Memegang Leopard Gecko – Bagaimana Memegang Leopard Gecko Yang Baru Dibeli

Memegang Leopard Gecko – Bagaimana Memegang Leopard Gecko Yang Baru Dibeli

Memegang leopard gecko yang baru dibeli bisa menjadi masalah rumit, terutama bagi sobat Exotic yang tidak memiliki banyak pengalaman berurusan dengan reptil.

Sebenarnya hal ini bukan masalah yang sulit.

Saat memegang hewan apa pun, Sobat pasti ingin meluangkan waktu dan ini berlaku untuk gecko maupun hewan lainnya. Saat pertama kali membeli gecko,

letakkan mereka di kandang hanya untuk waktu yang singkat atau tidak sama sekali, tergantung seberapa tenang atau stress.

Hewan yang sangat stress mungkin harus dibiarkan sendiri untuk pertama kalinya agar dia terbiasa dengan lingkungan baru.

Sulit bagi hewan sekecil leopard gecko untuk menyadari bahwa sobat Exotic bukanlah pemangsa mereka mengingat perbedaan ukuran tubuh.

Lakukan hal dibawah ini secara perlahan untuk mendapatkan kepercayaan gecko

Proses Memegang Leopard Gecko

leopard gecko

Ketika sobat Exotic merasa bahwa gecko sudah terbiasa dengan lingkungan, Sobat dapat melanjutkan untuk menyentuhnya.

Namun, jangan ambil gecko begitu saja.

Bagaimanapun, leopard gecko adalah mangsa bagi banyak spesies lain dan bayangan dari atas kandang akan mereka anggap sebagai kode jika mereka dalam bahaya!

Sebagai gantinya, perlahan-lahan masukkan tangan sobat Exotic ke dalam kandang, seperti  bagian dari kandang dan biarkan hewan peliharaan terbiasa.

Gecko harus mau berjalan melewati tangan sobat di dalam kandang.

Setelah mereka  terbiasa, akan lebih mudah untuk menutup tangan dan memegangnya dengan lembut.

Ingatlah untuk tidak  bergerak terlalu cepat atau memegang hewan peliharaan sobat dengan ketat. Mereka bisa stres dan terluka.

Hindari menyentuh bagian kepala atau ekor, karena dapat membuat leopard gecko melompat dan berlari.

Menyentuh bagian tubuh akan memungkinkan sobat untuk mencegah hewan peliharaan merasa terancam.

Gecko yang merasa terancam akan memutuskan ekornya, menyebabkan cedera dan bisa terkena infeksi.

Info Pets Selanjutnya  Ular Peliharaan Tidak Mau Makan? Segera Lakukan Ini.

Hindari hal ini dengan tidak pernah memegang ekor gecko dan hanya memegangnya dengan cara selembut mungkin.

Tips Penting

Leopard gecko adalah hewan yang kuat dan panjang umur. Semakin sering tokek dipegang oleh sobat, semakin mudah untuk bermain dengan mereka.

gecko yang baru dibeli akan sangat stress dan gelisah pada awalnya tetapi akan menjadi tenang saat mereka terbiasa dengan kehadiran sobat Exotic.

Pegang hewan peliharaan sobat secara teratur untuk mencegah mereka kehilangan kebiasaan.

Reptil biasanya melupakan interaksi dan perlu dilakukan sosialisasi lagi jika mereka terlalu lama tidak melakukan kontak dengan manusia.

Leopard gecko Breed

Leopard gecko dinamai karena garis-garis pada tubuhny. Tentu saja saat ini ada berbagai jenis leopard gecko dan morph.

Morph adalah hasil ketika sobat Exotic membiakkan tokek tertentu dengan pewarnaan yang menarik untuk pewarnaan yang lebih menarik. Meskipun mungkin ada beberapa ratus morph gecko, ada beberapa ras leopard gecko yang umum.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa yang paling umum yang mungkin sobat Exotic temui. Ini tidak termasuk semua ras leopard gecko dan tentu saja tidak setiap morph.

