Membuat Pakan Untuk Sugar Glider

Membuat Pakan Untuk Sugar Glider

Karena sugar glider termasuk hewan omnivora, sugar glider menyukai berbagai jenis makanan termasuk daging. Beberapa jenis makanan yang tampaknya disukai Sugar Glider adalah sebagai berikut ini :

Apel, alpukat, pisang, strawberry, roti, melon, wortel, ceri, jagung, kurma, buah kering, telur, anggur, madu, melon, serangga, selada, cacing tanah, daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, jeruk, pepaya, selai kacang, pear, nanas, plum, jus buah kismis, biji bunga matahari dan ubi jalar.

Exotic Market Indonesia tidak merekomendasikan pakan berupa kembang kol, brokoli atau kubis karena sifatnya menghasilkan gas diperut Sugar Glider.

Sugar Glider lebih cepat gemuk saat dipelihara karena kurang gerak, berbeda dengan sugar glider yang aktif di alam liar. Keturunan dari sugar glider yang kelebihan berat badan terkadang bisa terlahir buta atau mengalami gangguan penglihatan karena timbunan lemak di mata. Hal ini dapat diperbaiki dengan diet terkontrol dan pengukuran berat badan dengan skala kecil. Salah satu hal yang membantu menyebabkan kondisi ini adalah sugar glider makan banyak kacang-kacangan berprotein tinggi. Untuk menurunkan berat badan, sobat Exotic perlu mengurangi lemak dan protein sugar glider dan mencoba untuk meningkatkan latihan. Butuh waktu beberapa bulan untuk menurunkan berat badan sugar glider.

Sobat Exotic juga harus memastikan bahwa Sugar Glide memiliki akses ke air mineral setiap hari. Ingat Ferguso, air keran bukan yang terbaik karena biasanya diolah dengan bahan kimia untuk pemurnian air.

Saran lainnya adalah, sobat Exotic setidaknya harus memberikan mangkuk makan sugar glider yang tidak mudah miring atau tumpah. Kebanyakan Sugar Glider cenderung memanjat mangkuk. Jika mangkuk makan tidak cukup berat untuk menopang berat badan sugar glider, mangkuk itu akan terbalik dan makanan akan tumpah. Berikan tempat makanan yang dapat digantung pada sisi kandang, ini juga untuk menghidari mangkuk makanan tercemari oleh kotoran sugar glider.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Berikut Resep Makanan Diet Sugar Glider Yang Bisa Sobat Exotic Buat Sendiri :

Formula Diet Sugar Glider Dewasa :

  • 250 Gram Apel segar
  • 100 Gram sereal kering
  • 50 Gram nasi
  • 50 Gram Oatmeal
  • 50 Ml madu
  • 100 Gram yogurt skim
  • 100 Gram Susu isomil
  • Jus apel atau jeruk secukupnya

Masukkan semua bahan dan blender sampai cair lalu masukkan ke dalam nampan berisikan es batu dan bekukan. Beri makan sebanyak 1-2 kali seminggu. Buang pakan yang tidak habis setelah 5 jam. Berikan juga jenis makanan padat karena ini akan membantu menjaga gigi dan gusi sugar glider agar bersih dan sehat.

Beberapa breeder menyarankan memberi makan pagi dan malam hari, sementara breeder lain memberi makan dua kali di siang hari. Metode mana yang dipilih harus bergantung pada kebiasaan Sugar Glider piaraan sobat. Apakah sugar glider lapar di pagi hari? Beri mereka sedikit makanan di pagi hari atau berikan sedikit lebih banyak di malam hari.

Menjaga Kesehatan Sugar Glider Peliharaan

Kesehatan Sugar Glider adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan saat menjadikan mereka hewan peliharaan. Memiliki dokter hewan yang bisa menangani hewan peliharaan eksotis adalah langkah paling penting dalam memelihara hewan peliharaan yang baik dan sehat. Kebanyakan dokter hewan tidak benar-benar berurusan dengan hewan peliharaan eksotis dan tidak akan dapat membantu jika ada sesuatu yang salah.

Sobat Exotic dapat menghubungi klinik dokter hewan setempat dan mencari tahu apakah mereka dapat memberikan perawatan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sugar glider. Karena sugar glider eksotis, mencari dokter hewan yang lebih baik dan tepat untuk merawatnya bisa menjadi tugas yang sulit.

Info Pets Selanjutnya  Ciri-ciri Fisik Sugar Glider

Perlu diingat bahwa hewan peliharaan eksotis ini belum banyak dijadikan hewan peliharaan. Tidak semua hal tentangnya sudah diketahui orang. Jangan pernah mencoba untuk mengidentifikasi atau merawat sugar glider sendiri, sobat Exotic harus berkonsultasi dengan dokter hewan berlisensi. Namun, sebagai informasi, berikut adalah beberapa masalah umum dengan kesehatan sugar glider.

Kekurangan kalsium

Diet rendah kalsium dapat menyebabkan kelumpuhan kaki belakang dan bisa berakibat fatal. Untuk mencegah masalah ini timbul, gunakan vitamin dan suplemen kecil untuk sumber kalsium. Memberi makan hewan peliharaan dengan diet seimbang dan bergizi, konsultasikan kepada dokter hewan tentang cara membuat rencana diet yang sangat baik untuk hewan peliharaan. Pantau konsumsi makanannya dan ubah sesuatu yang berbeda setiap kali sugar glider tidak peduli dengan makanan yang ditawarkan.

Sembelit

Kompleksitas tentang buang air besar adalah masalah kesehatan sugar glider lain yang harus diperhatikan. Untuk mencegahnya, pastikan mereka mendapatkan cukup serat, cairan dalam makanannya dan berolahraga dengan baik. Kadang-kadang, itu juga bisa menjadi penyebab disfungsi gastrointestinal, jadi jika yakin ada masalah dan olahraga dan diet bukan merupakan faktor, sobat harus berbicara dengan dokter hewan dan segera memeriksakan hewan peliharaan.

Depresi dan stres

Depresi dan stres harus selalu diperiksa, karena dapat mengintimidasi kesehatan sugar glider. Mengabaikan hewan peliharaan, membiarkannya sendirian di kandangnya, menderita penyakit yang berkepanjangan, tidak memiliki perhatian yang cukup dan kehilangan pendamping dapat menyebabkan hal-hal ini. Untuk menghindari masalah kesehatan sugar glider semacam ini, cobalah untuk memelihara hewan peliharaan dalam kelompok atau setidaknya berpasangan, karena ini adalah cara hidupnya di alam liar. Sebagai pemilik, sobat Exotic harus memberikan perhatian yang cukup untuk itu dan menyisihkan sebagian waktu setiap malam untuk bersenang-senang dengannya.

Top