memiliki bau yang sangat kuat. Sementara seekor anjing membutuhkan waktu beberapa minggu tanpa mandi untuk mengeluarkan bau yang menyengat, rubah mengeluarkan bau menyegat 24/7. Bau musky yang kuat ini dapat sedikit dikurangi dengan mengebiri rubah fennec tetapi tidak dapat dihilangkan secara seluruhan.

Info Pets Selanjutnya  Aktivitas Jual Beli Anjing, Hal yang Perlu Diperhatikan.

3. Fennec Fox Pemalu

Banyak orang membayangkan rubah sebagai hewan peliharaan yang mengagumkan yang dapat mereka pamerkan kepada teman dan tetangga mereka. Kenyataannya hampir selalu jauh dari ini. Walaupun rubah fennec sering menjadi sangat terikat dan penuh kasih sayang dengan keluarga mereka, Fennec Fox tetap sangat pemalu di sekitar tamu dan orang asing.

4. Rubah Memiliki Kebutuhan Khusus

Rubah fennec memiliki persyaratan diet dan olahraga khusus dibandingkan anjing. Mereka sangat energik dan membutuhkan banyak latihan setiap hari. Kandang luar ruangan yang besar dan dibangun dengan hati-hati adalah suatu keharusan. Yang membawa kita ke poin berikutnya …

5. Fennec Fox Sangat Ahli Melarikan Diri

Rubah fennec jauh lebih mahir kabur dari kandang daripada anjing yang paling gigih sekalipun. Mereka bisa melompat 2 meter di udara, memanjat pagar dan bahkan berpegangan terbalik untuk memanjat di sepanjang langit-langit kandang untuk jarak pendek. Kandang apa pun yang dimaksudkan untuk memelihara rubah tidak hanya harus besar tetapi juga tidak mungkin untuk digali dan memiliki atap.

6. Fennec Fox Gemar Merusak

Banyak orang membeli Fennec Fox dengan kesan keliru bahwa mereka dapat dipelihara sebagai hewan peliharaan di dalam ruangan dan dibiarkan bebas berkeliaran di rumah saat pemilik pergi bekerja. Fennec Fox akan mencuri dan menyembunyikan apa pun yang cukup kecil untuk dibawa dan mencabik-cabik hampir semua yang bisa mereka gigit. Hampir tidak mungkin untuk mematahkan kebenaran bahkan rubah fennec bisa dijinakkan dari perilaku ini. Seekor anjing bisa diajari untuk tidak mengunyah sesuatu, rubah fennec hanya bisa diajari untuk tidak mengunyah sesuatu saat sobat Exotic sedang bersama mereka.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Kesimpulannya, rubah fennec dapat menjadi hewan peliharaan yang menarik bagi orang yang siap untuk merawatnya. Jika tertarik pada rubah fennec peliharaan, lakukan penelitian dan pahami bahwa merawat rubah fennec tidak seperti merawat anjing.

Keanu

Top