Leopard gecko normal atau biasa atau yang biasa disebut dengan Leo, memiliki semacam kulit kuning jingga dengan bintik-bintik hitam seperti macan tutul. Jenis Leo yang sangat mirip adalah high yellow. Mirip dengan leopard normal tetapi dengan warna kuning yang lebih cerah, high yellow adalah salah satu ras leopard gecko asli.

Pastel adalah varietas yang sangat menarik dari ras leopard gecko. Karena kekurangan pigmen hitam, bintik-bintik leopard gecko sebenarnya diganti dengan warna lain seperti cokelat atau kadang-kadang bahkan pita lavender. Pastel, seperti namanya adalah jenis ras leopard gecko yang agak pucat tapi berwarna-warni.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Iguana Di Rumah

Jungle Leo mendapat nama mereka karena garis-garisnya yang hampir mirip harimau, bukannya bintik-bintik seperti macan tutul. Juga disebut bergaris, jenis gecko ini adalah beberapa yang paling tidak menentu dalam hal pewarnaan. Sementara garis-garisnya bisa melebar seperti kucing hutan, mereka juga bisa memiliki banyak garis putus-putus dengan warna yang sangat aneh. Ini tentu saja hanya menambah kecantikan mereka.

Leopard gecko tak berpola biasanya disebut demikian karena polanya tidak jelas. Seringkali berwarna kuning cerah atau pucat atau terkadang hampir putih, mereka berbeda dari albino. Jika sobat Exotic membiakkannya dengan hati-hati, sobat bisa mendapatkan morph dengan pola yang sangat halus. Leopard gecko tanpa pola juga dikenal sebagai Leucistic atau Murphy’s Patternless.

Meskipun ada banyak jenis leopard gecko di luar sana, yang paling umum adalah Tremper Albino, Las Vegas Albino, dan Bell Albino. Meskipun mereka terlihat sangat mirip, albino ini sebenarnya tidak dapat dikawinkan dengan semua ras lain, jadi yang terbaik adalah mengetahui apa yang cocok dengan sebelum sobat Exotic membiakan. Beberapa breeder mengatakan bahwa blizzard leopard gecko juga merupakan jenis albino karena hanya memiliki sedikit warna kuning di atasnya.

Tangerine Leo memiliki warna oranye terang, bukan kuning yang mendominasi sebagian besar ras leopard gecko. Juga dikenal sebagai ‘Oranye’ biasa, jenis ini memiliki warna oranye yang meningkat tergantung pada apa yang sobat Exotic berikan kepada mereka. Diet kaya karotenoid berarti warna oranye yang lebih dalam.

Salah satu ras Tremper Albino yang paling tidak biasa dikenal sebagai gerhana. Apa yang membuat yang satu ini sangat tidak biasa adalah warna mata. Mata berwarna hitam pekat seperti mata boneka.

Info Pets Selanjutnya  Beternak Echidna: Habitat dan Pola Makan

Dengan nama seperti Mack Snow atau Super Mack Snow, sobat Exotic pasti mengira jenis gecko ini berwarna putih semua. Pada kenyataannya, Mack Snows benar-benar berwarna keperakan dengan banyak variasi pola yang menarik. Bukan hanya tanda leopard atau harimau biasa, jenis ini sebenarnya dapat memiliki bintik-bintik di dalam bintik-bintik atau garis-garis di dalam garis-garis.

Meskipun ada banyak jenis ras leopard lainnya dan bahkan lebih banyak morph, ini adalah yang paling mungkin sobat Exotic temui saat membeli Leopard gecko.

Sekarang sobat Exotic tahu sedikit tentang mereka, tahu untuk memeriksa tanda dan kompatibilitas genetik sebelum membeli salah satu ras leopard gecko. Terutama jika berencana untuk menggabungkannya menjadi morph.

 

Ivan

Top